Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah Paling Utama

Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah – Setiap Manusia pasti pernah menghadapi keadaan yg sulit, bingung dan bimbang ketika dihadapkan pada sebuah pilihan baik itu masalah tentang Jodoh, Pekerjaan atau memilih suatu hal yg bersifat menentukan. Dan terkadang Manusia menjadi stres dan tertekan apabila lama kelamaan dihadapkan dg masalah seperti itu tetapi tidak menemukan Solusinya, namun didalam Ajaran Islam telah diajarkan bahwa ketika Setiap Muslim – Muslimah sedang mengalami Kebingungan dan Kebimbangan akan memutuskan suatu Urusan (Pilihan) maka di Sunnahkan untuk mengerjakan Shalat Sunnah Istikharah Dua Raka’at.

Karena salah satu Keutamaan Mengerjakan Shalat Istikharah ini ialah untuk meminta petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar Seseorang Muslim bisa menentukan pilihan yg baik, Firman Allah SWT dlm Surat Ali Imran berbunyi : ” Sesungguhnya Urusan itu seluruhnya ditangan Allah SWT …. (QS. Ali Imran, Ayat : 154) ”. Dan bisa kalian lihat Hadits Riwayat Bukhari, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Jika ada salah seorang di antara kalian memiliki niat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat Sunnah sebanyak dua rakaat yang bukan termasuk dalam Shalat Wajib, kemudian berdoalah kepada Allah SWT (Hadits Riwayat Bukhari) ”.

Lalu untuk penjelasan tentang Shalat Sunnah Istikharah ini adalah Shalat Sunnah didalam Ajaran Islam yang dilakukan dengan Jumlah Minimal Raka’at sebanyak Dua Raka’at sampai Maksimal sebanyak Dua Belas Raka’at, dan Shalat Sunnah Istikharah ini bisa dilakukan kapan saja baik itu di Pagi Hari, Siang Hari dan Malam Hari. Hanya saja Waktu Terbaik Menunaikan Shalat Istikharah adalah di Malam Hari, yakni setelah kalian menunaikan Shalat Wajib Isya dan bisa dilanjutkan dg menunaikan Shalat Sunnah Istikharah dengan maksud untuk meminta dan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala supaya diberikan petunjuk atas Urusan (Pilihan) yg sedang kalian hadapi.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah Menurut Hadits

manfaat dan keutamaan shalat istikharah lengkap

Setelah kalian cukup memahami Apa Itu Shalat Sunnah Istikharah, sekarang tiba saatnya bagi kalian para Pembaca Muslim – Muslimah untuk mengetahui tentang Manfaat Shalat Istikharah Menurut Hadits Shahih yg bisa kalian dapatkan ketika kalian menunaikan Shalat Sunnah Istikharah. Dan pembahasan tentang Keutamaan Shalat Sunnah Istikharah ini sangat lah penting untuk ditulis karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Istikharah merupakan salah satu Shalat Sunnah yg sering dilakukan dan ditunaikan oleh Umat Mukmin yg ada di Indonesia, selain Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Dhuha dan Shalat Sunnah Taubat. Langsung saja ulasan tentang Rahasia Shalat Istikharah bisa kalian lihat dibawah ini :

Mendapat Pahala dan Terhindar Dosa

Keutamaan Shalat Istikharah Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar. Maksudnya akan mendapatkan Pahala disini adalah kalian akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yang banyak karena Sholat Istikharah merupakan salah satu Shalat Sunnah yang telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan dan ditunaikan ketika kalian ingin meminta Petunjuk kepada Allah SWT, oleh sebab itu Shalat Sunnah Istikharah bisa dijadikan sebagai Ibadah Tambahan bagi kalian setelah kalian menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu.

Lalu yang dimaksud akan terhindar dari Dosa Besar adalah kalian terhindar dari Perbuatan Musyrik (Menyekutukan Allah) karena Perbuatan Musyrik salah satu Perbuatan Berdosa Besar. Hal ini dikarenakan ketika kalian menunaikan Sholat Istikharah dan memohon (meminta) hanya kepada Allah SWT supaya diberikan Petunjuk ketika kalian sedang mengalami suatu Masalah, maka itu sebagai bukti bahwa kalian selalu ingat, meminta dan memohon hanya kepada Allah SWT sehingga dengan melakukan Shalat Sunnah Istikharah maka kalian terhindar dari Perbuatan Musyrik (meminta selain kepada Allah).

