4 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Lengkap

Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid – Pengertian mengenai Shalat Tahiyatul Masjid didalam Ajaran Islam adalah termasuk kedalam salah satu Shalat Sunnah yang dapat dilaksanakan oleh Setiap Seorang Muslim saat masuk ke dalam Masjid dan mempunyai maksud untuk duduk didalam Masjid. Lalu Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid ini dikerjakan dengan Jumlah Rakaat sebanyak Dua Raka’at dan dilakukan secara ringan seperti mengerjakan Shalat – Shalat Sunnah Dua Rakaat pada umumnya sehingga alangkah baik dan dianjurkan sekali bagi kalian Setiap Muslim – Muslimah ketika masuk kedalam Masjid untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid Dua Rakaat ini.

Hal tersebut dikarenakan dalam mengerjakan Shalat Sunnah itu bisa menjadi suatu tambahan Ibadah bagi kalian Umat Muslim dan bisa menjadi Menutup Kekurangan – Kekurangan dalam mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu. Selain itu Perintah dan Dalil Mengerjakan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ini juga ada, yakni didalam Hadits Shahih dari Abu Qatadah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Jika salah seorang dari kalian masuk kedalam Masjid, maka hendaklah Dia Shalat Dua Raka’at sebelum ia Duduk (Hadits Riwayat Bukhari Nomor : 537, dan Muslim nomor : 714) ”. Selain itu, terdapat Hadits Shahih lainnya dari Jabir bin Abdilah Ra berkata :

” Sulaik Al Ghathafani datang di Hari Jum’at, sementara Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sedang Berkhutbah, Ulaik pun duduk. Lalu Rasulullah langsung bertanya kepada Sulaik, ” Wahai Sulaik, bangun dan Shalatlah Dua Rakaat, tunaikanlah dengan Ringan ”. Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Jika salah seorang dari kalian datang di Hari Jum’at, lalu Imam sedang berkhutbah, maka hendaklah mengerjakan Shalat Dua Rakaat, dan hendaklah dikerjakannya dengan ringan (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Dengan melihat Kedua Hadits Shahih ini maka sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ini telah dianjurkan dan lebih baik untuk dikerjakan oleh kalian Umat Mukmin.

4 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Menurut Hadits

keutamaan shalat tahiyatul masjid lengkap

Kemudian setelah kalian sedikit mengenal dan memahami tentang Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Pembaca Muslim – Muslimah di Indonesia untuk mengetahui mengenai Keutamaan Mengerjakan Shalat Tahiyatul Masjid karena memang tidak bisa dipungiri bahwa Keutamaan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid itu cukup banyak sehingga sangat disayangkan sekali jika kalian tidak menunaikan Shalat Sunnah ini. Selain itu Penulis juga sangat berharap bahwa dengan adanya ulasan ini, semoga saja bisa menjadi suatu Motivasi agar kalian mau menunaikan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid.

1. Mendapatkan Pahala Shalat Sunnah

Langsung saja untuk Keistimewaan Shalat Tahiyatul Masjid Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yang banyak dan termasuk kedalam Seorang Muslim yang taat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dalam hal ini dikarenakan karena sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah mengerjakan apa yang menjadi Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, dan terdapat Hadits Shahih bahwa Muslim yang menghidupkan Sunnah Rasulullah maka akan mendapatkan Ganjaran Pahala.

Dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah Ku, dan diamalkan oleh Manusia. Maka ia akan memperoleh Pahala seperti Orang – Orang yg telah mengamalkannya, dengan tidak mengurangi Pahala mereka sedikit pun ”. Dengan melihat Hadits Shahih diatas maka Seorang Mukmin akan mendapatkan Pahala banyak jika selalu menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW, walaupun itu Satu Sunnah.

2. Bentuk Pemuliaan Terhadap Masjid

Lalu untuk Hikmah Shalat Tahiyatul Masjid Yang Kedua adalah sebagai bentuk pemuliaan terhadap Masjid dan menghormati serta mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dimana Masjid itu merupakan Rumah Allah Subhanahu wa ta’ala. Menurut Jumhur Ulama bahwa kedudukan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid ini sama seperti kalian mengucapkan Salam disaat akan masuk kedalam Rumah ataupun mengucapakan Salam saat bertemu dengan Orang Muslim.

Menurut Imam Nawawi mengatakan bahwa : ” Sebagian mereka (Jumhur Ulama) mengatakan bahwa dengan Sholat Tahiyatul Masjid adalah menghormati Rabb Tuhan yg disembah didalam Masjid, karena maksud dari Shalat Sunnah ini adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, bukan kepada Masjidnya karena orang yg memasuki Rumah Raja maka dia akan menghormati Rajanya bukan Rumahnya ”.

3. Menutup Kekurangan Shalat Wajib 5 Waktu

Untuk Manfaat Shalat Tahiyatul Masjid Yang Ketiga adalah sebagai menutup kekurangan yang ada didalam Shalat Wajib Lima Waktu karena setiap Muslim – Muslimah pasti mempunyai banyak kekurangan – kekurangan saat mereka mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu di Setiap harinya. Oleh karena itu Shalat Sunnah berguna untuk menutup kekurangan – kekurangan saat Setiap Muslim mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu.

dalil keutamaan shalat tahiyatul masjid lengkap

4. Hati Menjadi Tenang dan Bahagia

Untuk Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Yang Keempat adalah bisa membuat Hati Seseorang Muslim – Muslimah menjadi lebih tenang dan bahagia karena dengan mengerjakan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid berarti akan lebih menjadi mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, dan cara apa lagi yang bisa membuat Hidup dan Hati kita menjadi lebih tenang jika bukan dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu dan memperbanyak menunaikan Shalat Sunnah.

Selain itu Rahasia Shalat Tahiyatul Masjid lainnya adalah dapat menjadi suatu cara untuk menghapuskan dosa – dosa dan meninggikan derajat seseorang karena Shalat Tahiyatul Masjid merupakan termasuk kedalam Shalat Sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW bagi setiap Muslim. Rasulullah SAW bersabda: ” Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah SWT. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu… (HR. Muslim) ”.

Seperti itulah pembahasan mengenai Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid yang bisa kalian dapatkan ketika kalian mengerjakan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid. Semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim karena penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu mengenal tentang Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ini, mereka lebih memahami tentang Shalat Sunnah lainnya seperti Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Dhuha, Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Taubat dan Shalat Sunnah Istikharah. Oleh karena itu dengan adanya pembahasan ini semoga bisa berguna kepada para pembaca dan semoga bisa menjadi suatu Motivasi untuk kalian agar selalu mengerjakan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ini.

Incoming search terms:

  • keutamaan shalat tahiyatul masjid
  • manfaat shalat tahiyatul masjid
  • hikmah shalat tahiyatul masjid
  • manfaat sholat tahi
  • manfaat shalat tahiyatul masjid dalam kehidupan sehari-hari
  • keutamaan sholat tahiyatul masjid
  • sholat sunnah thayatul
  • hikmah salat tahiyatul masjid
  • hikmah melaksanakan sholat tahiyatul masjid
  • faedah sholat tahiyat masjidi
4 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Lengkap | materiislam | 4.5