Niat Shalat Rawatib Qobliyah Sebelum Subuh, Dzuhur, Ashar dan Isya

Sebelum membahas secara lebih detail tentang Bacaan Niat Shalat Rawatib Sebelum Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar dan Shalat Isya. Ada baiknya bagi kalian para Pembaca Muslim untuk terlebih dahulu mengetahui tentang Apa Itu Shalat Sunnah Rawatib didalam Ajaran Islam, karena Penulis dipertemuan sebelumnya telah membahas lengkap tentangĀ 5 Rukun Islam dan Penjelasannya sehingga dikesempatan ini Penulis akan membahas tentang Shalat Sunnah Rawatib secara lengkap pula. Dan langsung saja Pengertian Shalat Sunnah Rawatib ini adalah salah satu Shalat Sunnah yang bisa dikerjakan oleh tiap tiap Muslim Sebelum dan Sesudah Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu di Setiap Harinya.

Karena memang didalam Shalat Sunnah Rawatib terbagi menjadi dua macam yang antara lain Shalat Rawatib Qabliyah yakni Shalat Rawatib yang dikerjakan Sebelum Shalat dan Shalat Rawatib Ba’diyah yakni Shalat Rawatib yang dikerjakan Sesudah Shalat. Lalu didalam Shalat Sunnah Rawatib Qabliyah ini meliputi Shalat Rawatib Sebelum Shalat Subuh, Shalat Rawatib Sebelum Shalat Dzuhur, Shalat Rawatib Sebelum Shalat Ashar dan Shalat Rawatib Sebelum Shalat Isya. Sedangkan Shalat Sunnah Rawatib Ba’diyah meliputi Shalat Rawatib Sesudah Shalat Dzuhur, Shalat Rawatib Sesudah Shalat Maghrib dan Shalat Rawatib Sesudah Shalat Isya.

Kemudian untuk Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib ini sangatlah banyak dan bisa kalian lihat didalam Hadits – Hadits Shahih seperti Hadits dari Aisyah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Dua Rakaat Shalat Sunnah yang ditunaikan sebelum Subuh itu lebih baik daripada Dunia dan Seisi-nya (Hadits Riwayat Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih dari Ummu Habibah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg menjaga (Mengerjakan) Empat Rakaat Shalat Sebelum dan Sesudah Shalat Dzuhur, Allah akan mengharamkan nya dari Api Neraka (Hadits Riwayat Abu Daud) ”.

Bacaan Niat Shalat Rawatib Qabliyah Subuh, Dzuhur, Ashar dan Isya

niat shalat rawatib qobliyah

Adapun Dalil Perintah Mengerjakan Shalat Rawatib bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Mughaffal Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Diantara Dua Adzan itu terdapat Shalat, diantara Dua Adzan itu terdapat Shalat, diantara Dua Adzan itu terdapat Shalat. Lalu di ucapan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yg ketiga Beliau menambahkan : Bagi Yang Mau ”. Oleh karena itu dengan melihat Hadits – Hadits Shahih diatas sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Shalat Wajib Lima Waktu sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh kalian Para Muslim – Muslimah.

Untuk itu dibawah ini telah saya buatkan Bacaan Niat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum (Qabliyah) Shalat Wajib Subuh, Shalat Wajib Dzuhur, Shalat Wajib Ashar dan Shalat Wajib Isya. Hal ini sekali lagi dikarenakan sebagai Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum mengetahui tentang Niat Shalat Sunnah Rawatib Qabliyah Shalat Wajib, dan langsung saja bisa kalian lihat ulasannya dibawah ini :

Niat Shalat Rawatib Qobliyah Subuh

niat mengerjakan shalat rawatib sebelum subuh

Niat Shalat Rawatib Qobliyah Dzuhur

niat menunaikan shalat rawatib sebelum dzuhur

Niat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Ashar

niat melaksanakan shalat rawatib sebelum ashar lengkap

Niat Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Isya

niat melakukan shalat rawatib sebelum isya

Bacaan Niat Mengerjakan Shalat Rawatib Qabliyah Sebelum Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar dan Shalat Isya diatas telah ditulis dengan Terjemahan Lengkap karena telah ditulis dengan Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia sehingga dengan begitu semoga bisa memudahkan kalian Para Pembaca Muslim untuk membaca dan menghafalkan Bacaan Niat Melakukan Sholat Rawatib Qobliyah tersebut.

Kemudian sebagai tambahan informasi kepada kalian Para Pembaca, bahwa untuk Shalat Rawatib Qabliyah Sebelum Shalat Maghrib itu tidak ada karena Shalat Rawatib Qabliyah Sebelum Shalat Wajib itu hanya ada empat yakni Shalat Rawatib Sebelum Subuh, Dzuhur, Ashar dan Isya. Dalam hal ini dikarenakan waktu dimana Setelah Shalat Ashar dan Sebelum Shalat Maghrib salah satu termasuk kedalam Waktu Dilarang Mengerjakan Shalat Sunnah. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abu Sa’id Al Khudri Ra berkata dia mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi :

” Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Subuh sampai Matahari meninggi dan tidak ada Sholat Sesudah Sholat Ashar sampai Matahari Tenggelam (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Dengan melihat Hadits Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa tidak ada Sholat Sunnah setelah Sholat Wajib Subuh sampai Matahari Meninggi dan tidak ada Sholat Sunnah setelah Sholat Wajib Ashar sampai Matahari Tenggelam sehingga tidak ada Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Sholat Wajib Maghrib…

loading...

loading...