5 Hikmah dan Keutamaan Shalat Rawatib Menurut Hadits

Keutamaan Shalat Rawatib – Sebelum membahas lengkap mengenai Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib, ada baiknya kalian mengenal terlebih dahulu apa itu shalat rawatib ?, dan Pengertian Shalat Sunnah Rawatib ini adalah salah satu Shalat Sunnah yg dapat dikerjakan oleh setiap Muslim – Muslimah sebelum dan sesudah menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu. Adapun Shalat Sunnah Rawatib ini terbagi menjadi Dua Macam antara lain Shalat Rawatib Qabliyah yakni Shalat Sunnah Rawatib yang dikerjakan sebelum menunaikan Shalat Wajib, dan yang Kedua adalah Shalat Rawatib Ba’diyah yakni Shalat Sunnah Rawatib yang dikerjakan sesudah menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu.

Dan didalam Shalat Sunnah Rawatib Qabliyah sendiri antara lain 2 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Shalat Wajib Subuh, 2/4 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Shalat Wajib Dzuhur, 2/4 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Shalat Wajib Ashar dan 2 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Shalat Wajib Isya. Sedangkan didalam Shalat Sunnah Rawatib Ba’diyah antara lain 2 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sesudah Shalat Wajib Dzuhur, 2 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sesudah Shalat Wajib Maghrib, 2 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib Sesudah Shalat Wajib Isya. Kemudian untuk Anjuran Menunaikan Shalat Sunnah Rawatib bagi Setiap Muslim – Muslimah ini telah dijelaskan didalam Hadits – Hadits Shahih seperti dibawah ini :

Dari Abdullah bin Mughaffal Radhiallaahu’anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Di antara 2 Adzan itu ada Shalat, di antara 2 Adzan itu ada Shalat, di antara 2 Adzan itu ada Shalat. Lalu pada ucapan Rasulullah yg ketiga Beliau menambahkan : Bagi yang mau ”. Dan dari Ibnu Umar Radhiallahu’anhuma mengatakan bahwa : ” Aku Shalat bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam 2 Rakaat Sebelum dan Sesudah Shalat Dzuhur, 2 Rakaat Sesudah Jum’at, 2 Rakaat Sesudah Shalat Maghrib dan Sesudah Shalat Isya ”. Selain itu dari Aisyah Radhiallahu’anhuma bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Dua Rakaat Sebelum Shalat Subuh itu lebih baik daripada Dunia dan Seisinya (HR. Muslim) ”.

5 Hikmah dan Keutamaan Shalat Rawatib Menurut Hadits Nabi

hikmah dan keutamaan shalat rawatib lengkap

Setelah mengenal tentang Shalat Sunnah Rawatib secara sederhana seperti apa yg sudah dituliskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui tentang Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib karena perlu kalian ketahui bahwa Hikmah Shalat Rawatib itu banyak dan dalam hal ini pun telah dijelaskan didalam Hadits – Hadits Yg Shahih. Oleh karena itu Penulis sangat berharap bahwa dengan adanya pembahasan tentang Shalat Sunnah Rawatib ini maka bisa bermanfaat dan bisa menjadi suatu Motivasi bagi Para Pembaca Muslim – Muslimah untuk mengerjakan Shalat Sunnah Rawatib Sebelum dan Sesudah Shalat Wajib..

1. Mendapatkan Pahala Shalat Sunnah

Langsung saja untuk Hikmah Mengerjakan Shalat Rawatib Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yang banyak karena kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah mengerjakan apa yang sudah dianjurkan dan diSunnahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunah dari Sunah2-ku, kemudian diamalkan oleh Manusia, maka dia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang-Orang yg mengemalkan-nya, dg tidak mengurangi Pahala mereka sedikit pun ”.

2. Akan Di bangun Rumah di dalam Surga

Lalu didalam Keistimewaan Shalat Rawatib Yang Kedua adalah akan dibangun Rumah didalam Surga, dan Keistimewaan Mengerjakan Shalat Rawatib dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Ummu Habibah Ra berkata : ‘ Aku tlah mendengar bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi : ” Barangsiapa Shalat dlm sehari semalam 12 Rakaat maka akan dibangun untuknya Rumah didalam Surga yakni 4 Rakaat Shalat Sebelum Dzuhur dan 2 Rakaat Sesudah Shalat Dzuhur, 2 Rakaat Sesudah Shalat Maghrib dan 2 Rakaat Sesudah Shalat Isya, serta 2 Rakaat Sebelum Shalat Subuh (Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi) ”.

3. Akan Terhindar Dari Api Neraka

Untuk Keutamaan Shalat Rawatib Ketiga adalah akan diharamkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dari Api Neraka sehingga bisa disimpulkan bahwa salah satu cara agar terhindar dari Siksa Api Neraka, selain mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu adalah mengerjakan Shalat Sunnah Rawatib. Dan Keajaiban Shalat Rawatib dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Ummu Habibah Ra bahwa ia berkata: Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda, ” barang siapa yg menjaga Empat Shalat Sebelum Shalat Dzuhur dan Empat Rakaat Sesudah Shalat Dzuhur, maka Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengharamkan -nya dari Api Neraka (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi) ”.

4. Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya

Lalu didalam Manfaat Mengerjakan Shalat Rawatib Yang Keempat adalah Shalat Sunnah Rawatib itu lebih baik dari Dunia dan Seisinya. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Aisyah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda, ” 2 Rakaat Shalat Sunnah yang dikerjakan Sebelum Shalat Subuh itu lebih baik daripada Dunia dan Seisinya (Hadits Riwayat Muslim) ”. Selain itu Manfaat Shalat Rawatib yang lainnya adalah akan diberikan Rahmat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberi Rahmat kepada Orang yang mengerjakan Shalat Empat Rakaat Sebelum Shalat Ashar (Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi) ”.

5. Menutup Kekurangan Shalat Wajib

Kemudian untuk Keutamaan Shalat Rawatib Yang Kelima adalah sebagai menutup kekurangan Shalat Wajib Lima Waktu karena Seorang Muslim – Muslimah dalam mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu itu seringkali mendapatkan kekurangan disana sini, maka dari itu dengan Shalat Sunnah maka bisa digunakan sebagai menambal (menutup) kekurangan didalam mengerjakan shalat wajib lima waktu. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

dalil hadits keutamaan shalat rawatib

Demikianlah pembahasan mengenai Keutamaan – Keutamaan Shalat Rawatib Menurut Hadits – Hadits Shahih, dan semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim serta menjadi suatu Motivasi agar kalian bisa lebih giat dalam mengerjakan Shalat Sunnah baik itu Shalat Sunnah Rawatib, Shalat Sunnah Dhuha, Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Istikharah dan Shalat Sunnah yang lainnya. Hal ini dikarenakan bahwa Shalat Sunnah mempunyai banyak sekali keutamaan, dan sekali lagi menurut Hadits Shahih diatas bahwa Shalat Sunnah itu sebagai Menutup Kekurangan saat kalian mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu, selain itu akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yang banyak.

Incoming search terms:

  • 5 hikmah shalat rawatib
  • pahala salat rawatib
  • keutamaan sunnah rawatib
  • keutamaan solat rawatib
  • keutamaan sholat rawatib
  • hikmah melaksanakan sholat sunah rawatib
  • hikmah dan hadis tentang shalatsunnah rawatib
  • hadits tentang pentingnya shalat rawatib
  • fadhilat sholat sunat rawatib
  • fadhilah sholat rawatib
5 Hikmah dan Keutamaan Shalat Rawatib Menurut Hadits | materiislam | 4.5