Bacaan Niat Qurban Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Niat Qurban Untuk Diri Sendiri – Kurban atau Qurban secara harifah memiliki makna hewan sembelihan. Sedangkan ibadah Qurban ialah salah satu dari ibadah yang dilakukan umat Islam dimana melakukan penyembelihan binatang ternak yang dipersembahkan kepada Allah SWT. Ibadah Qurban hanya dikerjakan pada waktu bulan Dzulhijjah pada kalender Islam yang tepatnya ialah tanggal 10 Dzulhijjah dan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Hampir sama dengan Hari Raya Idul Fitri yang sebelumnya harus mengerjakan ibadah puasa selama 30 hari. Akan tetapi pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam tidak diwajibkan untuk mengerjakan puasa. Hukum puasa Qurban atau Idul Adha adalah sunnah, akan tetapi sunnah yang diutamakan. Sehingga akan lebih baik apabila dikerjakan. Sedangkan untuk jumlah puasa Qurban biasanya adalah dua hari, yaitu pada hari ke delapan bulan Dzulhijjah atau Puasa Tarwiyah dan pada hari ke sembilan atau Puasa Arafah.

Sejarah Qurban sendiri telah disampaikan didalam Al Qur’an, dimana terdapat dua buah peristiwa yaitu peristiwa Habil dan Qabil yang merupakan putra dari Nabi Adam AS dan peristiwa Nabi Ibrahim AS yang akan mengorbankan anaknya yaitu Nabi Ismail atas perintah Allah SWT.

Peristiwa Habil dan Qabil sendiri telah dijelaskan dalam Al Qur’an yang artinya “Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yg sebenarnya. Ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) serta tidak diterima dari yg lain (Qabil). Qabil berkata:”Aku pasti membunuhmu!” kemudian Habil berkata:”Sesungguhnya Allah SWT hanya menerima (Qurban) dari orang-orang yg bertakwa.” (QS. Al Maidah ayat 27)

Sedangkan peristiwa Nabi Ibrahim yang akan mengorbankan puteranya yaitu Nabi Ismail diterangkan dalam QS. Ash Shaaffaat ayat 102 sampai 107. Dimana diterangkan dalam Al Qur’an apabila Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mematuhi perintah Allah SWT dan tepat pada saat Nabi Ismail akan disembelih, Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba.

Niat Qurban Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Niat Qurban Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Dan pada kesempatan ini, kami ingin memberikan pembahasan tentang Niat Qurban. Karena pada saat akan mengerjakan ibadah kita harus membaca niat terlebih dahulu, sama halnya seperti kita akan mengerjakan sholat, maka kita harus membaca Niat Sholat. Sedangkan untuk ibadah Qurban juga kita harus membaca Niat Qurban. Adapun untuk bacaan Niat Qurban itu sendiri terbagi menjadi beberapa niat yang diantaranya adalah Niat Qurban Untuk Diri Sendiri, Niat Qurban Untuk Keluarga dan Orang Lain.

Niat Qurban Untuk Diri Sendiri

Apabila seseorang memiliki nadzar atau sebuah janji akan melaksanakan Kurban, maka pada saat membaca Niat Kurban Untuk Diri Sendiri adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ أَنْ أُضَحِّيْ عَنْ نَفْسِيْ فَرْضًا لِلّهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat berqurban untuk diri sendiri fardhu karena Allah Swt.

Sedangkan untuk bacaan Niat Kurban yang tidak berdasarkan karena nadzar atau janji, maka hukum qurbannya adalah sunnah dan niat kurban yang dibacakan adalah sebagai berikut.

نويت أن أاضحي عن نفسي سُنَّةً للهِ تَعَالى

Artinya: Saya niat berqurban untuk diri sendiri sunnah karena Allah Swt.

Niat Qurban Untuk Keluarga atau Orang Lain

نويت أن أضحي عن أحمد و….و….و….سنة لله تعالى

Artinya: Saya niat berqurban untuk ahmad dan…dan… (sampai 7 orang) sunnah karena Allah Swt.

Demikian itu sedikit pembahasan tentang Bacaan Niat Qurban Untuk Diri Sendiri dan Keluarga yang sekiranya pada kesempatan ini kami dapat berikan kepada anda, semoga saja pembahasan yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan kepada anda seputar Ibadah Qurban. Sedangkan untuk anda yang sekiranya merasa ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya yang saat ini mungkin belum anda ketahui, maka anda dapat mencoba melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami berikan.

Mungkin saja salah satu diantara pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari-cari oleh anda. Adapun untuk anda yang sekiranya merasa belum dapat menemukan pembahasan yang sesuai, maka anda dapat menunggu udpate pembahasan terbaru yang akan coba terus kami perbarui untuk setiap harinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila anda kembali berkunjung ke situs materi-islam.com lain waktu.

loading...