Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat Sesuai Hadits

Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat – Pengertian tentang Sholat Sunnah Taubat dalam Ajaran Islam adalah Sholat Sunnah Dua Raka’at yang dapat dilakukan oleh Seorang Muslim sebagai bentuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas Kesalahan dan Dosa yang telah dilakukan baik itu Kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja karena tidak bisa dipungkiri bahwa Manusia adalah tempatnya salah dan lupa sehingga ketika Manusia telah melakukan Dosa, baik itu Dosa Kecil maupun Dosa Besar maka salah satu cara agar Allah Subhanahu wa ta’ala mengampuni dosa tersebut adalah dengan melaksanakan Sholat Sunnah Taubat.

Adapun untuk Waktu Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini bisa dikerjakan kapan pun karena Sholat Sunnah Taubat bisa dikerjakan di Pagi Hari, Siang Hari dan Malam Hari. Lalu anjuran dan perintah untuk mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi yang berbunyi : ” tidak seorang muslim pun yang berbuat dosa lalu bangkit dan bersuci (Berwudhu), kemudian melakukan sholat lantas meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta’ala melainkan Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuninya (Hadits Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi) ”

Dari Hadits Shahih tersebut kita dapat mengambil Hikmah Sholat Taubat, bahwasanya orang yang telah menyesali perbuatan yang telah ia perbuat dengan ikhlas dan sungguh-sungguh ingin dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, maka Seorang Muslim – Muslimah bisa mengerjakan Shalat Sunnah Taubat Dua Raka’at ini untuk memohon dan meminta agar dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Namun yang mesti di tekankan disini bahwa seseorang yang dikatakan benar – benar bertaubat itu adalah apabila Dia telah menyesali penuh atas Dosa (Kesalahan) yang sudah ia perbuat dan ia bertekad untuk tidak mengulangi kesalahannya di kemudian hari, atau dalam artian disini adalah bukan Tobat Sambal.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat Menurut Hadits Nabi

manfaat dan keutamaan sholat taubat lengkap

Setelah kalian cukup memahami tentang Sholat Sunnah Taubat secara lebih sederhana yang telah dituliskan diatas, maka tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca Muslim Indonesia untuk mengetahui tentang Keutamaan Mengerjakan Sholat Taubat sesuai dengan Hadits – Hadits Nabi yang Shahih. Hal ini dikarenakan Sholat Sunnah Taubat merupakan salah satu Sholat Sunnah yg sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim selain Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Hajat dan Sholat Sunnah Dhuha sehingga dengan adanya ulasan tentang Tujuan Mengerjakan Shalat Taubat ini maka diharapkan bisa menjadi suatu Motivasi agar kalian semakin Rajin Menunaikan Sholat Sunnah Taubat.

Mendapatkan Pahala Sunnah Yg Banyak

Langsung saja untuk Keistimewaan Mengerjakan Sholat Taubat Menurut Hadits Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah Yang Banyak, dalam hal ini dikarenakan kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah melakukan apa yang sudah di anjurkan (disunnahkan) oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan telah menghidupkan apa yang menjadi Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Keistimewaan Sholat Taubat yang pertama ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid al Muzani Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang-Orang yg mengamalkan-nya dg tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun ”.

Bukti Keimanan Seorang Muslim

Lalu Hikmah Mengerjakan Sholat Taubat Menurut Hadits Shahih Yang Kedua adalah menjadi salah satu Bukti Keimanan Seorang Mukmin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini dikarenakan kalian Seorang Muslim – Muslimah selalu ingat bahwa kita sebagai Manusia mempunyai Kesalahan (Dosa) dan Kita selalu kembali kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk meminta dan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala Kesalahan (Dosa) yang sudah kita perbuat.

Dan Keutamaan Sholat Taubat dalam hal ini bisa kalian lihat penjelasan Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al A’raf Ayat 153 yang berbunyi: ” Orang2 yg melakukan Kejahatan, lalu bertaubat setelah itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan km setelah taubat yg disertai dg iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Al A’raf, Ayat : 153) ”. Dan didalam Surat An-Nur Ayat 31 berbunyi : ” ….. Dan bertaubat-lah km sekalian kepada Allah, hai orang-orang yg beriman agar km beruntung (QS. An-Nur Ayat : 31) ”.

Akan Diampuni Dosa – Dosa Yg Lalu

Lalu Keajaiban Mengerjakan Sholat Taubat Ketiga adalah akan di ampuni dosa – dosanya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, walaupun dosa (Kesalahan) sebesar Gunung dan sebanyak Buih di Lautan. Dengan Syarat, bahwa Taubat yang dilakukan oleh kalian dilakukan dengan sungguh – sungguh dan tidak akan melakukan Perbuatan Dosa itu lagi karena meminta Ampun (Bertaubat) kepada Allah hanya dg Lisan, tetapi masih tetap melakukan Dosa maka mereka seperti Bermain – Main dlm Taubatnya.

Adapun Keutamaan Sholat Taubat ini bisa kalian lihat pada Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi, dari Ali bin Abi Thalib Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Tidaklah seorang melakukan Perbuatan Dosa, lalu dia Berwudhu dan Shalat, lalu meminta Ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni Dosanya itu. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membacakan Firman Allah didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 135 (Hadits Riwayat At Tirmidzi dan Abu Daud) ”.

Akan Membuat Tenang dan Bahagia

Kemudian Manfaat Mengerjakan Sholat Taubat Bagi Kesehatan Manusia adalah akan memberikan Kebahagia’an dalam hidupnya, dan dalam hal ini dikarenakan kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah akan lebih Bahagia ketika sudah mengakui Kesalahan dan memohon Ampunan kepada Allah SWT atas Dosa – Dosa yang sudah pernah kita lakukan, baik itu Kesalahan yg disengaja maupun yang tidak disengaja.

Selain itu Manfaat Sholat Taubat lainnya akan membuat Manusia lebih Tenang dalam menjalani Hidup karena dengan Bertaubat maka kita sebagai Seorang Muslim akan mendapat ketenangan jiwa yang tak terhingga karena hati dan perasaan kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Disadari atau tidak, hati kita seperti terikat dengan Allah dan hubungan kita dengan-Nya akan semakin meningkat seiring meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Sholat Taubat Menurut Hadits Shahih yang telah ditulis secara lebih dalam dan semoga ulasan ini dapat berguna serta bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Online Muslim yang ada di Indonesia karena selain ulasan tentang Keutamaan Sholat Malam Tahajud, ulasan tentang Keutamaan Sholat Sunnah Taubat ini pun banyak sekali dicari oleh kalangan Masyarakat Muslim Indonesia. Oleh karena itu sekali lagi dengan adanya ulasan ini maka diharapkan sekali bisa berguna dan bisa dijadikan sebagai Motivasi oleh kalian untuk selalu Bertaubat kepada Allah SWT.

Incoming search terms:

  • Keutamaan sholat Sunnah taubat
  • keutamaan solat taubat
  • manfaat sholat taubat
Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat Sesuai Hadits | materiislam | 4.5