Manfaat dan Keutamaan Shalat Subuh Menurut Hadits Nabi

Manfaat dan Keutamaan Shalat Subuh – Pembahasan mengenai Shalat Subuh ini adalah salah satu termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yang harus dikerjakan dan dilakukan setiap hari oleh Setiap Muslim – Muslimah karena didalam Hukum Menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu ini adalah Fardhu Ain, yakni harus dilakukan oleh Setiap Umat Muslim karena akan mendapatkan Dosa Besar jika Setiap Muslim – Muslimah ini tidak mengerjakan atau dengan sengaja meninggalkan Shalat Wajib Lima Waktu, tetapi akan memperoleh Pahala dan Keutamaan Shalat Wajib yang banyak bagi Setiap Muslim – Muslimah yang selalu Menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu.

Adapun untuk Perintah Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu sudah banyak sekali dituliskan didalam Kitab Suci Al Qur’an dan bisa kalian baca salah satunya di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 110 yg berbunyi: ” Dan dirikan-lah Shalat dan Tunaikan-lah Zakat. Dan Kebaikan apa saja yg km usahakan bagi diri km, tentu km akan memperoleh Pahala-nya disisi Allah. Sesungguh-nya Allah Maha Melihat Apa-Apa yg km kerjakan (QS. Al-Baqarah, Ayat : 110) ”. Selain itu bisa Anda baca juga didalam Al Qur’an Surat An Nur Ayat 56 yang berbunyi : ” Dan dirikan-lah Shalat, Tunaikan-lah Zakat dan Taatlah kepada Rasul agar km diberikan Rahmat (QS. An Nur, Ayat : 56) ”.

Sedangkan Perintah Untuk Mengerjakan Shalat Subuh sendiri telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al-Isra Ayat 78 yg berbunyi : ” Dirikan-lah Shalat dari Setelah Matahari Tergelincir sampai Gelap Malam dan kerjakanlah Pula Shalat Subuh. Sesungguhnya Shalat Subuh itu disaksikan oleh Malaikat (QS. Al-Isra Ayat : 78) ”. Dengan melihat Isi Kandungan Surat – Surat Al Qur’an tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa Kita sebagai Orang Yang Beriman (Umat Islam) telah diwajibkan untuk mendirikan Sembahyang (Shalat), untuk itu jangan sampai Kalian Meninggalkan Shalat Fardhu disetiap hari karena akan dibalas dengan Dosa Yang Besar.

Keutamaan Shalat Subuh Sendirian dan Berjamaah Menurut Hadits 

manfaat dan keutamaan shalat subuh lengkap

Dengan melihat aspek bahwa Shalat Subuh itu termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yg wajib dikerjakan oleh Setiap Umat Muslim, maka pada kesempatan ini Penulis akan mencoba memberikan pembahasan secara lebih dalam mengenai Manfaat dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Subuh Menurut Hadits – Hadits Nabi. Hal tersebut dikarenakan Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yg belum begitu mengetahui tentang Keutamaan Menunaikan Sholat Subuh dan diharapkan pula dengan adanya ulasan ini maka bisa menjadi suatu Motivasi bagi Setiap Muslim untuk selalu mengerjakan Shalat Wajib Subuh dan Shalat Wajib Lainnya di Setiap Hari.

Mendapatkan Pahala dan Terhindar Dosa

Langsung saja untuk Keistimewaan Mengerjakan Shalat Subuh Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Yang Banyak dan Terhindar dari Dosa Yang Besar karena sekali lagi Shalat Subuh merupakan termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yang harus dan wajib dikerjakan oleh Setiap Muslim dan Muslimah sehingga akan mendapatkan Pahala Yang Banyak bagi Setiap Muslim – Muslimah yang selalu menunaikan Shalat Fardhu Subuh disetiap hari, tetapi Mereka akan mendapatkan Dosa Besar jika Mereka dengan sengaja meninggalkan dan dengan sengaja tidak menunaikan Shalat Wajib Subuh disetiap harinya.

