6 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan – Sholat Wajib Lima Waktu adalah salah satu Ibadah yang wajib dan harus dilakukan oleh setiap Muslim – Muslimah yang sudah masuk kedalam Syarat dan Ketentuan Mengerjakan Sholat Wajib, dalam hal ini dikarenakan Hukum Sholat Wajib 5 Waktu itu Fardhu Ain yakni wajib dan harus dilakukan oleh Seluruh Umat Muslim di Setiap Harinya sehingga akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Wajib bagi Setiap Muslim – Muslimah yang mengerjakannya, tetapi akan mendapatkan Dosa Besar bagi Setiap Muslim yang meninggalkan dan tidak mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu ini.

Kemudian untuk Keutamaan Mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu Menurut Hadits Shahih antara lain akan dijamin masuk Surga, terdapat Hadits Shahih dari Ubadah bin Ash Shamit Ra bahwa ia mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Lima Sholat yg Allah Wajibkan atas hambanya. Barangsiapa menunaikan nya dan tidak menyia-nyiakan nya sedikit pun karna menganggap enteng. Maka ia mempunyai perjanjian dg Allah untuk memasukkan ia ke dalam Surga. Dn barangsiapa tidak mengerjakannya, maka ia tidak mempunyai perjanjian dg Allah. jika Allah Subhanahu wa ta’ala berkehendak, maka ia mengadzab nya dan jika ia berkehendak ia mengampuni nya ”.

Dan Keistimewaan Mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu lainnya juga bisa buat mengapuskan Dosa – Dosa, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Tahukah kalian, seandainya terdapat sebuah Sungai di dekat pintu dari salah seorang diantara kalian, dan dia mandi di Air Sungai tersebut lima kali setiap hari, apakah akan tersisa kotoran nya walaupun sedikit ?, ‘ Para Sahabat Menjawab, : tidak akan tersisa sedikit pun kotoran nya, lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata, ‘ Maka begitulah perumpamaan Sholat Lima Waktu, dengannya Allah akan menghapuskan Dosa (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

6 Rahasia dan Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Manusia

manfaat gerakan sholat bagi kesehatan manusia lengkap

Selain itu ternyata Manfaat Sholat Bagi Kesehatan Tubuh juga sangat banyak dan dalam konteks ini terletak didalam Gerakan – Gerakan Sholat yg dilakukan oleh Seorang Muslim saat mengerjakan Sholat, dan Keutamaan Gerakan Sholat Bagi Kesehatan ini sudah banyak dibuktikan oleh Para Pakar dan Ahli Kesehatan. Oleh sebab itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan informasi mengenai Rahasia dan Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan Tubuh, karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang belum begitu mengetahui dan memahami tentang Manfaat – Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh Manusia sehingga sangat diharapkan dengan adanya informasi ini, maka bisa menjadi suatu Motivasi tambahan bagi Para Pembaca Muslim untuk selalu menjaga dan mengerjakan Shalat Wajib di Setiap Harinya.

1. Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram

Langsung saja untuk Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan adalah Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram pada Permulaan Sholat, dan dalam gerakan gerakan sholat ini Posisi Tubuh Berdiri Tegap, Kedua Tangan Mengangkat dan keduanya disedekapkan di depan dada. Lalu Manfaat Gerakan Takbiratul Ikhram Bagi Kesehatan Tubuh adalah dapat melancarkan aliran darah karena saat berdiri tegap dan mengangkat kedua tangan, maka Otot Bahu meregang sehingga Aliran Darah akan menjadi Lancar.

2. Gerakan Sholat Ruku

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Jasmani ada di Gerakan Sholat Rukuk, dan Posisi Tubuh saat Gerakan Ruku ditandai dengan Tulang Belakang yang lurus, posisi kepala lurus dengan tulang belakang dan Kedua Tangan memegang Kedua Lutut sebagai Penopang Tubuh sehingga Posisi Gerakan Sholat Ruku jika diletakkan Segelas Berisi Air di Punggung nya maka tidak akan tumpah.

Lalu Manfaat Gerakan Ruku Bagi Kesehatan Tubuh antara lain menjaga Fungsi Tulang Belakang sebagai Pusat Syaraf dan Penyangga Tubuh, selain itu Posisi Jantung yang sejajar dengan Otak saat Ruku membuat Aliran Darah di Tubuh Bagian Tengah akan lancar, Kedua Tangan yang memegang Kedua Lutut untuk Menopang Badan berfungsi untuk merelaksasikan Otot – Otot Bahu sampai ke bawah, dan sebagai latihan Kemih agar mencegah gangguan penyakit Prostat.

