Cara, Doa dan Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban Lengkap

Cara dan Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban – Sebelum membahas terlebih jauh tentang Shalat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban, ada baiknya bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mengetahui terlebih dahulu Apa Itu Malam Nisfu Sya’ban didalam Islam, mungkin langsung saja bisa kalian baca untuk Pengertian Malam Nisfu Sya’ban adalah Malam di Pertengahan Bulan Sya’ban dalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam) dan Bulan Sya’ban ini sendiri terjadi diantara Bulan Rajab dan Bulan Suci Ramadhan karena Bulan Sya’ban terletak sebelum Bulan Rajab dan sesudah Bulan Ramadhan didalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam), bulan Kalender Masehi Nasional.

Di Bulan Sya’ban ini termasuk kedalam salah satu Bulan Mulia dan Istimewa didalam Ajaran Islam selain Bulan Suci Ramadhan, dan Keutamaan Bulan Sya’ban dalam hal ini telah dijelaskan didalam Hadits Usamah bin Zaid bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Bulan Sya’ban, Bulan diantara Rajab dan Ramadhan. Dan Bulan Sya’ban ini adalah Bulan disaat Manusia lalai, bulan dimana berbagai Amalan dinaikkan kepada Allah, Rabb Semesta Alam. Oleh karena itu, Aku amatlah Suka untuk Berpuasa ketika Amalan-ku di Naikkan (HR. An Nasa’i) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Aisyah Ra berkata yang berbunyi :

” Aku tidak pernah sama sekali melihat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berpuasa secara sempurna Sebulan Penuh selian di Bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berpuasa yg lebih banyak daripada Berpuasa di Bulan Syaban (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Sedangkan untuk Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban (Pertengahan di Bulan Sya’ban) sendiri telah dijelaskan didalam Hadits Shahih dari Mu’adz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Allah akan mendatangi Seluruh Makhluk nya di Malam Nisfu Sya’ban. Allah pun akan mengampuni Seluruh Makhluk kecuali Orang Yg Musyrik dan Orang Yg Bermusuhan ”.

Tata Cara dan Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban Secara Lengkap

tata cara dan niat shalat malam nisfu sya'ban

Setelah kalian cukup memahami tentang Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban dan Keutamaan Bulan Sya’ban dalam Kalender Hijriyah, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui tentang Tata Cara dan Niat Mengerjakan Shalat Malam Nisfu Sya’ban karena tidak bisa dipungkiri bahwa di Indonesia sendiri banyak Mayoritas Masyarakat Muslim yang menunaikan Sholat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban, ketika mereka bertemu dengan Malam Nisfu Sya’ban (Malam Pertengahan di Bulan Sya’ban) sehingga Penulis berharap dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa berguna dan bermanfaat bagi Para Pembaca Muslim yang membutuhkannya.

Bacaan Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban

niat shalat malam nisfu sya'ban dan terjemahan lengkap

Bacaan Niat Shalat Sunnah Nisfu Sya’ban dan Terjemahan Arab, Latin serta Artian dalam Bahasa Indonesia diatas bisa kalian bacakan secara lirih maupun dibacakan didalam hati sehingga kalian cukup mempunyai niat melakukan sholat malam nisfu sya’ban hanya didalam hati, tanpa harus diucapkan dimulut juga tidak masalah karena yang terpenting kalian mempunyai niat karna Allah Ta’laa.

Hadits Shahih dari Umar RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Amal itu tergantung niat-nya, dan seseorang hanya memperoleh sesuai niat-nya. Barang siapa yg hijrah-nya hanya kepada Allah dan Rasul nya, maka hijrah -nya kepada Allah dan Rasulnya, dan barang siapa yg hijrah -nya karena Dunia maupun karena Wanita yg hendak dinikahi nya, maka hijrahnya itu sesuai kemana dia hijrah (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Tata Cara Shalat Malam Nisfu Sya’ban

Setelah kalian mengetahui Bacaan Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban dan Terjemahan Lengkap seperti diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk memahami Tata Cara Mengerjakan Shalat Malam Nisfu Sya’ban. Namun sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa Sholat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban ini dikerjakan dengan Dua Raka’at Satu Salam dan sudah tentu Waktu Shalat Malam Nisfu Sya’ban ini dikerjakan di Malam Hari, yang lebih baik dikerjakan Secara Sendirian selepas Anda mengerjakan Shalat Wajib Isya.

