Manfaat dan Keutamaan Sholat Dzuhur Bagi Umat Muslim

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dzuhur Pembahasan mengenai Sholat Dzuhur dalam Ajaran Islam adalah salah satu Sholat Wajib Lima Waktu yg harus dikerjakan dan wajib dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah sehingga akan mendapatkan Pahala Yg Banyak bagi setiap Muslim yg menunaikan Sholat Wajib Dzuhur, dan akan mendapatkan Dosa Yg Besar bagi Setiap Muslim yang meninggalkan atau tidak mengerjakan secara sengaja Sholat Dzuhur ini. Lalu untuk Sholat Dzuhur ini dilakukan sebanyak Empat Raka’at dan dikerjakan dimulai ketika tergelincirnya matahari atau Zawalus Syamsi sampai masuknya waktu sholat wajib ashar.

Adapun Waktu Awal Sholat Dzuhur Zawalus Syamsi ini artinya adalah waktu dimana posisi matahari berada di atas kepala kita, tetapi mulai bergerak ke arah barat sedikit dan pada waktu tersebut kebanyakan Orang-Orang sedang dalam kesibukan aktivitas bekerja. Diceritakan pula bahwasanya pada Waktu Sholat Dzuhur ini Pintu Langit sd terbuka dan siap memberikan pahala kepada Muslim yg melaksanakan Sholat Dzuhur sehingga hal ini tentunya menjadi kesempatan emas bagi kita (Umat Muslim) untuk melakukan Sholat Dzuhur, dan jangan sampai kita merugi tidak menunaikan sholat dhuhur karena kepentingan duniawi semata.

Mungkin bisa kalian baca salah satu Isi Kandungan Surat dalam Al Qur’an, yakni Surat Ar Rum Ayat 31 yang berbunyi : ” Dengan kembali bertaubat kepadanya (Tuhan) dan bertakwalah kepadanya, serta kerjakanlah Sholat dan janganlah km termasuk Orang-Orang yg mempersekutukan Allah (QS. Ar-Rum, Ayat : 31) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi: ” Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab atas seorang hamba pada hari kiamat adalah perkara Sholat, apabila Sholat-nya baik, maka baik pula seluruh amalan ibadah lainnya, kemudian semua amalannya akan dihitung atas hal itu (HR. Nasa’i) ”.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dzuhur di Ajaran Islam

manfaat dan keutamaan sholat dzuhur lengkap

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas maka sudah bisa kalian pahami sendiri bahwa Sholat Dzuhur itu sangatlah penting dan harus dilakukan karena sekali lagi Sholat Dzuhur itu salah satu Sholat Wajib Lima Waktu yg harus dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah. Untuk itu disini Penulis akan memberikan ulasan secara lebih detail mengenai Keutamaan Mengerjakan Sholat Dzuhur, dan diharapkan dengan adanya ulasan detail ini maka bisa memberikan Motivasi kepada kalian Pembaca Muslim untuk selalu mengerjakan Sholat Dzuhur dan Sholat Wajib Lima Waktu lainnya.

Mendapatkan Pahala dan Terhindar Dosa

Langsung saja untuk Keistimewaan Mengerjakan Sholat Dzuhur Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Yang Banyak yang bisa menjadi salah satu Sebab Kalian masuk kedalam Jannah (Surga), selain itu akan terhindar dari Dosa Besar yang bisa menjerumuskan kedalam Neraka Jahannam. Dalam hal ini dikarenakan kalian sebagai Umat Muslim telah melakukan dan mengerjakan apa yang sudah menjadi Kewajiban Kalian sebagai Umat Islam sehingga sekali lagi dengan selalu mengerjakan Sholat Wajib Dzuhur maka kalian akan mendapatkan Pahala dan Keistimewaan Sholat Dzuhur, serta terhindar dari Dosa Besar.

