Tata Cara dan Niat Shalat Witir 1 Rakaat dan 3 Rakaat Lengkap

Cara dan Niat Shalat Witir – Pengertian mengenai Shalat Witir didalam Ajaran Islam adalah merupakan salah satu Shalat Sunnah Malam selain Shalat Tahajud, Shalat Hajat dan Shalat Istikharah yg bisa ditunaikan oleh setiap Muslim – Muslimah, namun perlu diketahui bahwa Shalat Sunnah Witir ini memiliki ketentuan khusus yakni Jumlah Rakaat Shalat Witir dikerjakan harus ganjil karena arti kata dari Witir itu sendiri adalah Ganjil, sehingga kalian sebagai Umat Muslim saat akan menunaikan Shalat Sunnah Witir ini diperbolehkan untuk memilih antara 1, 3, 5, 7, 9 sampai 11 Raka’at sesuai dg kemampuan dan keikhlasan Hati kalian.

Lalu untuk Hukum Mengerjakan Shalat Witir ini sudah tentu Sunnah, bukan Wajib sehingga tidak Berdosa dan Tidak Apa Apa jika kalian Seorang Mukmin meninggalkan (Tidak Mengerjakan) Shalat Sunnah Witir ini. Namun perlu ditekankan disini bahwa Shalat Sunnah Witir memiliki Keutamaan dan Keistimewaan yg banyak, seperti salah satunya Akan Memperoleh Pahala Shalat Sunnah yg banyak karena Shalat Sunnah Witir merupakan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Bukti Shalat Witir ini merupakan Sunnah Nabi dan pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dibawah ini :

Didalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dituliskan bahwa Aisyah Ra pernah menerangkan tentang Shalat Sunnah Malam yg dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam di Bulan Ramadhan berbunyi: ” Rasul Shallallahu alaihi wasallam tidak pernah Shalat Malam lebih dari 11 Raka’at, baik itu saat di Bulan Ramadhan maupun di Luar Bulan Ramadhan yakni Rasul SAW Shalat 4 Raka’at, maka jgn km tanya tentang Bagus dan Lama Shalat-nya, lalu Rasul SAW melakukan Shalat 4 Raka’at lagi, maka jgn km tanya tentang Bagus dan Lama Shalat-nya. Kemudian Rasul Shalat Witir 3 Raka’at (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Dengan melihat Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa walaupun Hukum Shalat Witir ini Sunnah, tetapi telah dianjurkan untuk dikerjakan oleh Umat Muslim karena didalam Shalat Sunnah Malam tersebut sudah menjadi Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan didalamnya juga memiliki Keutamaan Shalat Witir yang banyak. Oleh karena itu dibawah ini telah saya buatkan ulasan secara detail mengenai Tata Cara dan Niat Mengerjakan Shalat Witir Secara Makmum karena sangatlah baik sekali bagi kita Umat Muslim – Muslimah untuk menunaikan Shalat Sunnah Witir ini.

Bacaan Niat Shalat Witir Sebagai Makmum dan Terjemahannya

cara, doa dan niat sholat witir lengkap

Dibawah ini telah saya berikan kepada kalian Bacaan Niat Shalat Sunnah Witir Secara Berjamaah Sebagai Makmum, baik itu Shalat Witir Satu Raka’at, Dua Raka’at dan Tiga Raka’at yang tentunya telah dibuat dengan Terjemahan Lengkap karena terdapat Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia.

Bacaan Niat Shalat Witir 1 Raka’at Lengkap

niat shalat witir satu raka'at sebagai makmum

Bacaan Niat Sholat Witir 2 Raka’at Lengkap

niat mengerjakan shalat witir 2 raka'at makmum

Bacaan Niat Shalat Sunnah Witir 3 Raka’at Lengkap

niat shalat sunnah witir dengan 3 raka'at

Bacaan Niat Shalat Witir Sebagai Imam Lengkap

Dibawah ini merupakan Bacaan Niat Menunaikan Shalat Witir Secara Berjamaah yang bertindak sebagai Imam Shalat Witir karena Shalat Sunnah Witir ini bisa dikerjakan secara Sendirian maupun Secara Berjamaah (Ada Imam dan Makmum Shalat).

