5 Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha – Pembahasan mengenai Shalat Dhuha didalam Islam adalah salah satu Sholat Sunnah yang dapat ditunaikan oleh setiap Muslim – Muslimah dengan Minimal Raka’at sebanyak 2 Raka’at dan Maksimal sebanyak 12 Raka’at. Untuk Waktu Sholat Sunnah Dhuha ini dilakukan di Pagi Hari sampai masuk waktu sholat dzuhur di Siang Hari, dan Sholat Sunnah Dhuha telah disunnahkan untuk dikerjakan oleh Umat Muslim karena selain telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dikerjakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sendiri juga mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha.

Dalam hal ini bisa kalian lihat di dalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud bahwa dari Ummu Hani berkata : ” Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Sholat Dhuha sebanyak 8 Raka’at dan ber Salam tiap Dua Raka’at (Hadits Shahih Riwayat Abu Dauh) ”. Dan didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa dari Abu Hurairah Ra, beliau berkata: ” Kekasihku (Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam) mewasiatkan kepadaku 3 Perkara yakni Puasa Tiga Hari Setiap Bulan (Ayyamul Bidh), Sholat Sunnah Dhuha Dua Raka’at dan Sholat Sunnah Witir sebelum Tidur (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Dengan melihat Kedua Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Sholat Sunnah Dhuha ini juga dikerjakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan telah dianjurkan untuk dikerjakan oleh kalian Umat Muslim sebagai Ibadah Sholat Sunnah tambahan bagi kalian, selain mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap hari. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha Menurut Hadits Shahih pun sangatlah banyak sehingga sangatlah disayangkan bahwa Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha yg banyak ini tidak diusahakan untuk didapatkan oleh kalian sebagai seorang Muslim.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits Lengkap

manfaat dan keutamaan sholat dhuha menurut hadits

Untuk itu didalam artikel ini akan saya ulas dan berikan informasi secara lebih detail mengenai Keistimewaan Sholat Dhuha kepada Para Pembaca Muslim di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Dhuha merupakan salah satu Sholat Sunnah yang sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia, dan selain itu dengan adanya informasi mengenai Rahasia Sholat Dhuha Menurut Hadits Shahih ini maka Pembaca Muslim menjadi lebih Semangat dan Rajin dalam mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha ini sebagai tambahan Ibadah bagi kalian. Langsung saja ulasan tentang Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits – Hadits Shahih bisa dilihat dibawah ini :

Mendapatkan Pahala Sholat Sunnah

Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha pertama adalah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah yang banyak, selain Pahala Sholat Wajib Lima Waktu yang dikerjakan oleh kalian (Umat Mukmin) disetiap Harinya. Hal ini dikarenakan Sholat Sunnah Dhuha telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Beliau (Rasulullah) telah bersabda didalam Hadits Riwayat Tirmidzi dan Abu Majah berbunyi : ” Barangsiapa Shalat Dhuha Dua Belas Raka’at, Allah akan membuatkan untuknya Istana di Surga (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”.

Selain Hadits Riwayat Tirmidzi dan Abu Majah diatas, terdapat Hadits lain yakni didalam Hadist Shahih Riwayat Tirmidzi bahwa dari Anas bin Malik mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Barangsiapa yg mengerjakan Sholat Subuh Secara Berjamaah dan dia duduk sambil Berdzikir pada Allah sampai Matahari Terbit, lalu dia mengerjakan Sholat Dua Raka’at, maka dia seperti mendapatkan Pahala Haji dan Umroh. Beliau pun bersabda, ” Pahala yg Sempurna, Sempurna dan Sempurna (Hadits Riwayat Tirmidzi No : 586) ”.