Meminta Diberikan Petunjuk Oleh Allah

Untuk Keistimewaan Shalat Istikharah Yang Kedua adalah untuk meminta dan memohon diberikan petunjuk oleh Allah Subhanahu wa ta’ala atas Urusan (Masalah) yang sedang dihadapi oleh kalian. Dan Tujuan Mengerjakan Sholat Istikharah untuk memohon dan meminta diberikan petunjuk oleh Allah SWT ini telah diterangkan didalam Hadits Shahih, contohnya didalam Hadits Riwayat Bukhari bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Jika ada salah seorang di antara kalian memiliki niat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat Sunnah sebanyak dua rakaat yang bukan termasuk dalam Shalat Wajib, kemudian berdoalah kepada Allah SWT (HR. Bukhari) ”.

Selain itu terdapat Hadis Shahih lainnya, dari Jabir Ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Jika salah seorang diantara kalian menginginkan sesuatu maka hendak-nya dia menunaikan Dua Kali Ruku selain Sholat Wajib. Lalu hendak-lah dia mengucapkan, ‘ Ya Allah, sesungguh-nya dg pengetahuan Mu aku meminta bantuan- Mu untuk menentukan Pilihan. Dan dg Kekuasaan Mu aku meminta kemampuan untuk melakukan-nya, dan aku meminta Karunia -Mu yg agung. Sesungguh-nya Engkau berkuasa, sd aku tidak berkuasa. Sesungguh-nya Engkau mengetahui, sd aku tidak mengetahui, dan Engkau adlh Dzat yg mengetahui hal2 yg Ghaib ”.

Mendapatkan Ketenangan dan Ketentraman

Lalu Keutamaan Shalat Istikharah adalah akan mendapatkan Ketenangan dan Ketentraman Batin karena kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah percaya bahwa semua urusan hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang mengatur sehingga sudah sepantasnya kita kembali, meminta dan memohon hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas semua urusan (masalah) yg kita hadapi. Firman Allah SWT dlm Al Qur’an Surat Ali Imran berbunyi : ” Sesungguhnya Urusan itu seluruhnya ditangan Allah SWT …. (QS. Ali Imran, Ayat : 154)

Lalu didalam Hadits Riwayat Tirmidzi menjelaskan dari Sa’ad bin Abi Waqash Ra, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Diantara sebab kebahagiaan Anak Cucu Adam ialah memperbanyak Istikharah (memohon petunjuk) kepada Allah, dan menerima apa yg sudah ditetapkan oleh Allah untuk -nya. Dan diantara sebab kesengsaraan seseorang Anak Cucu Adam ialah karena dia meninggalkan Istikharah kepada Allah, dan dia tidak suka dg yg telah ditetapkan oleh Allah untuknya (Hadits Riwayat Tirmidzi) ”.

Demikian lah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Shalat Istikharah Menurut Hadits Shahih yang paling utama yang bisa kalian dapatkan ketika mengerjakan Shalat Sunnah Istikharah ini, dan tentunya masih banyak lagi Keajaiban Shalat Istikharah yang bisa kalian dapatkan karena Sholat Istikharah termasuk kedalam Shalat Sunnah yang bisa dijadikan sebagai Ibadah Tambahan Bagimu. Mungkin sudah cukup pembahasan kali ini, dan dipertemuan sebelumnya juga telah dibahas tentang Tata Cara dan Niat Shalat Istikharah yang tentunya telah dibahas pula secara lebih detail dan lengkap karena sekali lagi Shalat Sunnah Istikharah merupakan salah satu Shalat Sunnah yang sering dikerjakan oleh Mayoritas Masyarakat Muslim Indonesia.

Incoming search terms:

  • Apa manfaat menunaikan sholat istikhoroh
  • keutamaan shalat istiqoroh
  • keutamaan solat istiqhoroh
  • manfaat sholat istikhoroh
  • manfaat sholat sunnah istikhoroh
  • Padilah sholat istiharah
Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah Paling Utama | materiislam | 4.5