6 Kewajiban Suami Terhadap Istri Dalam Hadits dan Al Qur’an

Kewajiban Suami Terhadap Istri – Sebelum membahas secara lebih detail mengenai tanggung jawab seorang suami terhadap istri nya, ada baiknya bagi kalian sebagai Pembaca Muslim dan Muslimah untuk mengetahui tentang Perkawinan didalam Islam. Hal tersebut dikarenakan Perkawinan akan diwajibkan bagi setiap Muslim yang telah mempunyai Kemampuan memberikan Nafkah baik Lahir maupun Batin dan mempunyai kekhawatiran akan terjerumus kedalam Perbuatan Zina jika mereka tidak melangsungkan Pernikahan.

Lagi pula Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memerintahkan bagi Setiap Muslim dan Muslimah untuk Menikah, seperti yang tertulis didalam Al Qur’an Surat An Nur Ayat 32 berbunyi : ” Dan Kawinkan lah orang2 yg sendirian diantara km, dan orang – orang yg layak berkawin (Menikah) dari Hamba – Hamba Sahayamu yg Laki – Laki dan Hamba – Hamba Sahayamu yg Wanita. Jika Mereka Miskin maka Allah akan memampukan mereka dengan Karunia-nya dan Allah Maha Luas (Pemberian-nya) lagi Maha Mengetahui (QS. An Nur Ayat : 32) ”.

Selain itu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga telah memerintahkan Umat nya untuk Menikah seperti yang dijelaskan dalam Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah, dari Aisyah Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Nikah itu Sunnah ku dan barang siapa yg tidak suka maka bukan Golonganku (HR. Ibnu Majah) ”. Dan Hadits Shahih lain Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Bila diantara kamu yang sudah mampu untuk menikah maka hendaklah dia menikah karena Mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Dengan melihat penjelasan Surat An Nur Ayat 32 dan Hadits – Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Pernikahan Bagi Setiap Muslim itu baik dan mempunyai banyak sekali Keutamaan didalamnya seperti akan menjadikan Hidup lebih Tenang dan Nyaman, Akan mendapatkan Pahala karena telah mengikuti Sunnah Rasul dan dapat terhindar dari Perbuatan Zina. Oleh karena itu ada baiknya bagi kalian Seorang Laki – Laki Muslim baik yang sudah Menikah maupun yang akan Menikah untuk mengetahui dan memahami apa saja yang menjadi Kewajiban Seorang Suami Kepada Istri, dan berikut ini Tanggung Jawab dan Kewajiban Suami Terhadap Istri nya Menurut Hadits dan Al Qur’an :

6 Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Hadits dan Al Qur’an

kewajiban suami terhadap istri dalam islam lengkap

1. Membayar Mahar Saat Menikah

Membayar Mahar (Mas Kawin) saat Menikah merupakan salah satu termasuk kedalam Syarat Sah Menikah sehingga jika suatu Pernikahan tidak ada atau tidak memakai Mahar (Mas Kawin) maka Pernikahan tersebut tidaklah Sah. Adapun untuk Mahar (Mas Kawin) didalam Pernikahan merupakan pemberian Harta atau Sesuatu oleh Pihak Laki – Laki kepada pihak Perempuan yang akan di Nikahi nya dengan Kerelaan dan Kesepakatan Kedua Belah Pihak.

Dalam membayar atau memberikan Mahar ini tidak mesti dan tidak harus memberikan Mahar dalam bentuk Uang ataupun Harta Benda, akan tetapi boleh memberikan Mahar (Mas Kawin) dalam bentuk yang lain seperti Seperangkat Alat Shalat, Semua Pekerjaan yang dapat diupahkan, membebaskan seorang Budak dan dengan Masuk Islam pun bisa digunakan untuk Mahar atau Emas Kawin. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab seorang suami untuk membayarkan mahar kepada istrinya ketika akan menikah ataupun ketika sesudah menikah karena untuk sekarang ini banyak yang memberikan Mahar (Mas Kawin) dalam cara Hutang.

2. Memberikan Nafkah Dengan Halal

Kewajiban Suami Terhadap Istri selanjutnya ialah memberikan dan memenuhi Nafkah bagi Istri nya secara layak dan didapatkan dengan cara yang Ma’ruf, Halal dan sesuai dengan kadar kemampuan sang Suami. Adapun Nafkah tersebut antara lain berupa Makanan, Pakaian, Tempat Tinggal dan kebutuhan – kebutuhan Istri yang lain yang didapatkan secara Halal dan sesuai dengan kemampuan sang Suami itu sendiri, karena jika Istri berlebihan dalam meminta apapun terhadap Suami maka itu juga tidak dibenarkan.

Allah SWT berfirman didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 233 yang berbunyi : ” Dan Kewajiban Ayah memberi Makan dan Pakaian kepada Istrinya dengan Cara Ma’ruf … (QS. Al Baqarah Ayat : 233) ”. Dan Firman Allah SWT yang lainnya terdapat didalam Surat At Talaq Ayat 7 berbunyi : ” Hendaklah orang yg mampu memberi Nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yg disempitkan rejekinya hendak-lah memberikan Nafkah dari Harta yg diberikan Allah kepada-nya. Allah tdk memikulkan beban kpd seseorang melainkan sekedar apa yg Allah berikan kepada-nya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan (QS. At Talaq Ayat : 7) ”.

