Tata Cara dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban Menurut Sunnah

Cara dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban – Sebelum membahas tentang Niat Puasa Sunnah Sya’ban maka yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebagai Pembaca Muslim adalah tentang Apa itu Nisfu Sya’ban, dan langsung saja untuk Pengertian Nisfu Sya’ban di ajaran Islam adalah Hari (Tanggal) Pertengahan di Bulan Sya’ban sehingga Puasa Nisfu Sya’ban itu sendiri adalah Puasa Sunnah yang dapat dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah di Pertengahan Bulan Syaban dalam Kalender Hijriyah (Kalender Hijriyah) karena pada dasarnya Arti dari Kata Nisfu sendiri adalah Pertengahan, oleh karena itu Nisfu Sya’ban berarti Pertengahan di Bulan Sya’ban.

Adapun Bulan Sya’ban yang hadir sebelum Bulan Ramadhan didalam Kalender Hijriyah ini merupakan salah satu Bulan Yang Mulia didalam Ajaran Islam, dan dalam hal ini telah dijelaskan didalam Hadits Shahih dari Usamah bin Zaid, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Bulan Syaban, Bulan diantara (Tengah – Tengah) Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan adalah Bulan disaat Manusia Lalai. Bulan Syaban ialah Bulan dinaikkan-nya berbagai Amalan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, Rabb Semesta Alam. Oleh karena itu, Aku amat-lah Suka untuk melakukan Puasa ketika amalanku di naikkan (Hadits Riwayat An-Nasai NO. 2359, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa Hadits ini Hasan) ”.

Kemudian Anjuran, Perintah dan Dalil Mengerjakan Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Aisyah Radhiyallahu’anha berkata yang berbunyi : ” Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menunaikan Puasa secara Sempurna sebulan Penuh selain di Bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berpuasa yg lebih banyak daripada Berpuasa di Bulan Syaban (Hadits Riwayat Bukhari No. 1969 dan Muslim No. 1156) ”. Selain itu, dari Abu Bakr Al Balkhi berkata bahwa : ” Bulan Rajab saatnya Menanam, di Bulan Syaban saatnya menyiram tanaman dan di Bulan Ramadhan saatnya menuai Hasil atau Panen ”.

Tata Cara dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban Menurut Hadits Lengkap

cara dan niat puasa nisfu sya'ban menurut hadits

Hadits – Hadits Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban sudah pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sehingga ada baiknya dan telah dianjurkan juga untuk dilakukan oleh kalian Sebagai Seorang Muslim – Muslimah, baik itu Berpuasa Sunnah Hari Senin dan Kamis di Bulan Sya’ban dan Berpuasa Sunnah di Nisfu Syaban (Puasa Pertengahan Bulan Syaban). Oleh karena itu dengan melihat pentingnya Puasa Sunnah di Bulan Syaban maka Penulis akan memberikan ulasan tentang Bacaan Niat Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban dan Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya’ban secara lebih detail dan lengkap.

Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya’ban Lengkap

niat puasa sunnah nisfu sya'ban dan terjemahan lengkap

Bacaan Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya’ban dan Terjamahan Arab, Latin dan Bahasa Indonesia secara lengkap diatas bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian Umat Muslim akan menunaikan Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban di Hari Senin dan Kamis dalam Bulan Sya’ban maupun saat di Pertengahan Bulan Sya’ban (Nisfu Sya’ban), karena yang mesti kalian ketahui bahwa didalam Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya’ban dan Niat Puasa Sya’ban di Hari – Hari Biasa tidak ada beda-nya.

Tata Cara Puasa Nisfu Sya’ban Menurut Hadits

Kemudian didalam Tata Cara Puasa Sunnah Sya’ban dan Puasa Nisfu Sya’ban (Pertengahan Bulan Sya’ban) sangatlah mudah karena masih sama seperti mengerjakan Puasa Sunnah pada umumnya, yakni membaca Niat Puasa Sunnah Sya’ban di Malam Hari Sebelum masuk Waktu Imsak dan bisa dibacakan didalam hati maupun dibacakan lirih di mulut, baik itu dibacakan dengan Bahasa Arab maupun Artian dalam Bahasa Indonesia. Setelah itu Tata Cara Puasa Sya’ban adalah menahan Makan, menahan Minum, menahan Hawa Nafsu (Syahwat) dan tidak melakukan apa – apa (perbuatan) yg dapat membatalkan Puasa.

Menahan Makan, Minum, Hawa Nafsu dan tidak melakukan Perkara Yang Membatalkan Puasa ini dilakukan ketika Masuk Waktu Imsak (Subuh) sampai Matahari Tenggelam atau dalam konteks ini bisa kalian ambil patokan ketika masuk Waktu Shalat Wajib Maghrib sehingga ketika Adzan Shalat Maghrib telah berkumandang, maka kalian bisa Berbuka (Makan dan Minum). Lalu untuk Masalah Makan Sahur di dalam Puasa Sunnah Sya’ban dan Nisfu Sya’ban ini tentu dibolehkan dan sangat dianjurkan untuk Makan Sahur karena dengan Bersahur maka kalian tentunya bisa lebih kuat dalam mengerjakan Puasa baik itu Puasa Ramadhan (Wajib) maupun Puasa Sunnah.

Manfaat dan Keutamaan Puasa Nisfu Sya’ban

Sedangkan Keutamaan Puasa Sunnah Sya’ban dan Puasa Sunnah Nisfu Sya’ban (Puasa Pertengahan Bulan Sya’ban) ini yang paling utama adalah akan mendapatkan Pahala yang banyak karena kalian sebagai Seorang Muslim telah melakukan apa yang sudah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam lakukan, atau dalam hal ini bisa dikatakan bahwa kalian telah menghidupkan Sunnah Rasul. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yang menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah2 ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka dia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang-Orang yg mengemalkan-nya, dengan tidak mengurangi Pahala mereka sedikit pun ”.

Selain itu Manfaat Puasa Sya’ban dan Puasa Nisfu Syaban untuk Setiap Muslim – Muslimah adalah sebagai salah satu cara untuk melatih kita agar terbiasa untuk melakukan Puasa sebelum Puasa di Bulan Ramadhan datang, sehingga dengan Berpuasa Sunnah maka kita sudah tidak kaget dan tidak terlalu berat saat awal – awal menunaikan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan karena Bulan Sya’ban ini datang persis sebelum Bulan Ramadhan dalam Kalender Hijriyah. Selain itu dengan Berpuasa maka sangat baik bagi Kesehatan Manusia, dan yang terpenting adalah sangat baik untuk Sistem Pencernaan Perut Manusia.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan tentang Tata Cara dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban yang telah ditulis oleh Penulis secara lebih dalam, lebih detail dan lebih lengkap. Semoga ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami dan mengetahui tentang Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban ini. Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa alangkah baiknya bagi kalian saat di Bulan Sya’ban, sebagai Umat Muslim sangat dianjurkan sekali untuk memperbanyak mengerjakan Shalat Sunnah seperti Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Dhuha, Shalat Sunnah Taubat dan memperbanyak Berdzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT, selain mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu dan Berpuasa Sunnah di Bulan Sya’ban.

loading...

loading...