Dapat Menghapuskan Dosa Yg Lalu

Lalu untuk Keajaiban Mengerjakan Sholat Dzuhur Yang Kedua adalah dapat menghapuskan Dosa Seorang Muslim – Muslimah yang lalu, malahan jika konsisten dan disiplin mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap hari mampu membuat Umat Mukmin bersih dari Dosa – Dosa. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Permisalkan Sholat Lima Waktu itu seperti sebuah Sungai yg mengalir melimpah di Dekat Pintu Rumah dari salah seorang diantara kalian. Dia Mandi dari Air Sungai tersebut setiap hari 5 kali, tentu tidak tersisa kotoran (Dosa) sedikit pun dibadan-nya (Hadits Riwayat Muslim, No. 668) ”.

Shalat itu Cahaya di Dunia dan Akhirat

Hikmah Mengerjakan Sholat Dzuhur Yang Ketiga adalah akan mendapatkan Cahaya karena dengan selalu mengerjakan Sholat Dzuhur maka kalian telah menjaga Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat itu Cahaya. Bisa kalian baca didalam Hadits Shahih Riwayat Ahmad bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Siapa yg menjaga Sholat Wajib Lima Waktu, baginya Cahaya, Bukti dan Keselamatan di Hari Kiamat Kelak. Siapa yg tidak menjaga-nya maka dia tidak akan mendapatkan Cahaya, Bukti dan juga tidak memperoleh Keselamatan. Pada Hari Kiamat, dia akan bersama Qor’un, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Kholaf (Hadits Riwayat Ahmad, Nomor 2:169) ”.

Terapi Jantung dan Melancarkan Pencernaan

Lalu untuk Manfaat Mengerjakan Sholat Dzuhur Yang Keempat adalah sebagai sarana terapi Jantung dan Usus Kecil karena setelah beraktifitas dari Pagi Hari, Jantung Manusia bekerja secara terus menerus dibawah tekanan pekerjaan. Menurut kaidah ilmu kesehatan China, waktu yang paling tepat untuk Terapi Jantung adalah jam 11.00 – 13.00 Siang sehingga dengan melaksanakan Sholat Dzuhur, relaksasi akan tercapai melalui air wudhu sehingga perlahan panas jantung akan kembali normal.

Selain itu Manfaat Sholat Dzuhur Bagi Kesehatan yang lainnya adalah dapat memperlancarkan Sistem Pencernaan Manusia karena pada waktu siang hari, mengurangi makan adalah amalan yang dianjurkan agar mengurangi beban kerja organ pencernaan. Apabila dibarengi dengan sholat dhuhur, tubuh akan terasa segar dan sistem pencernaan akan terasa lebih lancar, selain itu sudah tentu masih banyak Keutamaan Sholat Dzuhur bagi Kesehatan Manusia lainnya yang sangat berguna bagi Setiap Muslim – Muslimah.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai Keutamaan – Keutamaan Sholat Dzuhur yang bisa Penulis jelaskan kepada kalian para Pembaca Muslim dan semoga ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian karena tidak bisa dipungkiri bahwa ulasan ini banyak dicari oleh kalangan Pembaca Online Muslim, selain ulasan tentang Niat Sholat Wajib Dzuhur sehingga sangat diharapkan sekali bahwa ulasan ini dapat berguna dan bisa menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi kalian, karena sekali lagi sudah tugas sesama Muslim untuk memberikan Ilmu Yg Bermanfaat bagi sesama Muslim lainnya.

Incoming search terms:

  • keutamaan sholat duhur
  • keutamaan shalat dzuhur
  • keajaiban sholat dzuhur
  • manfaat sholat dzuhur
  • hadits shohih tentang fadilah mengerjakan sholat dzuhur
  • hadist tentang sholat dhuhur
  • fadilah dhuhur
  • keutamaan shalat dhuhur
  • cahaya islam ke utama an sholat zuhur
  • keutamaan shalat zuhur
Manfaat dan Keutamaan Sholat Dzuhur Bagi Umat Muslim | materiislam | 4.5