3 Keutamaan Shalat Jum’at Paling Utama Menurut Hadits

Keutamaan Shalat Jum’at – Pengertian Shalat Jum’at didalam Ajaran Islam adalah salah satu Shalat Wajib yg harus dikerjakan oleh setiap Muslim Laki – Laki sebagai pengganti Shalat Wajib Dzuhur di Hari Jum’at dan Shalat Jum’at ini dikerjakan sebanyak Dua Rakaat yg dilakukan secara Berjamaah di Masjid dengan minimal sebanyak 40 orang menurut Mazhab Imam Syafi’i. Lalu untuk Waktu Shalat Jum’at dilakukan Siang Hari di Hari Jum’at yakni ketika masuk waktu Shalat Dzuhur, hanya saja Shalat Jum’at Dua Rakaat ini hanya diwajibkan dikerjakan untuk Muslim Laki – Laki saja sehingga Muslimah Perempuan cukup mengerjakan Shalat Wajib Dzuhur seperti biasa.

Adapun Dalil tentang Hukum Mengerjakan Shalat Jum’at yg wajib bagi laki-laki Muslim ini sesuai dengan hadits shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda :” Jumat’an adalah hak yg wajib atas setiap Muslim secara Berjamaah, selain atas empat (golongan) yaitu Budak Sahaya, Perempuan, Anak Kecil maupun Orang Yang Sakit (Hadits Riwayat Abu Dawud) ”. Selain itu didalam Al Qur’an Surat Al Jumu’ah Ayat 9, Allah SWT telah Berfirman: ” Hai Orang2 beriman, apabila diseru untuk mengerjakan Shalat Jumat, maka bersegeralah km kepada mengingat Allah dan tinggalkan lah Jual Beli. Yang demikian itu lebih baik bagi km jika km mengetahui (QS. Al-Jumu’ah, Ayat : 9) ”.

Oleh sebab itu dengan melihat Hadits Shahih dan Surat Al Qur’an diatas maka bisa disimpulkan bahwasanya Sholat Jum’at adalah Fardhu Ain (Wajib) untuk Laki – Laki Muslim yang telah memenuhi Syarat Mengerjakan Sholat Jum’at, sehingga Perempuan Muslimah tidak diwajibkan untuk melaksanakan Sholat Jum’at di Hari Jumat, tetapi mereka (Perempuan Muslimah) harus melaksanakan Shalat Wajib Dzuhur seperti biasa. Mungkin sebagai tambahan informasi saja bahwa Golongan Yang Wajib Mengerjakan Sholat Jum’at antara lain Laki – Laki Muslim Yg Sudah Baligh dan Berakal, Orang Merdeka, Orang Menetap Bukan Musafir dan Orang Yg Tidak Ada Uzur (Halangan) Apapun.

3 Manfaat dan Keutamaan Shalat Jum’at Menurut Hadits Lengkap

manfaat dan keutamaan shalat jum'at menurut hadits

Jika disimpulkan secara sederhana bahwa Shalat Jum’at ini sangatlah penting dan sangat dianjurkan sekali bagi Setiap Muslim Laki – Laki untuk mengerjakannya, oleh sebab itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan ulasan tentang Keutamaan Mengerjakan Shalat Jum’at karena tidak bisa dipungkiri bahwa Keutamaan Shalat Jum’at sangat banyak sehingga sangat diharapkan sekali dengan adanya ulasan ini, bisa membuat kalian Umat Muslim Laki – Laki untuk semakin termotivasi agar selalu mengerjakan Shalat Jum’at Dua Rakaat ini, karena akan mendapatkan Dosa bagi Muslim Laki – Laki yg sengaja meninggalkan Shalat Jum’at.

