Manfaat dan Keutamaan Sholat Wajib 5 Waktu Paling Utama

Manfaat dan Keutamaan Sholat Wajib – Sholat Wajib Lima Waktu ini antara lain Sholat Subuh, Sholat Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib serta Sholat Isya. Dan Kelima Sholat Wajib Lima Waktu ini harus dan wajib dikerjakan oleh tiap – tiap muslim karena perlu ditekankan disini bahwa Hukum Menunaikan Sholat Wajib Lima Waktu adalah Fardhu Ain. Oleh karena itu akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu bagi setiap Muslim – Muslimah yang mengerjakannya, tetapi akan mendapatkan Dosa Besar bagi Setiap Muslim yang dengan sengaja meninggalkan dan tidak mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu ini di Setiap Hari.

Perintah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu ini telah banyak dibahas didalam Al Qur’an dan salah satunya bisa kalian lihat didalam Surat Al-Baqarah Ayat 43 yang berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, tunaikanlah Zakat dan Rukulah bersama Orang-Orang yg Ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”. Lihat juga Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Ibrahim Ayat 31 berbunyi : ” Katakan-lah kepada Hamba2 ku yg sudah beriman : ‘ Hendak-lah mereka mengerjakan Sholat, menafkahkan sebahagian Rezeki yg kami berikan kepada mereka secara sembunyi maupun terang2an sebelum datang hari Kiamat yg pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan (QS. Ibarahim Ayat : 31) ”.

Selain itu Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa Islam itu terdiri dari 5 Pondasi (Rukun Islam) dan dari Abdullah bin Umar Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Islam itu dibangun atas Lima Perkara yakni pertama bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yg patut disembah selain Allah SWT dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusannya, kedua mendirikan Sholat, ketiga menunaikan zakat, keempat berpuasa di Bulan Ramadhan dan kelima naik haji ke Baitullah bagi yg mampu (HR. Muslim, No : 122) ”. Lalu Hadits dari Mu’adz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barangsiapa yg meninggalkan Sholat yg Wajib secara sengaja, maka janji Allah terlepas darinya (HR. Ahmad) ”.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Wajib Lima Waktu Menurut Hadits Nabi 

manfaat dan keutamaan sholat wajib lima waktu lengkap

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Surat Al Qur’an dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Fardhu Lima Waktu harus dikerjakan dan wajib dilakukan setiap hari oleh setiap Muslim, baik dikerjakan secara sendiri maupun secara berjamaah. Untuk itu Penulis akan memberikan ulasan yg lebih detail mengenai Keutamaan Sholat Fardhu Lima Waktu ini kepada kalian, karena dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa menjadi suatu kesadaran dan motivasi agar kalian sebagai Umat Muslim untuk selalu menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu di setiap harinya.

Mendapatkan Pahala dan Terhindar Dosa

Untuk Keistimewaan Mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Yang Banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar. Hal ini disebabkan kalian sebagai Seorang Muslim telah melakukan apa yang sudah menjadi Kewajiban Seorang Muslim karena sekali lagi Hukum Sholat Fardhu Lima Waktu adalah Fardhu Ain, yakni akan wajib dan harus dilakukan oleh Setiap Mukmin sehingga akan mendapatkan Dosa Besar jika dengan sengaja tidak mengerjakan dan meninggalkan Sholat Wajib Lima Waktu ini.

Tetapi akan mendapatkan Pahala dan Keistimewaan Sholat Wajib Lima Waktu yang banyak bagi Setiap Muslim – Muslimah yang menunaikan Sholat Fardhu 5 Waktu di Setiap Harinya, untuk itu jangan sampai kalian meninggalkan Sholat Wajib ini. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Perjanjian antara Kami (Muslim) dan mereka (Orang Kafir) adalah Sholat. Barang siapa yang meninggalkan Sholat maka dia telah Kafir (Hadits Riwayat Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah) ”.

Dapat Menghapus Dosa – Dosa Yg Lalu

Lalu untuk Hikmah Mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu Yang Kedua adalah dapat menghapuskan Dosa – Dosa Yang Lalu. Dalam hal ini terdapat Hadits Tentang Keutamaan Sholat Wajib Lima Waktu bahwa Sholat Wajib itu dapat menghapus dan mencuci Dosa Manusia yang bisa kalian baca, dan Hadits tersebut dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Tahukah kalian, seandainya terdapat Sebuah Sungai di dekat Pintu Rumah salah seorang dari kalian, lalu Dia Mandi dari Air Sungai tersebut Lima Kali Setiap Hari, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit ?,

Lalu Para Sehabat menjawab : ‘ Tidak akan tersisa sedikit pun kotoran-nya ‘. Dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata, ” Maka seperti itulah per’umpamaan Sholat Lima Waktu, dengan nya Allah akan menghapuskan Dosa (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu terdapat Hadits Lain bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Di Antara Sholat Lima Waktu, diantara Jum’at yg Satu dan Jum’at yg lainnya, di Antara Bulan Ramadhan yg satu dan Ramadhan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara kedua -nya selama Seseorang menjauhi Dosa2 Besar (HR. Muslim, No. 233) ”.

