Bacaan Lafadz Iqomah Sesuai Sunnah dan Artinya

Lafadz Iqomah – Pengertian Iqomah adalah seruan atau panggilan kepada umat muslim untuk menandakan akan dikerjakannya sholat secara berjamaah. Lafadz iqomah sendiri secara umum dikumandangkan jauh lebih cepat dan monoton atau tanpa nada, berbeda dengan lafadz adzan yang dikumandangkan dengan nada. Hal tersebut dikarenakan iqomah lebih ditujukan kepada orang-orang yang sudah berada didalam masjid, bukan sebagai pengingat bagi orang-orang untuk datang ke masjid.

Lafadz iqomah sendiri secara umum hampir sama dengan lafadz adzan, hanya saja pada bacaan iqomah hanya dibacakan satu kali terkecuali pada bagian “قد قامت الصلاة” yang artinya “Berdirilah untuk sholat dibacakan dua kali. Karena kembali dari tujuan iqomah itu sendiri yang memang dimaksudkan akan dilakukannya sholat lima waktu. Sedangkan orang yang mengumandangkan iqomah itu sendiri boleh dilakukan siapa saja. Hal ini dimaksudkan, orang yang mengumandangkan adzan dan iqomah boleh dilakukan oleh orang yang berbeda.

Hukum orang yang mengumandangkan iqomah itu harus sama dengan orang yang mengumandangkan adzan ialah sunnah atau tidak diwajibkan, sebagian besar ulama mengatakan orang yang mengumandangkan adzan dan iqomah boleh dilakukan oleh orang yang berbeda. Akan tetapi, karena sebuah kebiasaan orang-orang yang mengumandangkan adzan juga turut mengumandangkan iqomah sehingga muncul pandangan apabila orang yang mengumandangkan iqomah itu harus orang yang mengumandangkan adzan.

Adapun untuk anda yang belum mengetahui bagaimana bacaan iqomah secara lengkap dan jelas, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yang tepat. Karena hari ini kami akan memberikan pembahasan mengenai bacaan iqomah latin dan arab kepada anda-anda semua. Sehingga untuk anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana lafadz iqomah itu, maka dengan melihat pembahasan yang akan kami berikan hari ini Insya Allah anda akan dapat mengetahui bagaimana bacaan iqomah itu sendiri.

Lafadz Iqomah Sesuai Sunnah

Lafadz Iqomah Sesuai Sunnah dan Artinya

1× الله اكبر الله اكبر
allāhu akbar, allāhu akbar
Artinya: Allah Mahabesar, Allah Mahabesar

1× اشهد ان لا اله الا الله
asyhadu ān lā ilaha illallāh
Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah

1× اشهد ان محمد رسول الله
asyhadu ānna mūhammadār rasūlullāh
Artinya: Aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah

1× حي على الصلاة
hayyā `alā-s-salāh Marilah salat,

1× حي على الفلاح
hayyā `alā-l-falāh
Artinya: Marilah menuju kemenangan

2× قد قامت الصلاة
qad qāmatis-salāh
Artinya: Berdirilah untuk salat

1× الله اكبر الله اكبر
allāhu akbar, allāhu akbar
Artinya: Allah Mahabesar, Allah Mahabesar

1× لا اله الا الله
lā ilaha illā-llah
Artinya: Tiada Tuhan selain Allah

Doa Setelah Iqomah Sesuai Sunnah

Setelah Iqomah selesai dikumandangkan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah iqomah. Adapun untuk bacaan doa setelah iqomah sesuai sunnah ialah sebagai berikut.

 

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

“Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu”
Artinya: Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.

 

Itu dia sedikit pembahasan tentang Lafadz Iqomah Sesuai Sunnah dan Artinya yang sekiranya kami dapat berikan kepada anda, muda-mudahan saja dari sedikit pembahasan yang baru saja kami berikan diatas tadi itu dapat menambah pengetahuan anda seputar agama Islam. Adapun untuk anda yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya tentang agama Islam, maka kami sarankan kepada anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi.

Barang kali saja salah satu diantara pembahasan-pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yang sedang anda cari. Sedangkan bagi anda yang merasa belum dapat menemukan pembahasan yang sesuai, mungkin ada baiknya apabila anda menunggu update pembahasan terbaru yang akan coba terus kami sajikan untuk setiap harinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mengunjungi situs kami lain waktu.

loading...