1. Mendapatkan Pahala dan Terhindar Dosa

Langsung saja Keistimewaan Mengerjakan Shalat Jum’at Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Jum’at yang banyak dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Aus bin Aus bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg mandi di Hari Jum’at dg mencuci Kepada dan Anggota Badan yang lain. Lalu dia pergi di Awal Waktu dan mendapati Khutbah Shalat Jumat Pertama, lalu dia mendekat pada Imam, mendengarkan Khutbah dan diam. Maka disetiap langkah kaki nya akan terhitung seperti Puasa dan Shalat Setahun (HR. Tirmidzi, No : 496) ”.

Selain itu Keistimewaan Shalat Jum’at lainnya adalah akan terhindar dari Dosa Besar karena Shalat Jumat ini telah diwajibkan untuk dikerjakan oleh Kalian Laki – Laki Muslim sehingga jika kalian mengerjakannya maka akan mendapatkan Pahala Besar dan akan terhindar dari Dosa Besar. Firman Allah SWT dalam Al Qur’an berbunyi: ” Hai Orang2 beriman, apabila diseru untuk mengerjakan Shalat Jumat, maka bersegeralah km kepada mengingat Allah dan tinggalkan lah Jual Beli. Yang demikian itu lebih baik bagi km jika km mengetahui (QS. Al-Jumu’ah, Ayat : 9) ”.

2. Dapat Menghapuskan Dosa Yg Lalu

Lalu untuk Manfaat Mengerjakan Shalat Jum’at Yang Kedua adalah dapat menghapuskan dosa – dosa yang lalu. Diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” diantara Shalat Lima Waktu, diantara Jumat yg satu dan Jumat yg berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa diantara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar (Hadits Riwayat Muslim, No. 233) ”.

Hadits Riwayat Muslim tersebut menjelaskan bahwa salah satu Manfaat Shalat Jum’at adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil dan akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan cara mengerjakan sholat jumat dan shalat wajib lainnya disetiap hari, dan Allah Subhanahu wa ta’ala telah menjanjikan hal yang demikian sebagai balasan bagi hamba-Nya yang menaati perintah-Nya.

3. Mendapat Cahaya dan Dikabulkan Doanya

Rahasia Mengerjakan Shalat Jum’at Yang Ketiga adalah akan mendapatkan Cahaya yang terang diantara Kedua Jum’at itu, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih Riwayat Al Hakim, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat maka dia akan memperoleh Cahaya yg terang diantara Kedua Jumat itu (Hadits Riwayat Al-Hakim dan Al-Baihaqi) ”.

Selain itu Hikmah Mengerjakan Shalat Jum’at lainnya adalah niscaya akan dikabulkan hajatnya, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Sesungguhnya di Hari Jum’at ada saat yg apabila Seorang Muslim mendapatinya sd ia dlm keadaan Sholat dan memohon kebaikan kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Demikianlah ulasan Keutamaan Shalat Jum’at Paling Utama Menurut Hadits yang bisa kalian dapatkan bagi Setiap Muslim Laki – Laki yang mengerjakan Shalat Wajib Jum’at dan semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim, paling tidak bisa menjadikan sebuah Motivasi agar kalian bisa selalu mengerjakan Shalat Jum’at di Setiap Hari Jum’at karena harus kalian ketahui bahwa kalian akan mendapatkan Dosa Besar jika secara sengaja meninggalkan atau tidak mengerjakan Shalat Jum’at ini.

Sebagai tambahan saja jika kalian ingin mengetahui tentang Tata Cara dan Niat Shalat Jum’at Sebagai Imam dan Makmum (Berjamaah) maka kalian bisa langsung lihat tautan tersebut karena disitu telah dijelaskan secara lebih detail tentang Shalat Jum’at. Mungkin cukup sekian artikel Keutamaan Shalat Jum’at ini ditulis dan dijelaskan kepada kalian Para Pembaca Muslim, sekali lagi semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kalian semua.

Incoming search terms:

  • fatwa tntg keutamaan shalat jumat
  • hadis tentang rahasia sholat jumat
  • hadits tentang solat jumat yang sangat di anjurkan
  • pahala shalat jumat berjamaah
3 Keutamaan Shalat Jum’at Paling Utama Menurut Hadits | materiislam | 4.5