5 Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah Menurut Hadits Nabi

Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah – Pembahasan mengenai Shalat Wajib Lima Waktu adalah Lima Shalat yg wajib dan harus dikerjakan oleh setiap Muslim Muslimah disetiap harinya, dan kewajiban mengerjakan Shalat Fardhu Lima Waktu ini sudah melekat di setiap umat muslim yang sudah memenuhi Syarat Wajibnya Shalat karena Shalat di ibaratkan sebagai tiang agama, maka barang siapa yg tidak melaksanakan Shalat Fardhu artinya berdosa. Selain itu Ibadah Shalat merupakan ibadah yang paling utama dan pertama yang akan dihisab di yaumil akhir sehingga ketika ibadah Shalat kita baik, maka baiklah seluruh amalan kita, akan tetapi jika ibadah Shalat kita jelek maka jelek lah seluruh amalan kita.

Kedudukan dan Pentingnya Shalat Wajib Lima Waktu ini sebagai Amalan yang pertama kali akan dihisab bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang berbunyi: ” Perkara yang akan pertama kali di Hisab ialah Sholat. Sedangkan yg diputuskan pertama kali di Antara Manusia ialah yang berkaitan dengan darah (Hadits Riwayat An – Nasa’i, No : 3991) ”. Adapun untuk perintah seorang Muslim – Muslimah untuk mengerjakan Shalat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala telah banyak dijelaskan didalam Al Qur’an dan salah satunya terdapat didalam Surat Al-Baqarah Ayat 43 yang berbunyi : ” Dan dirikanlah Shalat, tunaikan lah Zakat dan Ruku lah bersama Orang-Orang yg Ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”.

Untuk itu kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah harus mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu di Setiap Hari, dan lebih utama jika Sholat Wajib dikerjakan secara berjamaah dibandingkan sendirian karena Keutamaan Mengerjakan Shalat Berjamaah menurut hadits akan memperoleh pahala yg lebih banyak jika dibandingkan dikerjakan sendirian. Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dari Shalat sendirian (HR. Bukhari) ”. Hadits tersebut menjelaskan pada kita, bahwa Pahala Shalat Berjamaah 27 kali lipat dibandingkan Shalat Sendirian. Mengapa demikian? karena ketika Shalat berjamaah, ada banyak orang yang melaksanakan sehingga ketika satu jamaah Shalat nya tidak sempurna, maka jamaah lain akan menyempurnakan-nya.

5 Keistimewaan dan Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah Menurut Hadits

keutamaan shalat wajib berjamaah menurut hadits lengkap

Selain Hadits Shahih diatas, tentu masih banyak lagi Hadits – Hadits Shahih lainnya yang menerangkan bahwa Keutamaan Shalat Fardhu Lima Waktu Secara Berjamaah itu lebih baik dan lebih banyak pahalanya jika dibandingkan dengan menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu secara sendirian. Oleh karena itu di kesempatan kali ini Penulis akan memberikan ulasan secara lebih dalam mengenai beberapa Keistimewaan Shalat Wajib Berjamaah Menurut Hadits Nabi karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu mengetahui bahwa Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah itu sangat banyak.

Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Langsung saja untuk Keistimewaan Mengerjakan Shalat Wajib Berjamaah yang pertama akan mendapatkan Pahala yang banyak dn berlipat ganda, jika dibandingkan dengan mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu secara sendirian. Pahala Shalat Subuh Secara Berjamaah akan mendapatkan Pahala Shalat sebanyak 119 kali, Pahala Shalat Isya Secara Berjamaah mendapatkan Pahala Shalat sebanyak 59 kali dan Pahala Shalat Dzuhur, Shalat Ashar dan Shalat Maghrib Secara Berjamaah akan mendapatkan Pahala sebanyak 27 kali.

Sabda Nabi Muhammad SAW di dalam Hadits Riwayat Muslim berbunyi : ” Seseorang yg mengerjakan Shalat Subuh Berjamaah, maka akan memperoleh pahala sebanyak 119 kali dibandingkan dg shalat sendiri (HR. Muslim, No. 1049) ”. Dan didalam Riwayat Muslim lainnya bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Seseorang yg mengerjakan Shalat Isya Secara Berjamaah, maka dia akan mendapatkan Pahala 59 kali lipat (HR. Muslim, No. 1038) ”. Dan Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Kalau Shalat Dzuhur Secara Berjamaah, Ashar Berjamaah dan Maghrib Berjamaah, masing – masing Pahala-nya akan dilipat gandakan 27 kali (HR. Muslim, No. 1038) ”.

Diangkat Derajatnya dan Dihapus Dosanya

Untuk Hikmah Shalat Wajib Berjamaah di Masjid Yang Kedua ialah akan diangkat derajatnya dan akan dihapuskan dosa oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Shalat seorang Lelaki Secara Berjamaah itu melebihi Shalat Sendirian di Rumah maupun di Pasar sebanyak Dua Puluh Lima Kali, yg demikian itu disebabkan karena bila dia bersuci (berwudhu) dg sempurna, lalu pergi ke Masjid dg tidak ada tujuan lain selain untuk mengerjakan Shalat Berjamaah semata – mata,

maka tiadalah dia melangkah kecuali akan diangkat kedudukan-nya 1 derajat dan dihapuskan 1 dosanya. Dan jika dia Shalat, maka para Malaikat akan memohonkan untuk-nya Rahmat selama dia msh ada di tempat shalat itu dlm keadaan tidak Berhadats. Para Malaikat itu berdoa, ‘ Ya Allah, berikanlah Rahmat kepada Orang ini dan sayangilah dia. ‘ Dan Orang itu selalu dianggap sd melakukan Shalat, selama ia menantikan datang-nya Waktu Shalat yg lain (Hadits Riwayat Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”.

