Pengertian, Contoh dan Macam Suudzon di Ajaran Islam

Macam Macam Suudzon – Pembahasan mengenai Sifat Suudzon merupakan termasuk kedalam salah satu Sifat Buruk Manusia dan tidak bisa dipungkiri bahwa semua Manusia pastinya pernah mempunyai Sifat Buruk Sangka (Suudzon) ini. Hal tersebut dikarenakan Manusia tidak ada yang Sempurna dan Manusia merupakan tempatnya Salah dan Lupa sehingga sangatlah Naif sekali jika kalian menyebut diri kalian sebagai Seorang Manusia Muslim Sempurna yang tidak pernah melakukan Kesalahan dan tidak pernah mempunyai Sifat Suudzon ataupun mempunyai Sifat – Sifat Buruk (Sifat Tercela) yang lainnya.

Adapun Dalil bahwa Manusia itu banyak melakukan kesalahan dan tidak Sempurna, bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ”  Seluruh Bani Adam (Manusia) itu banyak melakukan Dosa (Kesalahan), dan sebaik – baiknya Manusia yg banyak melakukan Dosa (Kesalahan) adalah yg banyak bertaubat (HR. At Tirmidzi dan Ahmad) ”. Oleh karena itu dengan melihat Sabda Nabi Muhammad SAW diatas, sangat bijak sekali jika kalian sebagai Seorang Muslim untuk selalu memohon Ampun kepada Allah SWT dan selalu menjaga diri agar terhindar dari Kesalahan – Kesalahan.

Untuk itu dikesempatan ini Penulis Materi Islam akan menjelaskan mengenai salah satu Sifat Buruk Manusia yakni Sifat Buruk Suudzon secara lebih detail, tujuannya adalah agar kalian sebagai Pembaca Muslim bisa mengetahui dan memahami lebih dalam tentang Contoh dan Dampak Buruk Sifat Suudzon ini. Paling tidak dengan adanya informasi ini, maka Pembaca Muslim – Muslimah di Laman Materi Islam ini menjadi lebih menjaga hati dan pikiran dari Sifat Suudzon, walaupun tentunya masih sangat sulit sekali untuk benar – benar menghilangkan Sifat ini karena sekali lagi Manusia itu tempatnya salah dan lupa.

Apa Itu dan Pengertian Sifat Suudzon

Langsung saja didalam Pengertian Suudzon didalam Ajaran Islam adalah salah satu dari Sifat – Sifat Tercela Manusia dengan mencari – cari Kesalahan Orang Lain dan Berburuk Sangka terhadap Orang Lain. Apabila seseorang telah timbul Sifat Buruk Sangka (Sifat Suudzon) terhadap Orang Lain maka sudah tentu Orang itu akan mencari – cari kesalahan Seseorang tersebut, dan nantinya terbukalah Kesalahan, Kelemahan dan Aib Seseorang tersebut yang membuat Pelaku Suudzon ini akan merasa Puas, padahal hal tersebut akan sangat meyakiti Hati Seseorang dan menyakit Hati Keluarganya yg menjadi Korban.

macam suudzon di ajaran islam

Dan biasanya nanti akan timbul suatu Kebencian antara keduanya, sehingga didalam Ajaran Islam tidak dibolehkan jika Seseorang Muslim – Muslimah mempunyai Sifat Suudzon ini karena Dampak Buruk Sifat Suudzon selain akan mendapatkan Dosa, maka akan timbul Permusuhan dan Kebencian diantara Pelaku dan Korban. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT di Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 58 berbunyi : ” Dan Orang2 yg menyakiti Orang2 yg muslim dan muslimah tanpa kesalahan yg mereka perbuat, maka sesungguh-nya mereka sudah memikul kebohongan dan dosa yg nyata (QS. Al-Ahzab Ayat 58) ”.

Dalil Larangan Berburuk Sangka (Suudzon)

Selain itu kalian bisa melihat Hadits Larangan Sifat Suudzon lainnya dari Hadits Riwayat Bukhari, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Jauhilah sifat berprasangka karna sifat berprasangka itu adalah sedusta – dusta pembicaraan. Dan jangan-lah km mencari kesalahan, memata – matai, jangan-lah km berdengki – dengkian, janganlah km belakang-membelakangi dan janganlah km benci-bencian. Dan hendaklah km semua wahai hamba-hamba Allah bersaudara (Hadits Riwayat Bukhari) ”.

Dalil Larangan Mempunyai Sifat Suudzon yang lainnya, bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT di Al Qur’an Surat Al Hujurat Ayat 12 berbunyi : ” Hai Orang2 yg beriman, jauhilah kebanyakan purba sangka (Kecurigaan) karna sebagian dari Purba Sangka itu Dosa. Dan jangan-lah mencari keburukan orang dan jangan-lah menggunjing-kan satu sama lain. ialah seorang diantara km yg suka memakan daging saudara-nya yg sudah mati ?. Maka tentu-lah km merasa jijik kepada-nya. Dan bertakwalah kpd Allah. Sesungguh-nya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang (QS. Al-Hujurat, Ayat : 12) ”.