Sebagai Pengganti Sedekah Seluruh Persendian

Lalu Keajaiban Mengerjakan Shalat Dhuha Kedua adalah sebagai pengganti Sedekah diseluruh Persendian Manusia karena Manusia memiliki Persendian sebanyak 360, terdapat Hadits Riwayat Muslim bahwa dari Aisyah pernah menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Sesungguhnya Setiap Manusia Keturunan Adam itu diciptakan dlm keadaan mempunyai 360 Persendian (Hadits Riwayat Muslim Nomor 1007) ”. Dan Persendian – Persendian tersebut diharuskan untuk Bersedekah disetiap harinya, tetapi 360 Persendian yang diharuskan bersedekah tersebut bisa diganti dengan Sholat Dhuha Dua Raka’at.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Pada Pagi Hari diharuskan bagi Seluruh Persendian diantara Kalian untuk Bersedekah. Di setiap Bacaan Tasbih (Subhanallah) dapat sebagai Sedekah, disetiap Bacaan Tahmid (Alhamdulillah) itu juga bisa sebagai Sedekah, disetiap Bacaan Tahlil (Laa ilaaha illallah) dapat sebagai Sedekah, dan disetiap Bacaan Takbir (Allahu Akbar) juga dapat sebagai Sedekah. Begitu pula Amar Ma’ruf dan Nabi Mungkar adalah Sedekah. Ini semua dapat diganti (Dicukupi) dg menunaikan Shalat Dhuha Dua Raka’at (HR. Muslim, no 720) ”.

Dicukupi Kebutuhannya Sepanjang Hari

Manfaat Mengerjakan Sholat Dhuha Ketiga adalah dapat mencukupi Kebutuhan bagi setiap Muslim – Muslim yang mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha, atau bisa dikatakan bahwa Sholat Sunnah ini bisa memudahkan dan melancarkan Rezeki kalian. Manfaat Sholat Dhuha yang seperti ini telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi :

” Shalat Dhuha bisa mendatangkan Rezeki dan Menolak Kefakiran (Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”. Selain Hadits Shaihih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah ini, terdapat Hadits lain yang menerangkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda didalam Hadits Qudsi bahwa Allah SWT berfirman : ” Wahai anak Adam, jangan sekali – kali Engkau malas menunaikan Shalat Dhuha Empat Raka’at karena dengan tersebut, Aku akan cukupkan Kebutuhanmu pada Sore Harinya (Hadits Riwayat Hakim dan Thabrani) ”.

Dapat Menghapuskan Dosa Kalian

Kemudian Keutamaan Sholat Dhuha Yang Keempat adalah dapat menggugurkan atau menghapuskan dosa – dosa yang sudah pernah dilakukan baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja. Hal ini seperti diterangkan didalam Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Siapapun yg menunaikan Sholat Dhuha dengan Langgeng, maka akan diampuni Dosanya oleh Allah SWT, sekalipun Dosa itu sebanyak Buih di Lautan (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi) ”.

Selain itu didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersaba : ” Barangsiapa yg masih berdiam diri di Masjid atau Tempat Sholatnya sesudah Sholat Subuh karena melakukan Iktikaf, Berdzikir dan mengerjakan Sholat Dhuha Dua Raka’at disertai tidak berkata sesuatu kecuali Kebaikan, maka Dosa – Dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi Buih di Lautan (Hadits Riwayat Abu Daud) ”.

Termasuk Sholatnya Orang Awwabin

Keutamaan Melakukan Sholat Dhuha Yang Kelima adalah termasuk kedalam Orang Awwab (Orang Yg Kembali Taat) dan dalam hal ini telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Ibnu Khuzaimah yang dihasankan oleh Syaikh Al Albani bahwa, dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Tidaklah menjaga Sholat Sunnah Dhuha, melainkan Orang Yg Kembali Taat (Awwab). Inilah Sholat Awwabin atau Sholatnya Orang Yg Kembali Taat (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Khuzaimah) ”.

Demikianlah pembahasan yang lebih lengkap dan detail mengenai Keutamaan – Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits yg bisa kalian dapatkan ketika mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha Dua Raka’at di Setiap Pagi Hari. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa ulasan mengenai Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha ini banyak dicari oleh Pembaca Muslim, selain ulasan Tata Cara dan Niat Sholat Dhuha yang baik dan benar menurut hadits shahih sehingga dengan adanya ulasan ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian para Pembaca Muslim di Indonesia.

Incoming search terms:

  • keutamaan sholat dhuha berdasarkan hadits shahih
  • manfaat shalat dhuha menurut rasul
5 Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits | materiislam | 4.5