5 Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Sesuai Hadits Paling Utama

Kewajiban Anak Kepada Orang Tua – Setelah dipertemuan sebelumnya telah membahas tentang Kewajiban Istri Terhadap Suami didalam Ajaran islam secara detail maka dikesempatan ini Penulis akan memberikan ulasan tentang Kewajiban dan Tanggung Jawab Anak Terhadap Kedua Orang Tua nya kepada kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Seorang Anak, baik itu Anak Laki – Laki Muslim maupun Anak Perempuan Muslimah telah diwajibkan dan diperintahkan untuk selalu Berbakti, Berbuat Baik dan Bertanggung Jawab kepada Kedua Orang Tua mereka.

Hadits dan Dalil tentang Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua nya telah banyak diterangkan didalam Al Qur’an dan salah satunya bisa kalian lihat didalam Surat Al-Isra Ayat 23 berbunyi: ” Dan Tuhan mu sudah memerintahkan agar km jangan menyembah selain Dia dan hendak lah km berbuat baik terhadap Ibu Bapak Mu dg sebaik – baiknya. Jika salah Seorang di antara keduanya ataupun Kedua – duanya sampai berumur lanjut dlm pemeliharaan mu, maka sekali-kali jangan lah km mengatakan kepada kedua -nya perkataan ‘Ah’ dan jangan-lah km membentak mereka dan ucapkanlah kpd mereka perkataan yg mulia (QS. Al-Isra, Ayat : 23) ”.

Dan Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al-Isra Ayat 24 berbunyi : Dan rendahkan-lah diri mu terhadap mereka berdua dg penuh kesayangan dan ucapkan-lah: ” Wahai Tuhan ku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua sudah mendidik aku waktu kecil (QS. Al-Isra, Ayat : 24) ”. Lalu didalam Al Qur’an Surat Luqman Ayat 14 berbunyi: ” Dan kami perintahkan pd Manusia (berbuat baik) kpd Dua Orang Ibu-Bapaknya, Ibunya tlah mengandungnya dlm keadaan lemah yg bertambah-tambah, dan menyapihnya dlm 2 tahun. Bersukurlah kpd ku dan kepada Dua Orang Ibu Bapak mu, hanya kepada Ku lah kembalimu (QS. Luqman, Ayat : 14) ”.

5 Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Menurut Hadits Dalam Islam

kewajiban anak kepada orang tua sesuai hadits lengkap

Dengan melihat Surat – Surat Al Qur’an diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Seorang Anak sudah diwajibkan untuk selalu Berbakti dan Patuh kepada Kedua Orang Tua, terutama terhadap Ibu. Oleh karena itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan ulasan secara lebih detail tentang Kewajiban dan Tugas Anak Kepada Orang Tua kepada kalian Para Pembaca Muslim, karena Penulis sendiri sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang Kewajiban – Kewajiban Seorang Anak Terhadap Kedua Orang Tuanya, untuk itu semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

1. Taat dan Patuh Terhadap Orang Tua

Untuk Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Pertama adalah selalu Taat dan Patuh terhadap Kedua Orang Tua, baik kepada Ibu dan Ayah. Tetapi dalam hal ini konteks nya taat dan patut terhadap sesuatu yang baik, bukan kedalam hal – hal yang buruk sehingga jika Orang Tua memerintahkan kepada Sesuatu Buruk yang dapat menimbulkan Dosa maka Seorang Anak Muslim – Muslimah berhak untuk menolak dan tidak menuruti apa kemauan Kedua Orang Tua Mereka. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Thabrani berbunyi : ” Menaati Allah ialah menaati Orang Tua, dan Mendurhakai Allah ialah mendurhakai Orang Tua (Hadits Riwayat Thabrani) ”.

2. Berbuat Baik Terhadap Orang Tua

Lalu Tanggung Jawab Anak Kepada Orang Tua Yang Kedua alah selalu menghormati dan berbuat baik terhadap Kedua Orang Tua seperti berbicara dengan lemah lembut terhadap Orang Tua, jangan membantah maupun membentak kepada Orang Tua dan berbuat baik kepada Orang Tua. Dalam hal ini bisa kalian lihat sekali lagi Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Kitab Suci Al Qur’an Surat Al-Isra Ayat 23 yang berbunyi:

” Dan Tuhan mu sudah memerintahkan agar km jangan menyembah selain Dia dan hendak lah km berbuat baik terhadap Ibu Bapak Mu dg sebaik – baiknya. Jika salah Seorang di antara keduanya ataupun Kedua – duanya sampai berumur lanjut dlm pemeliharaan mu, maka sekali-kali jangan lah km mengatakan kepada kedua -nya perkataan ‘Ah’ dan jangan-lah km membentak mereka dan ucapkanlah kpd mereka perkataan yg mulia (QS. Al-Isra, Ayat : 23).

3. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Lalu Kewajiban Anak Terhadap Kedua Orang Tua Dalam Ajaran Islam Yang Ketiga adalah Berbakti kepada Kedua Orang Tua dan perlu kalian ketahui Para Pembaca Muslim bahwa Berbakti (Birrul Walidain) Kepada Orang Tua itu hukumnya Fardhu Ain bagi Setiap Anak Muslim – Muslimah sehingga Seorang Anak Wajib mentaati, patuh dan berbuat baik terhadap Kedua Orang Tua karena mereka akan mendapatkan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua yg banyak, tetapi akan berdosa jika mereka Durhaka kepada Orang Tuanya..

Anjuran Untuk Berbakti Kepada Kedua Orang Tua sudah dijelaskan banyak didalam Hadits – Hadits Shahih, dan bisa kalian lihat Hadits Shahih Bukhari bahwa suatu ketika Sahabat Rasulullah SAW bernama Ibnu Umar Ra bertanya kepada Seseorang: ” Apakah km takut masuk Neraka dan ingin masuk kedalam Surga ?. Lantas Orang tersebut menjawab : ‘ Ya ‘, lalu Ibnu Umar berkata lagi : ” Berbaktilah km kepada Ibumu. Demi Allah, jika km melembutkan kata – kata untuk nya, memberinya makan, niscaya kamu akan masuk kedalam Surga, selama km menjauhi Dosa-Dosa Besar (HR. Bukhari) ”.

4. Merawat Orang Tua Sampai Usia Lanjut

Lalu Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Menurut Hadits Yang Keempat adalah merawat dan mengasihi Kedua Orang Tua ketika Mereka sudah Lanjut Usia. Perlu kalian ketahui bahwa Tugas Berbakti Seorang Anak Terhadap Kedua Orang Tua itu tidak ada batas waktu karena kita sudah diwajibkan untuk selalu berbakti dan merawat dengan baik Kedua Orang Tua ketika masih Muda sampai Mereka Lanjut Usia (Sudah Tua) maupun ketika Mereka sudah Meninggal Dunia.

Dan dalam hal ini Bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abu Hurairah RA mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Celakalah dia, celakalah dia ”. Lantas Abu Hurairah RA bertanya, ‘ Siapa Wahai Rasulullah ?’. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Orang yang menjumpai salah satu maupun kedua Orang Tuanya dlm Usia Lanjut, kemudian ia tidak masuk Surga karena tidak berbakti kepada Keduanya (Hadits Riwayat Muslim) ”.

5. Selalu Mendoakan Kedua Orang Tua

Kemudian Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Yang Kelima adalah selalu mendoakan Kedua Orang Tua, baik ketika Kedua Orang Tua masih Hidup maupun ketika Orang Tua sudah meninggal dunia karena perlu kalian ketahui sekali lagi bahwa mendoakan orang tua ketika sudah meninggal dunia itu termasuk kedalam Berbakti Kepada Orang Tua. Hadits Shahih dari Malik bin Zurarah RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

” Permohonan Ampunan dari Anak untuk Orang Tuanya yg sudah meninggal adalah termasuk berbakti (Hadits Riwayat Ibnu Najjar) ”. Lalu Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Jika Seorang Anak Adam meninggal dunia maka amal nya akan terputus, kecuali tiga perkara yakni Sedekah Jariyah, Ilmu Yg Bermanfaat dan Doa Anak Yang Sholeh (Hadist Riwayat Muslim, No. 1631) ”.

Demikianlah ulasan tentang Kewajiban Anak Kepada Orang Tua didalam Ajaran Islam dan semoga saja ulasan ini bisa berguna bagi kalian semua Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena sekali lagi Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang membutuhkan informasi seperti ini. Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa jika kalian ingin mengetahui Rukun dan Syarat Sah Menikah didalam Ajaran Islam maka kalian bisa langsung lihat ulasan tersebut karena sudah tentu ulasan tersebut telah dibahas secara detail sehingga bisa berguna bagi kalian Pemuda – Pemudi Muslim yang akan atau ingin Menikah.

Incoming search terms:

  • dalil alquran tentang kewajiban anak
  • hadis tentang kewajiban anak
  • hadits kewajiban anak terhadap orang tua
  • Kewajiban anak terhadap orang tua sesuai hadits nabi
  • syarah hadits tentang kewajiban anak terhadap ortu
5 Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Sesuai Hadits Paling Utama | materiislam | 4.5