Kemudian didalam Tata Cara Shalat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban Dua Raka’at sendiri sangatlah mudah karena diawali dg membaca Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban dan dilanjutkan dg Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar), diteruskan membaca Bacaan Doa Iftitah, membaca Surat Al Fatihah dan membaca Suratan Al Qur’an Pendek maupun Suratan Panjang. Setelah itu dilanjutkan Gerakan Shalat Ruku dan membaca Doa Ruku, dilanjutkan I’tidal dan membaca doanya, dilanjut Sujud Pertama dan membaca doanya, dilanjutkan Duduk diantara Dua Sujud, dilanjutkan Sujud Kedua dan membaca doanya, serta diteruskan berdiri kembali di Rakaat Kedua Shalat Malam Nisfu Sya’ban.

Adapun Langkah – Langkah di Raka’at Kedua Shalat Malam Nisfu Sya’ban ini langsung membaca Suratan Al Fatihah dan membaca Suratan Al Qur’an (Pendek maupun Panjang). Setelah itu dilanjutkan Gerakan Shalat Ruku dan membaca Doa Ruku, dilanjutkan Gerakan Shalat I’tidal dan membaca doanya, dilanjutkan Gerakan Shalat Sujud Pertama dan membaca doanya, dilanjutkan Gerakan Shalat Duduk diantara Dua Sujud dan membaca Doanya, dilanjutkan Gerakan Shalat Sujud Kedua dan membaca doanya, dilanjutkan dengan Gerakan Shalat Tahiyat Akhir dan membaca Doa Tahiyat Akhir, dan diteruskan dengan Gerakan Shalat Salam.

Dzikir Setelah Shalat Malam Nisfu Sya’ban

bacaan dzikir sholat malam nisfu sya'ban lengkap

Setelah kalian melakukan Gerakan Shalat Salam (Menengok Kanan dan Kiri) maka kalian sudah selesai mengerjakan Shalat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban Dua Raka’at, dan sangat dianjurkan sekali jika kalian setelah selesai mengerjakan Shalat Sunnah ini maka ada baiknya jika kalian memperbanyak Berdzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan diatas merupakan Bacaan Dzikir Shalat Malam Nisfu Sya’ban yang bisa kalian amalkan dan bacakan sendiri di rumah..

Doa Setelah Shalat Malam Nisfu Sya’ban

doa shalat malam nisfu sya'ban memohon ampunan

Kemudian setelah kalian selesai Berdzikir Setelah Shalat Malam Nisfu Sya’ban maka bisa diteruskan dengan membaca Bacaan Doa Shalat Malam Nisfu Sya’ban yang telah dibuat seperti diatas, dengan maksud untuk memohon Ampunan kepada Allah SWT. Perlu kalian ketahui sekali lagi bahwa salah satu Keutamaan Shalat Malam Nisfu Sya’ban adalah sebagai salah satu cara untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang sudah pernah kita perbuat.

Bisa kalian lihat sekali lagi Hadits Shahih dari Mu’adz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Allah akan mendatangi Seluruh Makhluk nya di Malam Nisfu Sya’ban. Allah pun akan mengampuni Seluruh Makhluk kecuali Orang Yg Musyrik dan Orang Yg Bermusuhan ”.. Dan diatas merupakan bacaan doa yang bisa kalian amalkan dan bacakan setelah kalian selesai mengerjakan Shalat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban.

Mungkin cukup sekian saja pembahasan tentang Tata Cara dan Niat Shalat Nisfu Sya’ban yang telah ditulis secara detail dan lengkap, semoga saja ulasan ini bisa berguna bagi Para Pembaca Muslim yang membutuhkannya karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang Shalat Sunnah Malam Nisfu Sya’ban ini. Hal tersebut dikarenakan Para Pembaca Muslim lebih mengetahui tentang Shalat Sunnah Malam lain seperti Shalat Sunnah Malam Hajat, Shalat Sunnah Malam Tahajud, Shalat Sunnah Malam Taubat, Shalat Sunnah Malam Istikharah, Shalat Sunnah Malam Witir dan Shalat Sunnah Dhuha.

Incoming search terms:

  • bacaan surat sholat nisypu saban
  • masalah tayin niat dalam shalat nisfu syaban
  • niat shalat nisfu syaban
  • niat sholat nisfu sya\ban beserta doa nya
  • niat sholat sunnah nisfu sya\ban
  • niat solat nisfu sakban
  • tata cara dan niat sholat sunnat nisfussaban beserta doanya setelah sholat
Cara, Doa dan Niat Shalat Malam Nisfu Sya’ban Lengkap | materiislam | 4.5