3. Menggauli Istri dengan Baik

Lalu Kewajiban Suami Terhadap Istri nya yang lain adalah menggauli Istri nya dengan baik atau memberikan Nafkah Batin dengan cara yang baik seperti dengan penuh perhatian, kasih sayang, tidak kasar, tidak secara dzalim kepada Istri dan tidak sekedar karena Nafsu belaka. Hal tersebut dikarenakan memberikan Nafkah Batin atau melakukan hubungan suami istri dengan cara yang baik dan penuh kasih sayang itu termasuk kedalam Sedekah, seperti yang ada didalam Hadits Shahih Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

” Bukanlah Allah sudah memberikan km sekalian kesempatan untuk bersedekah ?, ketahuilah bahwa pada setiap ungkapan Dzikir Tasbih, Dzikir  Takbir, Dzikir Tahlil, Dzikir Tahmid adalah Sedekah. Amar Makruh adalah Sedekah, Nahi Mungkar adalah Sedekah dan Menggauli Istri mu sekalipun adalah Sedekah. Lalu terdapat Sahabat yang bertanya bahwa ketika salah seorang dari kami menggauli Istri kami maka mendapatkan Pahala ?, Nabi Muhammad SAW menjawabnya : ” apa pendapat km sekalian jika dia mengeluarkan Nafsu (Syahwatnya) pada yg diharamkan, apakah dia akan mendapatkan Dosa ?, begitupula jika dia mengeluarkan Syahwatnya (Nafsunya) kepada yang telah dihalalkan kepada nya, tentu dia akan mendapatkan Pahala (HR. Muslim) ”.

4. Mendidik dan Mengingatkannya untuk Beribadah

Tanggung Jawab Suami Terhadap Istri selain memberikan Nafkah Lahir dan Batin adalah mendidik dan mengingatkan Istri kalian untuk taat beribadah dan selalu mengingat kepada Allah SWT karena seorang Istri merupakan tanggung jawab Suami di Akherat nanti. Salah satu cara mendidik Istri kalian adalah dengan memberikan ilmu – ilmu Agama, selalu mengingatkan dan mengajak Istri untuk selalu melakukan apa – apa yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT dan menjaga agar tidak melakukan apa – apa yang sudah dilarang oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman yang tertulis didalam Al Qur’an Surat Ta Ha Ayat 132 berbunyi : ” Dan perintahkan lah kepada keluarga mu untuk mendirikan Shalat dan bersabarlah km dalam mengerjakannya…. (QS. Ta Ha Ayat : 132) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Takutlah kepada Allah dlm memimpin Istri – Istri mu karena sesungguh nya mereka adalah Amanah yg berada di samping mu, barangsiapa yang tidak memerintahkan Shalat kpd Istrinya dan tidak mengajarkan agama kepada nya maka dia sudah berkhianat kepada Allah dan Rasul nya ”.

5. Tidak Membuka Aib Istri Kepada Orang Lain

Untuk Kewajiban Suami Terhadap Istri nya yang lain adalah tidak membuka dan mengumbar Aib atau kejelekan Istri kepada Orang Lain, termasuk ke Keluarga dan Orang Tua karena yang harus kita ketahui bahwa Manusia itu tidak ada yang sempurna sehingga Anda sebagai seorang Suami tidak boleh menceritakan Aib (Kejelekan) Istri kepada Orang lain. Dan sudah sangat bijak sekali jika kalian sebagai Suami untuk selalu menerima, bersabar dan memaklumi ketidak sempurnaan Istri kalian, jika masih dalam batas yang wajar (Tidak Membangkang atau tidak taat).

Dari Abdurrahman bin Sa’id bertaka, ” Aku mendengar Abu Sa’id Al Khudri bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya orang yg paling buruk kedudukan nya disisi Allah SWT pada hari Kiamat ialah Suami yg menunaikan Hajatnya pd Istri nya dan Istri yang menunaikan Hajat pada Suaminya, lalu Suami tersebut menceritakan Rahasia Istrinya (Hadist Riwayat Muslim) ”. Terdapat Hadits Muslim yg lain bahwa dari Abu Hurairah Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Janganlah Seorang Suami Muslim membenci seorang Istri, jika si Suami tidak menyukai suatu akhlak pada Istrinya, maka hendaklah dia melihat Sisi lain yang dia Ridhai (HR. Muslim no 1469) ”.

6. Memberikan Kasih Sayang Kepada Istri

Lalu Kewajiban Suami Kepada Istri nya yang lain adalah memberikan Kasih Sayang terhadap Istri, Berbuat Baik terhadap Istri, Memanjakan Istri, Menjaga Istri Dengan Baik dan Membimbing Seorang Istri dengan Baik dan Sabar. Terdapat Hadits Shahih yang bisa menjadi Rujukan bagi kalian Seorang Muslim untuk selalu berbuat baik terhadap Istri kalian, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Iman Orang – Orang Mukmin yg paling sempurna ialah yg terbaik Akhlak nya dan yg terbaik diantara km sekalian adalah seorang Suami yang terbaik dlm memperlakukan Istri (HR. Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah) ”.

Lalu Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah lainnya bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Ingatlah kaum ku, terimalah pesanku untuk berbuat baik terhadap para istri, istri – istri mu itu hanyalah dpt diumpamakan tawanan yg berada di sampingmu, km tidak bisa memiliki apa – apa dari mereka selain berbuat baik, kecuali jika istri – istri mu itu melakukan perbuatan yg keji dan yang jelas seperti membangkang atau tidak taat, maka tinggalkan lah mereka sendirian di tempat tidur dan pukullah mereka dg pukulan yg tidak melukai. Kalau istri2 mu itu taat kepada-mu maka janganlah km mencari jalan untuk menyusahkan mereka… (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”.

loading...

loading...