Manfaat dan Keutamaan Shalat Witir Menurut Hadits

Manfaat dan Keutamaan Shalat Witir – Sebelum membahas terlebih jauh tentang Keutamaan Shalat Sunnah Witir, ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim untuk mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang Apa itu Shalat Sunnah Witir didalam Ajaran islam. Dan langsung saja untuk Pengertian Shalat Witir Dalam Islam adalah salah satu Shalat Sunnah Malam yang dapat dikerjakan oleh Tiap Tiap Muslim – Muslimah sebagai Suatu Ibadah Tambahan bagi kalian, dan dapat dikerjakan di Malam Hari selepas kalian menunaikan Shalat Wajib Isya sampai sebelum terbitnya Fajar atau sebelum masuk Waktu Shalat Wajib Subuh.

Lalu didalam Tata Cara Shalat Sunnah Witir masih sama seperti Shalat Sunnah Malam lainnya, hanya saja Shalat Sunnah Malam Witir ini dikerjakan dg Jumlah Raka’at Ganjil Minimal sebanyak Satu Raka’at dan Maksimal sebanyak 11 Raka’at sehingga kalian bisa menunaikan Shalat Sunnah Witir ini dengan pilihan 1, 3, 5, 7, 9 sampai 11 Raka’at. Kemudian untuk Hukum Mengerjakan Shalat Witir ini sudah tentu Sunnah, tetapi telah dianjurkan dan disunnahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dikerjakan sehingga alangkah baik sekali bagi kalian untuk mengerjakan Shalat Sunnah Malam Witir ini

Hal ini seperti dijelaskan dlm Hadits Kharijah bin Hudzafah Al Adwi menceritakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pernah keluar menemui Kami dan Beliau bersabda: ” Sesungguhnya Allah SWT sudah menambahkan kepada kalian dg Satu Shalat, yg Shalat itu lebih baik untuk diri kamu daripada Unta yg Merah, yaitu Shalat Witir. Waktu Mengerjakannya Allah berikan kepada Kamu dari Sehabis Isya sampai Terbit Fajar ”. Lalu dari Hadits Ali bin Abi Thalib Ra menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Wahai Ahli Al-Qur’an tunaikanlah Shalat Witir, sesungguhnya Allah itu Ganjil (Witir) dan menyukai sesuatu yg Ganjil ”.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Witir Menurut Hadits Lengkap

manfaat dan keutamaan shalat witir menurut hadits

Dengan melihat Kedua Hadits diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Sunnah Malam Witir ini telah disunnahkan dan sudah dikerjakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam ketika Beliau masih Hidup. Dengan melihat fakta itu pula di kesempatan ini Penulis akan membahas lengkap tentang Keutamaan – Keutamaan Mengerjakan Shalat Witir yang ditulis Menurut Hadits – Hadits Shahih tentang Shalat Sunnah Witir, karena Penulis sangat berharap dengan adanya pembahasan tentang Manfaat Shalat Witir ini maka kalian sebagai Pembaca Muslim lebih mengenal Shalat Sunnah Malam Witir, dan sebagai Motivasi kepada Kalian (Umat Muslim) untuk mengerjakan Shalat Sunnah Malam Witir ini. Langsung saja Rahasia – Rahasia Shalat Witir bisa kalian lihat dibawah ini :

Mendapatkan Pahala Sunnah Yg Banyak

Sekali lagi Shalat Malam Witir merupakan salah satu Shalat Sunnah Malam yang telah dianjurkan (Disunnahkan) untuk dikerjakan oleh kalian (Umat Muslim), dan Hadits Ali bin Abi Thalib Ra berkata bahwa : ” Shalat Witir itu tidaklah Wajib sebagaimana Shalat Fardhu (Shalat Wajib 5 Waktu), akan tetapi Witir adalah Sunnah yg sudah ditetapkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam ”. Oleh karena itu dengan melihat Hadits diatas maka akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg banyak bagi tiap tiap Muslim – Muslimah yg menunaikan Shalat Sunnah Witir dan Shalat Sunnah lainnya karena telah mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Shalat Witir di Sukai Oleh Allah