Menghapus Dosa – Dosa Yang Lalu

Lalu didalam Rahasia Mengerjakan Shalat Subuh Kedua adalah dapat menghapuskan Dosa – Dosa Seorang Muslim Yg Lalu dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih, dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Tahukah kamu, seandainya ada sebuah Sungai di Dekat Pintu Rumah salah Seorang di Antara Kalian, lalu Dia mandi dari Air Sungai tersebut setiap hari 5 kali, apakah akan tersisa kotoran-nya walaupun sedikit ?. ‘ Para Sahabat Menjawab: Tidak akan tersisa sedikit pun Kotoran-nya ‘. Lalu Rasul SAW berkata, ” Maka seperti itulah perumpamaan Shalat Lima Waktu, dengan-nya Allah akan menghapuskan Dosa (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Sebab Ke Surga dan Penghalang Ke Neraka

Lalu untuk Hikmah Mengerjakan Shalat Subuh Yang Ketiga adalah salah satu penyebab Orang Yang Beriman (Umat Muslim) masuk ke dalam Jannah (Surga) dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg menunaikan Shalat Subuh dan Shalat Ashar (Shalat Bardain) maka ia akan masuk ke Surga (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Selain itu Keutamaan Sholat Subuh menjadi salah satu Penghalang Seorang Muslim – Muslimah masuk ke dalam Neraka, dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Tidak-lah akan masuk kedalam Neraka Orang yg Menunaikan Sholat sebelum Terbitnya Matahari (Yaitu Sholat Subuh) dan Sholat sebelum tenggelam-nya Matahari yaitu Sholat Ashar (Hadits Riwayat Muslim Nomor 634) ”.

Berada Dalam Jaminan Allah SWT

Untuk Keutamaan Shalat Subuh Yang Keempat adalah berada didalam Jaminan Allah Subhanahu wa ta’ala dan Keistimewaan Shalat Subuh ini telah dijelaskan didalam Hadits Riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barangsiapa yg Sholat Subuh maka Ia berada dalam Jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kpd kalian dari Jaminan -nya. Karena siapa yg Allah menuntut -nya dg Sesuatu dari Jaminan -nya, maka Allah pasti akan menemukan-nya, dan akan menelungkupkan -nya diatas Wajah -nya dlm Neraka Jahanam (Hadits Shahih Riwayat Muslim, nomor 163) ”.

Dihitung Shalat Semalam Penuh

Untuk Keutamaan Shalat Subuh Secara Berjamaah Kelima adalah akan dihitung seperti Shalat Semalam Penuh. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Barang siapa yg mengerjakan Sholat Isya Berjamaah maka seolah – olah Dia sudah Sholat Malam Selama Separuh Malam. Dan barangsiapa yg mengerjakan Sholat Subuh Secara Berjamaah maka seolah-olah Dia sudah Shalat Seluruh Malam-nya (Hadits Riwayat Muslim, no 656) ”.

Dan Manfaat Mengerjakan Shalat Subuh selanjutnya adalah akan disaksikan oleh Para Malaikat. Nabi Muhammad¬†Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim berbunyi : ” Dan Para Malaikat Malam dan Para Malaikat Siang berkumpul pada Shalat Subuh (Hadits Riwayat Bukhari No.137 dan Muslim No. 632) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Shalat Subuh Sendirian maupun Secara Berjamaah Menurut Hadits Shahih. Dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena Penulis sangat meyakini bahwa selain ulasan tentang Bacaan Niat Shalat Wajib Subuh, tentunya diluar sana masih terdapat Pembaca Muslim yang belum begitu memahami dan mengetahui tentang Keutamaan dan Manfaat Shalat Subuh yg bisa mereka dapatkan ketika mengerjakan Shalat Wajib Subuh ini, selain itu dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa menjadi suatu Motivasi bagi kalian untuk semakin Rajin mengerjakan Shalat Wajib Subuh di Setiap Harinya.

Incoming search terms:

  • keutamaan shalat subuh sendiri
Manfaat dan Keutamaan Shalat Subuh Menurut Hadits Nabi | materiislam | 4.5