Bacaan Lafadz Adzan dan Artinya Beserta Terjemahan

Lafadz Adzan dan Artinya – Sebelum membahas terlebih jauh tentang Adzan Sebelum Shalat, ada baiknya jika kalian Pembaca Muslim untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Adzan. Langsung saja untuk Pengertian Adzan adalah seruan atau panggilan dengan bacaan tertentu (Lafadz Adzan) yang dikumandangkan oleh Seorang Muadzin kepada Umat Muslim sebagai tanda bahwa telah masuk Waktu Shalat, dan biasanya Adzan dikumandangkan oleh Muadzin sebagai Seruan dan Panggilan telah masuk Waktu Shalat Wajib 5 Waktu (Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya).

Kemudian Hukum Adzan Sebelum Shalat itu sendiri adalah Fardhu Kifayah, yakni wajib dilakukan oleh setiap Muslim – Muslimah, akan tetapi jika sudah dilakukan oleh Seorang Muslim maka Kewajiban Fardhu Kifayah tersebut sudah gugur. Sebagai contoh jika dalam satu Kota (Wilayah) ketika masuk Waktu Shalat Wajib dan terdapat Seorang Muadzin mengumandangkan Adzan, maka Kewajiban Muslim (Muadzin) lainnya tidak diwajibkan untuk Beradzan. Akan tetapi jika terdapat Satu Kota ketika masuk Waktu Shalat dan tidak ada seorang pun yang mengumandangkan Adzan, maka Seluruh Muslim – Muslimah di Kota tersebut akan mendapatkan Dosa yang besar.

Adapun untuk Perintah Melakukan Adzan Sebelum Sholat telah dijelaskan didalam Hadits Shahih, dan salah satunya bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ” Jika Waktu Sholat telah tiba, maka salah seorang diantara kalian hendak nya mengumandangkan Adzan untuk kalian dan yg paling Tua diantara kalian menjadi Imam (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA berkata: ” Maka Bilal diperintahkan untuk mengumandangkan Adzan dg menggenapkan dan mengumandangkan Iqamah dg mengganjilkan (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Bacaan Adzan dan Artinya Beserta Keutamaan Adzan Lengkap

bacaan adzan dan artiannya lengkap

Dengan melihat Hadits – Hadits Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa Lafadz Adzan Sebelum Shalat itu lebih baik dan dianjurkan sekali untuk dilakukan oleh Muadzin di Setiap Masjid, karena bisa dikatakan bahwa Adzan merupakan Syi’ar Islam yang dilakukan di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, dan tidak pernah ditinggalkan sepeninggal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Untuk itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan ulasan tentang Lafadz Adzan dan Artinya Lengkap, karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana banyak Pembaca Muslim yang ingin memahami dan menghafalkan Lafal Adzan Sebelum Sholat ini.

Bacaan Adzan Terjemahan Bahasa Arab 

Lafadz Adzan Bahasa Arab Lengkap

Lafadz Adzan Terjemahan Latin

Lafad Adzan dan Artian bahasa latin

Lafal Adzan Artian Bahasa Indonesia

lafal adzan dan artian dalam bahasa indonesia

Selain Bacaan Adzan dan Terjemahan Arab, Latin dan Bahasa Indonesia yang telah ditulis secara lengkap diatas maka sebagai tambahan informasi kepada kalian Pembaca Muslim, bahwa Keutamaan Adzan menurut hadits sendiri cukup banyak seperti dijelaskan didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ” Seandainya orang-orang mengetahui besarnya Pahala yg dapat diperoleh dlm Adzan dan Shalat Shaf Pertama, lalu mereka tidak dapat mendapatkannya kecuali secara undian. Niscaya mereka akan rela ber’undi untuk mendapatkan -nya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Kemudian didalam Hadits Shahih dari Abu Sa’id Al Khudri RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ” Tidaklah Manusia dan Jin, serta tidak ada sesuatu pun yg mendengar Suara Adzan dari Seorang Muadzin, melainkan mereka akan menjadi Saksi dari kebaikan bagi Si Muadzin di Hari Kiamat (HR Bukhari) ”. Selain Hadits – Hadits Shahih diatas tentunya masih banyak Manfaat Adzan yang bisa didapatkan oleh Muadzin, sehingga sangat baik sekali bagi kalian Setiap Muslim untuk belajar dan menghafalkan Ayat – Ayat Adzan supaya bisa mengumandangkan Adzan saat masuk waktu shalat wajib.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan tentang Bacaan Adzan dan Artinya yang telah dibahas secara lebih lengkap dan dalam. Semoga ulasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri ulasan tentang Bacaan Adzan Sebelum Sholat itu cukup banyak dicari oleh Para Pembaca Muslim selain Keutamaan Gerakan Sholat Bagi Kesehatan, untuk itu dengan dituliskan ulasan ini secara lengkap semoga bisa berguna untuk kalian semua Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia.

loading...

loading...