Lalu Keutamaan Shalat Witir Sebelum Tidur Yang Kedua selain akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg Banyak adalah Shalat Witir merupakan Shalat Sunnah yang dicintai dan disukai oleh Allah Subhanahu wa ta’ala karena Shalat Sunnah Malam Witir itu dikerjakan dengan Jumlah Raka’at yang Ganjil dan Allah Subhanahu wa ta’ala menyukai Sesuatu yang Ganjil. Dalam hal ini bisa kalian lihat dan baca didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berbunyi : ” Sesungguhnya Allah itu Ganjil (Tunggal) dan Allah menyukai Orang2 yg mengerjakan Shalat Witir, maka Shalat Witirlah Wahai para Ahli Al-Qur’an ”.

Mengerjakan Shalat Witir di Saksikan Malaikat

Sedangkan untuk Keistimewaan Shalat Witir Yang Ketiga adalah Shalat Witir disaksikan oleh Malaikat dan para Malaikat turun ke Bumi dan ikut mendoakan Orang – Orang yang melaksanakan Shalat Witir di penghujung malam (Waktu Sepertiga Malam Terakhir). Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yg berbunyi: ” dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia mengerjakan Shalat Witir di akhir malam, karena Shalat di akhir malam disaksikan oleh para malaikat dan hal itu adalah lebih utama (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Sebagai Tambahan Shalat Untuk Dirimu

Lalu didalam Hikmah Mengerjakan Shalat Witir di Malam Hari Yang Keempat adalah sebagai suatu Ibadah Shalat Tambahan bagi dirimu selain Shalat Wajib Lima Waktu. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Ahmad bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Sesungguhnya Allah SWT sudah memberikan kalian Tambahan Shalat, yakni Shalat Witir. Maka Shalat Witirlah kalian antara Waktu Shalat Fardhu Isya sampai Waktu Shalat Fardhu Subuh (Hadits Riwayat Ahmad) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih lainnya yg berbunyi : ” Sesungguhnya Allah SWT sudah memberikan kalian Tambahan Shalat, maka Periharalah dia yakni Shalat Witir ”.

Penyempurna dan Penutup Shalat Malam

Keutamaan Shalat Witir Kelima adalah sebagai Penyempurna dan Penutup Shalat Sunnah Malam baik itu Shalat Sunnah Malam yg dilakukan sebelum tidur seperti Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Istikharah dan Shalat Sunnah Taubat, maupun sebagai penutup Shalat Sunnah Malam yg dilakukan setelah bangun tidur seperti Shalat Sunnah Tahajud karena Tujuan Mengerjakan Shalat Witir memang sebagai Penutup Shalat Malam diantara Shalat, baik itu Penutup untuk Shalat Wajib Isya maupun Penutup bagi Shalat Sunnah Malam. Hal ini sebagaimana Hadits Shahih yg berbunyi : ” Jadikanlah akhir Shalat kalian di Malam Hari dengan Shalat Witir ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Shalat Witir yang ditulis secara lebih lengkap dengan Referensi Hadits – Hadits Shahih. Semoga saja ulasan tentang Shalat Sunnah Witir ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Masyarakat Muslim di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa Shalat Sunnah Witir salah satu Shalat Sunnah selain Niat Shalat Sunnah Dhuha, Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Istikharah dan Shalat Sunnah Taubat yang sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim yang ada di Indonesia.

Untuk itu dengan adanya pembahasan dan ulasan tentang Shalat Sunnah Witir secara lebih dalam maka diharapkan sekali bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk semakin termotivasi untuk menunaikan Shalat Sunnah Malam Witir karena tidak dipungkiri sekali lagi bahwa Keutamaan Shalat Witir memang sangatlah banyak, sehingga sangat disayangkan jika terlewat begitu saja oleh kalian sebagai Umat Muslim.

Incoming search terms:

  • rahasia sholat witir
  • carilah manfaat dari sholat witir
Manfaat dan Keutamaan Shalat Witir Menurut Hadits | materiislam | 4.5