Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Tahajud Dalam Hadist

Keutamaan Sholat Tahajud – Diantara Sholat Sunnah didalam Ajaran Agama Islam yang paling dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap Muslim dan Muslimah adalah Sholat Sunnah Malam Tahajud, padahal terdapat Sholat Sunnah Malam lainnya yang bisa dikerjakan oleh setiap Muslim seperti Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Taubat, Sholat Sunnah Hajat dan Sholat Sunnah Tasbih. Bagi kalian yang belum begitu memahami tentang Sholat Sunnah Malam Tahajud ini, mungkin tidak mengetahui jawabannya mengapa Sholat Tahajud begitu dianjurkan untuk dikerjakan.

Padahal sudah sangat jelas bahwa Hukum Menunaikan Sholat Tahajud itu Sunnah, bukanlah wajib sehingga tidak akan mendapatkan dosa dan tidak apa apa jika seorang Muslim dan Muslimah tidak mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud di malam ini. Namun yang mesti kalian ketahui walaupun Sholat Tahajud ini Sunnah, tetapi mengerjakan Sholat Tahajud sudah diperintahkan oleh Allah SWT karena telah ditulis didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 berbunyi, ” Dan pada sebagian Malam Hari, Shalat Tahajud-lah kamu sebagaimana Ibadah tambahan bagi-mu. Mudah – mudahanTuhan kamu mengangkat mu ke tempat yg terpuji (Al Qur’an Surat Al Isra, Ayat : 79) ”.

Melihat Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Isra diatas maka sudah cukup jelas bahwa Sholat Tahajud dikerjakan sebagai Ibadah tambahan kalian sebagai seorang Muslim selain mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu disetiap harinya. Tetapi perlu ditekankan sekali lagi disini bahwa Hukum Sholat Malam Tahajud ini Sunnah, bukanlah Wajib sehingga tidak akan berdosa bagi kalian yang meninggalkan Sholat Tahajud. Namun akan mendapatkan Pahala dan memperoleh Keutamaan Mengerjakan Sholat Tahajud yang banyak sehingga sangat disayangkan jika Sholat Tahajud ini tidak dikerjakan oleh kalian.

Keutamaan Sholat Tahajud Menurut Hadist Shahih Lengkap

keutamaan sholat tahajud dalam hadist lengkap

Untuk itu kali ini penulis akan memberikan ulasan tentang Keutamaan dan Keistimewaan Sholat Tahajud menurut Hadist – Hadist Shahih yang bisa menjadi rujukan kalian untuk semakin semangat untuk mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud ini, karena tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menunaikan Sholat Tahajud sangatlah berat. Hal ini mungkin dikarenakan Waktu Sholat Tahajud dikerjakan di Malam Hari selepas mengerjakan Sholat Isya dengan Syarat harus tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya itu sebentar.

Sehingga jika kalian mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud di Malam Hari, namun tidak tertidur terlebih dahulu walaupun tidur sebentar saja maka Sholat Sunnah tersebut bukanlah Sholat Sunnah Tahajud, melainkan Sholat Sunnah biasa. Dan Syarat Sholat Tahajud itulah yang membuat kita sebagai seorang Muslim sedikit susah untuk mengerjakan Sholat Tahajud karena biasanya jika kita sudah tertidur maka akan malas bangun untuk mengerjakan Sholat. Untuk itu dibawah ini sudah saya berikan ulasan tentang Keutamaan Menunaikan Sholat Tahajud sebagai memotivasi diri kalian sendiri untuk melakukan Sholat Tahajud.

Penyebab Seorang Muslim Masuk Ke Surga

Selain mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu, ternyata Keutamaan Sholat Tahajud bisa memasukan seorang Muslim kedalam Surga. Hal ini dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Az Zariyat Ayat 15 – Ayat 18 yang berbunyi : ” Sesungguhnya orang2 yg bertakwa itu berada dlm taman2 Surga dan Mata Air – Mata Air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia ialah orang-orang yg berbuat kebaikan, di dunia mereka sedikit sekali tidur di malam hari, dan selalu memohonkan ampunan di Waktu Pagi sebelum Fajar (QS. Az Zariyat Ayat 15 – 18) ”.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pun pernah bersabda yang diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Ibnu Majah berbunyi : ” Wahai sekalian Manusia, sebarkan-lah Salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan (Tali Silahturahmi) dan Shalat-lah ketika Manusia terlelap tidur pada Waktu Malam, niscaya kamu akan masuk kedalam surga dengan selamat (Hadist Riwayat Ibnu Majah, yang di Shahihkan oleh Al Albani) ”.

