5 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tasbih Bagi Umat Muslim

Keutamaan Shalat Tasbih – Pengertian mengenai Shalat Tasbih didalam Ajaran islam adalah salah satu Shalat yang disunnahkan untuk dikerjakan dan dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah menurut Mazhab Syafi’i sehingga tiap tiap Seorang Mukmin yang mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini maka Insa Allah akan mendapatkan Pahala dan Keutamaaan Mengerjakan Shalat Tasbih yang banyak, tetapi tidak akan Berdosa jika Setiap Mukmin tidak mengerjakan (meninggalkan) Shalat Sunnah Tasbih ini karena sekali lagi Hukum Mengerjakan Shalat Tasbih adalah Sunnah, bukanlah Wajib.

Lalu untuk Shalat Sunnah Tasbih ini dikerjakan sebanyak Empat Rakaat dengan Dua Salam sehingga Shalat Tasbih dilakukan sebanyak Dua Kali karena Shalat Sunnah itu dilakukan masing – masing Dua Raka’at Satu Salam. Dan Seorang Muslim yg mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini maka diharuskan untuk membaca Kalimat Tasbih (Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar) sebanyak 300 kali yang dibacakan disetiap Raka’at sebanyak Empat Raka’at. Dalam pembagian membaca Tasbih ini bisa kalian lihat didalam tabel dibawah ini :

membaca tasbih di shalat sunnah tasbih

Kemudian Mazhab Syafi’i dan sejumlah pandangan ulama berpendapat bahwa Shalat Tasbih adalah Shalat Sunnah, dikarenakan dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Abu Daud bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada Pamannya yang bernama Abbas bin Abdul Muthalib yg berbunyi : ” Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada pamannya (Sayidina Abbas Ra) untuk mengerjakan Shalat Tasbih. Kepadanya, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa Keistimewaan Shalat Tasbih itu banyak dan salah satunya ialah Ampunan Allah SWT. Kalau saja Dosa mu sebanyak Gundukan Pasir, niscaya Allah SWT akan mengampuni dosamu (HR. Abu Daud) ”.

5 Keutamaan Shalat Tasbih Bagi Setiap Muslim – Muslimah

manfaat dan keutamaan shalat tasbih menurut hadits

Setelah kalian telah mengetahui secara lebih sederhana tentang Shalat Sunnah Tasbih, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Pembaca Muslim untuk mengetahui Keutamaan Shalat Sunnah Tasbih karena tidak bisa dipungkiri bahwa Shalat Tasbih telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah, jika sanggup dilakukan setiap hari, jika tidak seminggu sekali, sebulan sekali ataupun minimal dilakukan sekali dalam seumur hidup. Untuk itu dibawah ini telah Penulis berikan Keistimewaan Mengerjakan Shalat Tasbih, yang bisa menjadi Motivasi buat kalian untuk mengerjakan Shalat Sunnah ini.

Akan Mendapatkan Pahala Sunnah

Langsung saja untuk Keutamaan Shalat Tasbih Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg banyak, karena kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah sdh mengerjakan dan sudah menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barang siapa yg menghidupkan 1 Sunnah dari Sunnah2ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang2 yg mengamalkan-nya, dg tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah) ”.

Dapat Menghapuskan Dosa

Lalu Keajaiban Shalat Tasbih Yang Kedua adalah dapat menghapuskan dosa, baik itu dosa sebanyak Gundukan Pasir. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada pamannya (Sayidina Abbas Ra) untuk mengerjakan Shalat Tasbih. Kepadanya, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa Keutamaan Shalat Tasbih itu banyak dan salah satunya ialah Ampunan Allah SWT. Kalau saja Dosa mu sebanyak Gundukan Pasir, niscaya Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuni dosamu (HR. Abu Daud) ”.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Untuk Manfaat Mengerjakan Shalat Tasbih Yang Ketiga adalah sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Ketika Kalian menunaikan Shalat Sunnah Tasbih maka kalian diharuskan membaca Kalimat (Dzikir) Tasbih yakni Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar sebanyak 300 kali di 4 Raka’at Shalat Sunnah Tasbih sehingga semakin kita banyak berdoa, hubungan kita dengan Allah Subhanahu wa ta’ala akan semakin baik, dekat dan hati kita akan senantiasa terisi asma-asma Allah Subhanahu wa ta’ala, untuk itu setiap hari kita akan lebih dekat dengan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Merupakan Kebiasaan Orang Shaleh

Lalu Hikmah Mengerjakan Shalat Tasbih Yang Keempat adalah termasuk kedalam Orang Shaleh dan Shalehah yang menghormati Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Segelintir orang berasumsi bahwa mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih merupakan Ibadah Bid’ah, padahal Shalat Tasbih pertanda bahwa yang melaksanakannya adalah orang yang beriman kepada Allah SWT dan menghormati Rasulnya karena Rasulullah SAW juga pernah melaksanakan Shalat Tasbih ini, dan beliau telah memerintahkan kepada Pamannya Abbas bin Abdul Muthalib untuk mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini, yang telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud.

Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Pikiran

Untuk Berkah Mengerjakan Shalat Tasbih Yang Kelima adalah akan mendapatkan ketenangan Batin (Jiwa) dan ketenangan Pikiran karena dengan mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih maka kita telah memuji Allah Subhanahu wa ta’ala, maka dengan itu Insa Allah akan dibalas dengan berupa pertolongan dalam menghadapi masalah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Selain itu didalam Gerakan – Gerakan Shalat bisa memberikan kesehatan bagi badan Manusia, sehingga dengan melakukan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah maka Otot – Otot Setiap Manusia bisa menjadi Rileks dan menyehatkan bagi Tubuh.

Mungkin seperti itulah pembahasan mengenai salah satu Keutamaan – Keutamaan Shalat Tasbih yang bisa kalian dapatkan dan peroleh ketika mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini. Dan semoga saja apa yang sudah dituliskan disini bisa bermanfaat bagi Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia, karena Penulis sendiri sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu mengenal ataupun belum begitu memahami tentang Shalat Sunnah Tasbih ini.

Oleh karena itu dengan adanya pembahasan ini maka bisa diharapkan bagi kalian Para Pembaca Muslim – Muslimah bisa mengenal apa itu Shalat Sunnah Tasbih, selain Shalat Sunnah Tahajud dan Shalat Sunnah Istikharah. Sekali lagi semoga ulasan ini bisa menjadi suatu Motivasi bagi kalian Umat Muslim Indonesia untuk mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih karena sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan, setiap hari kalau mampu dan jika tidak maka sebaiknya dikerjakan Seminggu Sekali, Sebulan Sekali, Setahun Sekali maupun Sekali dalam Seumur Hidup Kalian.

Incoming search terms:

  • keajaiban sholat tasbih
  • berkah shalat tasbih
  • manfaat sholat tasbih
  • keutamaan shalat tasbih
  • fadhilah sholat tasbih
  • keutamaan sholat tasbih
  • manfaat shalat tasbih
  • Keistimewaan sholat tas
  • sholat tasbih dan manfaatnya
  • sholat tasbih manfaat
5 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tasbih Bagi Umat Muslim | materiislam | 4.5