Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Isya Menurut Hadits

Keutamaan Sholat Isya – Pengertian Sholat Isya adalah salah satu termasuk kedalam Sholat Wajib Lima Waktu didalam Ajaran Islam karena untuk Sholat Wajib atau Sholat Fardhu sendiri antara lain Sholat Subuh, Sholat Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib dan Sholat Isya. Dengan melihat namanya maka sudah tentu bahwa Sholat Fardhu Isya sudah diwajibkan untuk dikerjakan bagi Setiap Muslim – Muslimah sehingga akan mendapatkan Dosa Besar jika Seorang Mukmin tidak menunaikan Sholat Isya ini disetiap harinya.

Tetapi akan mendapatkan Pahala Banyak dan memperoleh Manfaat Sholat Isya bagi setiap Muslim yang selalu taat dalam menunaikan Sholat Isya dan Sholat Wajib Lima Waktu lainnya disetiap harinya. Selain itu Allah SWT juga telah memerintahkan kita sebagai Orang Yang Beriman untuk selalu mengerjakan Sholat, dan salah satu Firman Allah didalam Al-Qur’an tentang perintah mendirikan Sholat telah ada pada Surat Al-Baqarah Ayat 43 yang berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, tunaikanlah Zakat dan Rukulah bersama orang – orang yg ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”.

Sedangkan didalam Waktu Mengerjakan Sholat Wajib Isya ini bisa kalian kerjakan ketika telah memasuki Waktu Sholat Isya, yakni di Malam Hari dan lebih tepatnya diawali dengan Hilangnya Syafaq (Cahaya Merah) dilangit Barat dan Batas Waktu Sholat Isya ini terjadi ketika munculnya Fajar Shaddiq di langit Timur atau sebelum masuk waktu sholat subuh. Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa Waktu Sholat Wajib Isya sangatlah banyak (Panjang), namun sangat dianjurkan untuk menunaikan Sholat Isya ini di Awal Waktu dan dikerjakan secara Berjamaah.

Hal tersebut dikarenakan Keutamaan Sholat Isya Secara Berjamaah (Makmum) itu lebih banyak dan lebih baik, jika dibandingkan dengan mengerjakan Sholat Wajib Isya Secara Sendirian. Lalu dianjurkan sekali bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mengerjakan Sholat Sunnah di Malam Hari setelah mengerjakan Sholat Isya, seperti Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Hajat, Sholat Istikharah, Sholat Taubat maupun Sholat Witir karena Keutamaan Sholat Sunnah di Malam Hari adalah bisa dijadikan sebagai Ibadah dan Pahala Tambahan bagi kalian.

Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Isya Menurut Hadits

keutamaan - keutamaan sholat isya menurut hadits

Setelah kalian sedikit memahami mengenai Sholat Wajib Isya di Malam Hari ini, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian para Pembaca Muslim untuk mengetahui Keistimewaan Sholat Isya yang bisa kalian dapatkan ketika menunaikan Sholat Wajib Isya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Keajaiban Sholat Isya memang banyak dan sudah banyak dijelaskan didalam Hadits – Hadits Shahih dan didalam Kitab Suci Al Qur’an. Mungkin bisa kalian Langsung lihat penjelasannya di bawah ini :

Memperoleh Pahala Yang Banyak

Hikmah Mengerjakan Sholat Isya yang pertama adalah akan mendapatkan Pahala yang banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar karena sekali lagi Sholat Isya merupakan salah satu Sholat Wajib Lima Waktu yang harus dikerjakan dan dilaksanakan setiap harinya sehingga akan mendapatkan Pahala bagi yg mengerjakannya, dan akan mendapatkan dosa bagi yg meninggalkannya. Hal tersebut seperti telah diterangkan didalam Al Qur’an, bahwa Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim) sdh diperintahkan oleh Allah SWT untuk mendirikan (Mengerjakan) Sholat.

Seperti Firman Allah SWT dlm Surat Al Baqarah Ayat 43 berbunyi : ” Dan kerjakanlah Sholat, tunaikanlah Zakat dan Ruku’lah bersama orang – orang yg ruku (QS. Al Baqarah Ayat 43) ”. Dan Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat HUD Ayat 114 yang berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat itu pada Kedua Tepi Siang (Pagi dan Petang) dan pd bahagian permulaan daripada Malam. Sesungguh-nya perbuatan2 yg baik itu menghapuskan Dosa perbuatan2 yg buruk. Itulah peringatan bagi orang2 yg ingat (QS. HUD, Ayat 114) ”.