Mendapat Rahmat dan Tempat Terpuji

Dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang berbunyi, ” Semoga Allah SWT merahmati Laki – Laki yg bangun malam, lalu mengerjakan Sholat dan membangunkan Istri-nya. Jika Istri-nya menolak bangun, maka ia memercikkan air di wajah Istri-nya. Juga merahmati Perempuan Muslim yg bangun malam, lalu ia sholat dan membangunkan Suami-nya. Jika sang suami menolak maka dia memercikkan Air di wajah-nya (Hadist Riwayat Abu Daud) ”.

Keutamaan Sholat Tahajud selanjutnya ialah sebagai ibadah tambahan selain Sholat Fardhu Lima Waktu agar mendapatkan tempat yang terpuji disisi Allah SWT. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 yang berbunyi, ” Dan pada sebagian Malam Hari, Shalat Tahajud-lah kamu sebagaimana Ibadah tambahan bagi-mu. Mudah – mudahanTuhan kamu mengangkat mu ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra Ayat 79) ”.

Waktu Mustajab Berdoa Kepada Allah

Untuk Keistimewaan Mengerjakan Sholat Tahajud selanjutnya yang bisa kalian dapatkan adalah termasuk kedalam salah satu Waktu Mustajab-nya suatu doa karena waktu terbaik mengerjakan sholat tahajud adalah di waktu sepertiga malam terakhir. Dan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda ” Sesungguhnya di Malam Hari, terdapat satu saat yg ketika seorang Mukmin meminta kebaikan Dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya dan itu berlangsung setiap Malam (Hadist Shahih Riwayat Muslim no 757) ”.

Lalu diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda berbunyi : ” Allah SWT turun ke Langit Dunia disetiap Malam pada Sepertiga Malam Terakhir. Allah lalu berfirman bahwa siapa yang berdoa kepada ku niscaya akan aku kabulkan. Siapa yg meminta kepadaku maka niscaya akan ku beri. Siapa yg memohon ampunan kepada-ku maka tentu akan ku-ampuni. Demikian-lah keadaan-nya hingga terbit Fajar [HR Bukhari 145 dan Muslim 758] ”.

Golongan Yang Dicintai Oleh Allah SWT

Kemudian Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud selanjutnya adalah termasuk kedalam Golongan Orang Yang Di Cintai Oleh Allah SWT karena terdapat Hadist Shahih Riwayat Thabrani bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Ada Tiga Golongan Manusia yang dicintai oleh Allah SWT dan Golongan Orang tersebut antara lain Orang yang berperang karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan dia diantara satu dari dua pilihan yakni terbunuh didalam perang tersebut atau dimenangkan oleh Allah SWT.

Kedua ialah Orang yg mempunyai Istri yg cantik dan juga kasur yg lembut dan bagus, lalu ia bangun untuk mengerjakan Sholat di Malam Hari maka Allah SWT berkata : Dia meninggalkan Syahwatnya (Nafsunya) untuk mengingat kepada ku, sekiranya ia mau, tentunya ia tidur. Ketiga ialah Orang yang mana bila ia berada dalam perjalanan jauh bersama para Musafir yg bergadang lalu ia tidur maka ia bangun untuk mengerjakan Sholat di Akhir Malam baik dlm kondisi tidak senang maupun senang (HR. Thabrani) ”.

Demikianlah Keutamaan – Keutamaan Sholat Tahajud yang bisa kalian dapatkan jika mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud, dan bisa disimpulkan secara sederhana bahwa dengan melihat Hadist – Hadist Shahih diatas maka sangat disayangkan sekali jika kalian sebagai Muslim dan Muslimah meninggalkan dan tidak mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud karena Keutamaan Sholat Tahajud memang begitu banyak dan benar – benar sebagai Ibadah tambahan yang bagus selain menunaikan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya.

Mungkin cukup sekian saja pembahasan kali ini dan semoga ulasan tentang Sholat Tahajud diatas berguna dan bermanfaat untuk kalian pembaca Muslim di Indonesia. Dan jika menurut kalian ulasan ini bermanfaat maka tolong bantu Share kan ke Teman – Teman Muslim yang lain agar semakin banyak Muslim dan Muslimah yang memahami dan mengetahui akan Keutamaan Sholat Tahajud, supaya mereka bisa mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud disetiap harinya.

loading...

loading...