3. Gerakan Sholat I’tidal

Posisi Tubuh Gerakan Sholat I’tidal ini adalah Tubuh berdiri secara Tegak kembali setelah melakukan Gerakan Sholat Ruku, dan saat kembali berdiri tegak tersebut dibarengi dengan mengangkat Kedua Tangan setinggi telinga. Untuk Manfaat Gerakan Sholat I’tidal Bagi Kesehatan Manusia adalah agar Sistem Pencernaan Perut Manusia dapat berjalan lancar karena Otot didalam Pencernaan Perut mengalami Pemijatan dan Pelonggaran secara bergantian yakni saat Gerakan Ruku dan kembali berdiri tegak saat gerakan sholat i’tidal.

4. Gerakan Sholat Sujud Dua Kali

Posisi Tubuh Gerakan Sholat Sujud adalah dengan Menungging meletakkan Kedua Tangan, lutut, ujung kaki dan dahi (Kepala) ke Alas Lantai. Posisi Sujud Saat Sholat dilakukan sebanyak Dua Kali yakni Sujud Pertama (Setelah Gerakan Ruku) dan Sujud Kedua (Setelah Gerakan Duduk Diantara Dua Sujud). Lalu untuk Manfaat Gerakan Sholat Duduk Bagi Kesehatan Muslim ini adalah akan melancarkan Aliran Darah secara Maksimal ke Otak karena saat posisi Sujud ini Posisi Jantung ada diatas Otak, dan Posisi Sujud ini juga sangat bermanfaat untuk menghindarkan dari Gangguan Wasir.

5. Gerakan Duduk Dalam Sholat

Didalam Gerakan Sholat Dalam Sholat terdapat Tiga Macam yakni Duduk di Antara 2 Sujud, Duduk di Tahiyat Awal serta Duduk di Tahiyat Akhir, dan Ketiga Posisi Gerakan Duduk ini hanya dibedakan oleh Posisi Telapak Kaki sehingga bisa dikatakan Keutamaan Gerakan Duduk Dalam Sholat tidak jauh berbeda (sama). Adapun untuk Manfaat Gerakan Duduk Dalam Sholat Bagi Kesehatan Tubuh adalah untuk menghindarkan Nyeri di Pangkal Paha dan Posisi Telapak Kaki saat Gerakan Sholat ini membuat seluruh Otot tungkai turut meregang dan relaks kembali sehingga sangat baik bagi Umat Muslim karena Tumit menekan Aliran Kandung Kemih dan Saluran Vas Deferens.

6. Gerakan Sholat Salam

Posisi Gerakan Sholat Salam adalah dengan memutar kepala ke Kanan dan kekiri secara maksimal, Gerakan Sholat Kedua Salam ini dilakukan di Setiap Rakaat Terakhir dan sebagai tanda bahwa Shalat Wajib yang dikerjakan oleh kalian telah selesai. Adapun didalam Manfaat Gerakan Sholat Salam Bagi Kesehatan ialah untuk merelaksasikan Otot disekitar Leher dan aliran darah di kepala menjadi lancar, selain itu Gerakan Salam ini mencegah dari Sakit Kepala dan menjaga kekencangan Kulit di Area Wajib (Muka) kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Keutamaan dan Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Manusia, dan semoga pembahasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena sekali lagi Penulis meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang belum begitu memahami tentang Manfaat – Manfaat Gerakan Sholat. Oleh sebab itu Penulis sangat berharap dengan adanya ulasan ini maka bisa membuat Pembaca Muslim semakin termotivasi untuk selalu mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu baik secara sendirian maupun secara berjamaah.

Kemudian sebagai tambahan informasi saja kepada kalian bahwa lebih baik sekali jika kalian mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu Secara Berjamaah, baik dirumah maupun di Masjid karena Keutamaan Sholat Wajib Berjamaah itu lebih baik daripada mengerjakan Sholat Wajib Secara Sendirian. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Umar Ra bahwa Nabi Muhammad¬†Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Sholat dengan Berjamaah itu lebih baik Dua Puluh Tujuh kali dibandingkan Sholat Sendirian (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

6 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia | materiislam | 4.5