Mendapat Cahaya dan Diselamatkan di Neraka

Adapun untuk Keajaiban Shalat Wajib Berjamaah di Masjid Yang Ketiga adalah akan mendapatkan Cahaya yang sempurna di Hari Kiamat Kelak. Dan bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sampaikan lah berita gembira kpd mereka yg selalu berjalan ke Masjid di Malam yg Gelap bahwa mereka akan memperoleh Cahaya yg sempurna di Hari Kiamat (Hadits Riwayat Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah) ”.

Selain itu Keajaiban Mengerjakan Shalat Wajib Secara Berjamaah yang lain ialah akan diselamatkan dari Nereka Jahannam dan terhindar dari Sifat Munafik. Hadits Riwayat Tirmidzi menerangkan bahwa dari Anas bin Malik Ra menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Seseorang yg selalu Sholat secara berjamaah selama 40 hari tanpa tertinggal Takbir yg Pertama (Bersama Imam) maka akan mendapatkan dua jaminan yakni akan diselamatkan dari Neraka dan akan terbebas dari Sifat Munafik (HR. Tirmidzi) ”.

Di Jamin Oleh Allah Subhanahu wa ta’ala

Lalu untuk Keutamaan Shalat Wajib Secara Berjamaah di Masjid Yang Keempat adalah akan dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, dan dalam hal ini bisa kalian didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Ada 3 Golongan yg semuannya akan dijamin oleh Allah Subhanahu wa ta’ala yang antara lain Orang yg keluar untuk berperang di Jalan Allah, maka dia telah dijamin oleh Allah sampai ia me’wafatkan-nya,

lalu memasukkan-nya ke dlm Surga atau mengembalikan-nya dg membaca Pahala dan Ghanimah. Lalu Orang yg pergi ke Masjid, maka dia telah dijamin oleh Allah sampai ia mewafatkan-nya lalu memasukkan-nya ke dlm Surga atau mengembalikan nya dg membaca Pahala. Dan orang yg masuk kedalam Rumah-nya dengan mengucapkan salam, maka dia akan dijamin oleh Allah Subhanahu wa ta’ala (Hadits Riwayat Abu Dawud) ”.

Akan Terhindar Dari Gangguan Setan

Lalu untuk Manfaat Shalat Wajib Berjamaah Yang Kelima adalah akan terhindar dari Gangguan Setan dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Tidaklah 3 orang di suatu desa yg tidak mengerjakan Shalat Secara Berjamaah di Lingkungan mereka, melainkan Setan sudah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian mengerjakan Shalat Berjamaah karena sesungguhnya Serigala itu hanya akan menerkam Kambing yang sedang Sendirian, jauh dari kawan – kawannya (Hadits Riwayat Abu Daud dan An Nasa’i) ”.

Selain itu Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah di Masjid lainnya akan dimuliakan oleh Allah SWT karena seorang Muslim yang mengerjakan Shalat di Rumah Allah ( di Masjid) maka mereka akan dimuliakan oleh Allah SWT. Hadits Riwayat Ath Thabrani berbunyi : ” Barang siapa yg Berwudhu di Rumah -nya dg Sempurna, lalu mendatangi Masjid, maka dia adalah Tamu Allah, dan siapa yg di kunjungi nya wajib memuliakan Tamunya (Hadits Riwayat Ath Thabrani) ”.

Itulah pembahasan mengenai Keutamaan – Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah yang bisa kalian pahami dan semoga ulasan ini bisa berguna serta bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri sekali lagi bahwa ulasan ini juga banyak di cari selain ulasan tentang Niat Shalat Wajib BerjamaahOleh karena itu dengan adanya ulasan tentang Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah ini maka Penulis sangat berharap bahwa apa yang telah Penulis tuliskan disini bisa menjadi suatu Motivasi untuk kalian untuk mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu Secara Berjamaah, karena walaupun Shalat Secara Sendirian itu boleh tetapi Shalat Berjamaah itu lebih baik daripada Shalat Sendiri.

Incoming search terms:

  • 5 keutamaan shalat berjamaah
  • hadits tentang kelebihan shalat berjamaah
  • 5 kemuliaan yang allah berikan kepada orang yang melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah yaitu
  • keistimewaan sholat jamaah
  • keistimewaan sholat berjamaah
  • ke istimrwaan solat jamaah
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1842 rN9KEZ35qfXfVxjDq5JjcdIhVxZAfIXebZstjKZpFw3xM1puWxkzxoyPKcR2jf0Z 1f1fb69eb9fd9e719c4c29f615570f585116e76c&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • tujuh keutamaan sholat berjemaah
  • fadilah orang yang berjamaah 5 waktu
  • fadhilah sholat sunah tasbih dan keistimewaan orang yang selalu mengerjakannya
5 Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah Menurut Hadits Nabi | materiislam | 4.5