Macam – Macam Suudzon di Ajaran Islam

Kemudian untuk Macam – Macam Sifat Suudzon didalam Ajaran Islam bisa kalian lihat dibawah ini, karena Macam – Macam Sifat Buruk Sangka Suudzon ini telah dituliskan beserta contoh dan penjelasannya langkap.

1. Berburuk Sangka (Suudzon) Kepada Allah SWT

Macam Sifat Buruk Sangka Suudzon yang pertama adalah Berburuk Sangka terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala dan Jenis Buruk Sangka ini biasanya tidak disadari oleh kebanyakan Masyarakat Muslim karena mereka sering Lupa dan Lalai. Sebagai contohnya banyak dari Setiap Muslim – Muslimah yang sudah termasuk kedalam Golongan Muslim Wajib Menikah, ketika disuruh ataupun ditanya untuk Menikah maka jawaban dari kebanyakan dari Mereka adalah Takut Miskin dan Takut nantinya tidak bisa menafkahi dan memberi Makan pasangannya.

Padahal Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat An Nur Ayat 32 sudah berjanji didalam Firmannya yg berbunyi : ” Dan kawinkanlah orang-orang yg sendirian diantara km, dan orang2 yg layak berkawin dari hamba-hamba sahaya-mu yg laki – laki dan hamba2 sahaya mu yg perempuan. Jika mereka MISKIN Allah akan MEMAMPUKAN mereka dg karunianya. dan Allah maha Luas pemberiannya lagi Maha Mengetahui (QS. An Nur Ayat 32) ”. Hal tersebutlah yang termasuk kedalam salah satu Contoh Suudzon terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala.

2. Berburuk Sangka (Suudzon) Ke Sesama Manusia

Macam Sifat Suudzon Kedua ialah berburuk sangka terhadap Orang Lain (Sesama Muslim) dan Macam Suudzon inilah yang sering terjadi di Setiap Muslim – Muslimah. Malahan bisa dikatakan sebagai Penyakit Sifat Buruk Manusia yang sangat sudah sekali dihilangkan. Padahal Berburuk Sangka terhadap Orang Lain, apalagi Sesama Muslim itu tidak dibolehkan dan dalam hal ini bisa kalian baca lagi Firman Allah SWT di Al Qur’an Surat Al Hujurat Ayat 12 berbunyi :

” Hai Orang2 yg beriman, jauhilah kebanyakan purba sangka (Kecurigaan) karna sebagian dari Purba Sangka itu Dosa. Dan jangan-lah mencari keburukan orang dan jangan-lah menggunjing-kan satu sama lain. Adalah seorang diantara km yg suka memakan daging saudara-nya yg sudah mati ?. Maka tentu-lah km merasa jijik kepada-nya. Dan bertakwalah kpd Allah. Sesungguh-nya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang (QS. Al-Hujurat, Ayat : 12) ”.

3. Berburuk Sangka Terhadap Diri Sendiri

Macam – Macam Suudzon Yang Ketiga adalah berburuk sangka terhadap Diri Sendiri dan Macam Suudzon ini malahan dibolehkan didalam Ajaran Islam, hanya saja konteks nya disini kita Berprasangka Buruk dengan menilai bahwa diri kita sendiri penuh dengan dosa dan jangan bersombong diri bahwa kita Manusia yang beriman tanpa melakukan Kesalahan (Dosa).

Hanya saja perlu ditekankan disini bahwa Macam Suudzon yang ketiga ini jangan terlalu diterapkan secara Ekstrem (Berlebihan) karena jika kalian terlalu Berburuk Sangka terhadap diri sendiri dari berbagai hal (berbagai Aspek) maka kalian akan masuk kedalam Golongan Manusia Pesimis, yang nantinya akan membuat hidup kalian tanpa Gairah dan Semangat sehingga bisa disimpulkan bahwa Macam Suudzon Ketiga ini harus diterapkan secara Normal dan tidak berlebihan dengan tidak diterapkan diberbagai Aspek (berbagai hal).

Demikianlah pembahasan mengenai Macam Buruk Sangka Suudzon yang telah ditulis secara lebih detail, dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini karena sebagai Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang mudah mempunyai Sifat Buruk Sangka (Sifat Suudzon) ini.. Paling tidak, dengan adanya pembahasan ini bisa menjadi bahan evaluasi diri kalian dan menjadi bekal ilmu, bahwa kalian harus benar2 bisa mengkontrol dan mengendalikan Hati dan Pikiran supaya tidak mempunyai Buruk Sangka terhadap Orang Lain.

Incoming search terms:

  • pengertian suudzon
  • contoh suudzon
  • pengertian suudzon dan contohnya
  • pengertian suuzan
  • contoh suudzon kepada allah diri sendiri dan orang lain
  • Suudzon
  • contoh suudzon kepada diri sendiri
  • contoh perilaku suudzon terhadap allah diri sendiri dan sesama manusia
  • contoh perbuatan suudzon
  • arti suudzon dalam islam
Pengertian, Contoh dan Macam Suudzon di Ajaran Islam | materiislam | 4.5