Akan Masuk Surga dan Terhindar Neraka

Keajaiban Mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu Yang Ketiga adalah sebagai salah satu Sebab masuk Ke Surga dengan Jaminan Allah SWT. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman : ” Sesungguh nya Aku sudah mewajibkan Sholat Lima Waktu kepada Umat-Mu. dan Aku sdh berjanji pada diri Ku bahwa barang siapa yg menjaga Sholat 5 Waktu pada Waktu-nya, niscaya akan Aku masukkan ke dalam Surga dg Jaminan-Ku. Dan barang siapa yg tidak menjaga Sholat-nya, maka Aku tidak akan memberikan Jaminan bagi-nya (Hadits Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah) ”.

Selain itu Keajaiban Sholat Wajib 5 Waktu lainnya adalah dapat terhindar dari Api Neraka Jahannam bagi setiap Muslim – Muslimah yang selalu menjaga Sholat Wajib Lima Waktu di Setiap Harinya. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 71 berbunyi : ” Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-nya maka sesungguhnya Dia sudah mendapatkan kemenangan yg Besar (QS. Al-Ahzab, Ayat : 71). Dan yang dimaksud kemenangan besar itu adalah selamat dari Api Neraka Jahannam dan masuk kedalam Jannah (Surga), serta menjaga Sholat Fardhu Lima Waktu termasuk kedalam menaati Allah dan Rasul -nya.

Akan Mendapatkan Cahaya di Akherat

Lalu Rahasia Mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu Yang Keempat adalah akan mendapatkan Cahaya dan Keselamatan, baik itu di Dunia maupun di Akherat. Dalam hal ini bisa kalian lihat di Hadits Shahih, dari Abdulllah bin Amr bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Siapa yg menjaga Sholat 5 Waktu, baginya Cahaya, Bukti dan Keselamatan di Hari Kiamat. Siapa yang tidak menjaga Sholat nya, maka dia tidak akan mendapatkan Cahaya, Bukti dan Keselamatan. Pada Hari Kiamat kelak, dia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Kholaf (Hadist Riwayat Ahmad, 2 : 169) ”.

Selain itu Keutamaan Sholat Wajib akan menjadi Pewaris Surga Firdaus dan Kekal didalamnya. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al-Mu’minun Ayat 8 – 11 yang berbunyi : ” Dan Orang-Orang yg memelihara amanat2 yg dipikul-nya dan janji-nya. Dan Orang-Orang yg memelihara Sholat-nya. Mereka itulah Orang-Orang yg akan mewarisi. Yakni yang akan mewarisi Surga Firdaus, mereka kekal di dalam-nya (QS. Al-Mu’minum Ayat 8 – 11) ”.

Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Adapun untuk Manfaat Mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu Yang Kelima adalah dapat mencegah perbuatan – perbuatan keji dan mungkar. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al-Ankabut Ayat 45 berbunyi : ” Bacalah apa yg sdh diwahyukan kpd mu yakni Al Kitab (Al Qur’an) dan kerjakanlah Sholat. Sesungguhnya Sholat itu mencegah dari Perbuatan2 keji & mungkar. Dan sesungguh-nya mengingat Allah (Sholat) adalah lebih besar (Keutamaan-nya dari Ibadah – Ibadah yg lain). Dan Allah mengetahui apa yg km kerjakan (QS. Al-Ankabut, Ayat : 45) ”.

Selain itu Manfaat Sholat Wajib Lima Waktu Bagi Kesehatan Manusia dapat membuat Tenang, Bahagia dan Sehat karena kita telah menjaga dan mengerjakan apa yang sudah menjadi suatu kewajiban kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah. Dan Gerakan Dalam Sholat sangatlah bermanfaat bagi kesehatan manusia seperti Gerakan Sholat Pada Ruku bermanfaat untuk mencegah gangguan Prostat, Gerakan Sholat I’tidal bermanfaat untuk Pencernaan Manusia menjadi lebih lancar, Gerakan Sholat Sujud bermanfaat untuk mencegah dari gangguan penyakit Wasir dan Gerakan Duduk dapat menjaga dan melenturkan Organ Gerak kita.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Sholat Wajib Lima Waktu yang bisa kalian dapatkan, dan tentunya masih banyak lagi keutamaan sholat wajib yang bisa kalian dapatkan karena sekali lagi Sholat Wajib Lima Waktu merupakan salah satu Ibadah yang paling utama. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Online, karena tidak bisa dipungkiri bahwa ulasan ini banyak dicari oleh kalangan Pembaca Muslim selain ulasan tentang Bacaan Niat Sholat Wajib. Oleh karena itu dengan adanya ulasan ini penulis sangat berharap bahwa apa yg sudah dituliskan disini bisa menjadi suatu Motivasi bagi kalian untuk selalu mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya.

Incoming search terms:

  • hikmah sholat lima waktu bagi nabi dan manusia
  • Keistimewaan setiap sholat
  • keistimewaan sholat wajib 5 waktu
  • keutamaan sholat lima
  • keutamann solat w
  • manfaat salat wajib 5 waktu
  • shalat wajib yang paling utama
Manfaat dan Keutamaan Sholat Wajib 5 Waktu Paling Utama | materiislam | 4.5