Manfaat dan Keutamaan Sholat Maghrib Menurut Hadits

Keutamaan Sholat Maghrib – Sholat Lima Waktu dalam Sehari menjadi Ibadah utama bagi setiap Muslim Muslimah yang dapat menentukan baik buruknya keseluruhan hidup manusia karena Sholat Lima Waktu merupakan Tiang Agama, sehingga barangsiapa yang tidak mengerjakan Sholat maka artinya telah merobohkan Agamanya tersebut. Dan Sholat Lima Waktu yang telah diperintahkan untuk dilakukan sebanyak Lima kali dlm sehari ini terdiri dari Sholat Subuh, Sholat Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib serta Sholat Isya, dan untuk Sholat Maghrib ini sendiri salah satu Sholat Fardhu yang terdiri dari Tiga Raka’at dan dikerjakan di Malam Hari.

Adapun Waktu Mengerjakan Sholat Maghrib lebih tepatnya dilakukan ketika terbenamnya Matahari sampai masuknya waktu sholat wajib isya yakni ketika hilangnya Cahaya Merah (Syafaq) di langit Barat, hal ini seperti dijelaskan didalam Hadits Riwayat Muslim nomor 1388: ” Waktu Sholat Maghrib adalah bila matahari telah tenggelam selama belum jatuh/hilang syafaq (HR. Muslim) ”. Namun yang mesti kalian ketahui bahwa didalam Waktu Sholat Maghrib tersebut merupakan waktu dimana Zat Melatonin didalam Tubuh Manusia meningkat dan bersifat menenangkan diri sehingga diwaktu tersebut kebanyakan Orang lebih mudah untuk tertidur dan malas – malasan.

Tidak jarang banyak Masyarakat Muslim – Muslimah yang meninggalkan dan tidak mengerjakan Sholat Wajib Maghrib karena rasa malas dan tertidur di waktu tersebut, padahal yang mesti kalian tahu bahwa bahwa Keistimewaan Sholat Maghrib ini sangatlah banyak jika dikerjakan oleh setiap Muslim. Salah satunya ialah akan mendapatkan Pahala Banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar karena sekali lagi Sholat Maghrib ini merupakan Sholat Fardhu Lima Waktu yg Wajib dikerjakan, apalagi jika Sholat Wajib Maghrib ini dikerjakan secara Berjamaah (Makmum) maka akan bertambah banyak lagi Pahala yang akan didapatkan oleh kalian.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Maghrib Menurut Hadits

keutamaan - keutamaan sholat maghrib lengkap

Dengan melihat fakta bahwa didalam Waktu Sholat Maghrib yg relatif sedikit dan merupakan waktu dimana banyak Manusia dg mudahnya merasakan Malas dan Tertidur karena Zat Melatonin didalam Tubuh Manusia meningkat. Maka dikesempatan ini saya akan berikan ulasan mengenai Manfaat Sholat Maghrib yg bisa kalian dapatkan ketika mengerjakan Sholat Maghrib, karena setidaknya jika kalian mengetahui mengenai Hikmah Sholat Maghrib maka kalian bisa memotivasi diri agar bisa melawan rasa malas untuk mengerjakan Sholat Maghrib. Dan mungkin bisa kalian langsung baca penjelasannya dibawah ini :

Mendapatkan Pahala Yang Banyak

Keutamaan Mengerjakan Sholat Maghrib yang pertama adalah akan mendapatkan Pahala yang banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar karena sekali lagi Sholat Maghrib merupakan salah satu Sholat Wajib Lima Waktu yang harus dikerjakan setiap hari oleh setiap Muslim – Muslimah, dan Sholat Wajib Lima Waktu menjadi salah satu penyebab Orang masuk ke dalam Surga dan hal ini telah dijelaskan oleh Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Ma’arij Ayat 34 dan Ayat 35 yang berbunyi : ” Dan Orang – Orang yg memelihara Sholatnya. Mereka itu Kekal di Surga lagi dimuliakan (QS. Al Ma’arij, Ayat : 34 – 35) ”.

Sholat Wajib Maghrib dan Sholat Wajib Lima Waktu lainnya merupakan termasuk Ibadah Rukun Islam Kedua (Lima Pondasi Agama Islam) dan suatu Ibadah yg akan pertama kali dihisab ketika di hari kiamat kelak, dlm hal ini telah dijelaskan oleh Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang berbunyi: ” Sesungguhnya Amalan Ibadah yg pertama kali akan di Hisab dari seorang Hamba di Hari Kiamat ialah Sholatnya. Jika Sholat nya baik, maka sungguh Dia telah beruntung dan sukses. Namun jika Sholatnya Rusak, maka sungguh ia telah Gagal dan Rugi (Hadits Shahih Riwayat Targhib wa Tarhib, no 540, dan Syaikh Al Albani telah mengatakan bahwa Hadits ini Hadits Shahih Lighairihi) ”.

Sholat Menghapuskan Dosa – Dosa

Kemudian Keajaiban dan Kebaikan Mengerjakan Sholat Maghrib yang selanjutnya adalah dapat menghapuskan dosa – dosa yang pernah dilakukan oleh kalian sebagai Seorang Mukmin. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Tidaklah Seorang Mukmin yg datang kepadanya Sholat Fardhu, lalu ia sempurnakan Wudhu -nya dan khusyu nya kecuali Sholat tersebut menjadi penebus bagi apa yg sudah berlalu dari Dosa – Dosa dia, selama tidak dilanggar dosa – dosa besar dan yg demikian itu satu masa seluruhnya (Hadits Riwayat Muslim, no 228) ”.

Selain Hadits Riwayat Muslim tersebut, terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari yang menjelaskan bahwa dari Abu Hurairah Ra, berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Tahulah kalian, seandainya ada sebuah Sungai di Dekat Pintu dari salah seorang dari kalian, lalu dia mandi dari Air Sungai tersebut lima kali dalam sehari, apakah akan tersisa kotoranya walaupun Sedikit ? ”, Para Sahabat lalu menjawab, ” tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya ”. Lalu Nabi Muhammad SAW berkata: ” Maka begitulah perumpamaan Sholat Lima Waktu, dengannya Allah SWT akan mengapuskan Dosa (Hadits Riwayat Bukhari, no 528) ”.

Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan mengenai Keutamaan – Keutamaan Sholat Maghrib yang bisa ditulis diartikel kali ini, dan tentunya masih banyak sekali Keutamaan Sholat Maghrib yang bisa kalian dapatkan selain yang telah dijelaskan diatas karena sekali lagi Sholat Maghrib termasuk kedalam Sholat Wajib Lima Waktu dan Allah SWT sudah memerintahkan bagi Orang – Orang Beriman untuk mengerjakan Sholat, yang telah banyak ditulis didalam Kitab Suci Al Qur’an. Olah karena itu mulai saat ini kalian sebagai seorang Muslim – Muslimah jangan malas dan jangan meninggalkan Sholat Wajib Maghrib dan Sholat Wajib Lima Waktu lainnya, malahan kalau bisa Sholat Maghrib dikerjakan secara Berjamaah karena akan mendapatkan Pahala lebih banyak.

loading...

loading...