Bukan Termasuk Muslim Yang Munafik

Keutamaan Mengerjakan Sholat Isya Yang Kedua adalah terhindar dari ciri – ciri orang muslim yang Munafik. Sholat Isya merupakan salah satu Sholat Wajib Lima Waktu dan mempunyai keutamaan yg Banyak bagi yg mengerjakannya, tetapi Shalat isya merupakan shalat yg sulit untuk dilakukan karena waktu datangnya shalat isya bersamaan dengan waktu istirahat sehingga akan timbul rasa malas yg menyebabkan enggan melakukannya sholat wajib isya, dan orang – orang muslim yg sering melalaikan Sholat Isya karena Rasa Malas inilah yg merupakan ciri – ciri orang Muslim yang munafik.

Hal ini telah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: ” Sholat yang terasa paling berat bagi orang yg munafik adalah Waktu Sholat Isya dan Sholat Subuh. Apabila mereka mengetahui keutamaan dari kedua Shalat tersebut, niscaya mereka akan mendatanginya walaupun dengan cara merangkak (Hadits Riwayat Bukhari No. 141 dan Muslim No. 651) ”. Selain itu didalam Hadist Riwayat Muslim berbunyi: ” Barang siapa yg mendirikan Sholat Isya berjama’ah seolah dia telah Sholat Malam selama separuh malam. Dan barang siapa yg Sholat Shubuh berjamaah seolah dia telah Sholat seluruh malamnya (HR. Muslim no. 656)

Sholat Isya Dapat Menghapus Dosa

Kebaikan Mengerjakan Sholat Isya yang termasuk kedalam Sholat Wajib Lima Waktu adalah dapat menghapuskan dan mencuci Dosa Dosa kita. Hal ini seperti dijelaskan oleh Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa dari Abu Hurairah Ra mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Tahulah kalian, seandainya terdapat sebuah Sungai di dekat Pintu salah seorang dari kalian. Lalu dia Mandi dari Air Sungai tersebut Lima Kali setiap hari, apakah akan tersisa kotoran nya walau sedikit ? ”. Para Sahabat lalu menjawab, ” Tidak akan tersisa sedikit pun kotoran nya ”.

Lalu Nabi Muhammad SAW berkata, ” Maka begitulah perumpamaan Sholat Lima Waktu, dengan nya Allah akan menghapuskan Dosa (Hadits Riwayat Bukhari No. 528 dan Muslim No. 667) ”. Dan Hadits Muslim lainnya menjelaskan, dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Diantara Sholat yg Lima Waktu, diantara Jum’at yg satu dan Jum’at lainnya, diantara Ramadhan yg satu dan Ramadhan yg lainnya, itu akan menghapuskan Dosa diantara kedua -nya selama seseorang menjauhi Dosa – Dosa yg besar (Hadits Riwayat Muslim, No. 233) ”.

Mendapatkan Cahaya di Dunia dan akhirat

Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Lima Waktu yang lainnya adalah akan mendapatkan Cahaya baik itu Cahaya di Dunia maupun Cahaya di Akhirat. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi: ” Berilah kabar gembira kepada Orang yg berjalan di Masjid dlm keadaan yg Gelap bahwasanya kelak Dia akan mendapatkan Cahaya Sempurna di Hari Kiamat (Hadits Riwayat Abu Daud No. 561 dan Tirmidzi No. 223) ”.

Selain itu, terdapat Hadits Shahih Riwayat Ahmad yang menerangkan bahwa, dari Abdullah bin Amr bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Siapa yg menjaga Sholat Lima Waktu, bagi -nya Cahaya, bukti dan keselamatan pd hari Kiamat. Siapa yg tidak mengerjakannya, maka dia tidak akan mendapatkan Cahaya, Bukti dan juga tidak mendapatkan Keselamatan. Pada hari kiamat kelak, dia akan bersama Qurun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Kholaf (Hadits Riwayat Ahmad) ”.

Itulah Keutamaan – Keutamaan Sholat Isya sebagai salah satu Sholat Wajib Lima Waktu yang bisa didapatkan bagi setiap Muslim – Muslimah yang selalu mengerjakan Sholat Wajib Isya dan selalu menjaga Sholat Wajib Lima Waktu lainnya disetiap hari. Semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian para Pembaca Muslim – Muslimah yang ada di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa Mayoritas Masyarakat Indonesia merupakan Umat Muslim sehingga sudah tentu informasi seperti masih banyak yang mencari dan membutuhkannya.

Incoming search terms:

  • keistimewaan sholat isya
  • keutamaan sholat isya
  • keutamaan shalat isya
  • kebaikan sholat isya
  • keajaiban sholat isya
  • keutamaan sholat subuh dzuhur ashar maghrib isya
  • keisimewaan isya
  • Ke istimewaan shlat wajib
  • waktu dan mamfaat sholat israk
  • keistimewaan solat isya
Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Isya Menurut Hadits | materiislam | 4.5