Bacaan Niat Shalat Witir 1 Raka’at Lengkap

niat shalat witir sebagai imam shalat lengkap

Bacaan Niat Mengerjakan Shalat Witir 1 Raka’at Sebagai Imam Shalat diatas bisa diganti jika kalian akan menunaikan Shalat Sunnah Witir dengan 2 Raka’at maupun 3 Raka’at, tinggal diganti bacaannya yang telah di Bold Merah (Warna Merah) dengan bacaan 2 Raka’at dan 3 Raka’at seperti yang telah dituliskan didalam Niat Shalat Witir Sebagai Makmum Dengan 2 Raka’at dan 3 Raka’at (Diatas).

Bacaan Niat Shalat Witir Secara Sendirian

Dan dibawah ini telah saya buatkan pula Bacaan Niat Melaksanakan Shalat Witir Secara Sendirian, dan tentunya telah dibuat secara lengkap pula karena sudah ada Terjemahan Arab, Latin dan Bahasa Indonesia-nya

Bacaan Niat Sholat Sunnah Witir 1 Raka’at

niat melaksanakan shalat witir 1 raka'at sendirian

Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Witir 1 Raka’at Secara Sendirian diatas bisa diganti jika kalian akan mengerjakan Shalat Sunnah Witir dengan 2 Raka’at maupun 3 Raka’at secara sendirian, tinggal diganti bacaannya yang telah di Bold Merah (Warna Merah) dengan bacaan 2 Raka’at dan 3 Raka’at seperti yang telah dituliskan didalam Niat Melakukan Shalat Witir Sebagai Makmum Dengan 2 Raka’at dan 3 Raka’at (Diatas).

Tata Cara Shalat Witir 1 Rakaat dan 3 Rakaat Lengkap

Setelah kalian mengetahui tentang Bacaan Niat Shalat Witir dengan 1 Raka’at dan 3 Raka’at Secara Berjamaah maupun Secara Sendirian yang telah ditulis lengkap diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara Mengerjakan Shalat Witir Yang Benar Menurut Hadits karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum mengetahui Tata Cara Shalat Sunnah Witir ini. Langsung saja bahwa Shalat Sunnah Witir itu dikerjakan dengan Jumlah Raka’at Ganjil dan bisa dikerjakan dengan 1, 3, 5, 7, 9 dan 11 Raka’at sehingga kalian bisa memilih sendiri Jumlah Raka’at yg akan dikerjakan, hanya saja kebanyakan Shalat Witir ini biasanya dilakukan dengan Jumlah 1 Raka’at maupun 3 Raka’at saja.

Adapun Langkah – Langkah dan Tata Cara Shalat Witir Dengan 1 Raka’at sangatlah gampang karena Shalat Sunnah ini diawali dg membaca Niat Shalat Sunnah Malam Witir, diteruskan dg Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan dilanjut dg membaca Bacaan Doa Iftitah. Setelah selesai membaca Doa Iftitah maka diteruskan dg membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an (baik itu Suratan Pendek maupun Suratan Panjang), setelah itu dilanjut dg Gerakan Ruku dn doanya, dilanjut Gerakan I’tidal dn membaca doanya, dilanjut Gerakan Sujud Pertama dn Doanya, dilanjut Gerakan Duduk diantara 2 Sujud dn Doanya, dilanjut Gerakan Sujud Kedua dn Doanya dan dilanjut dg Gerakan Tahiyat Akhir dn membaca Doanya, setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir maka diteruskan dg Gerakan Shalat Salam. Dengan selesainya Gerakan Shalat Salam tersebut maka Shalat Witir 1 Raka’at telah selesai dikerjakan oleh kalian.

Sedangkan Tata Cara Shalat Witir Dengan 3 Raka’at ini dilakukan sebanyak 2 kali karena menurut Jumhur Ulama berpendapat bahwa Shalat Sunnah itu dilakukan dengan Sekali Salam (Satu Salam) disetiap Dua Raka’at sehingga jika kalian berniat untuk Shalat Sunnah Malam Witir sebanyak 3 Raka’at maka kalian harus mengerjakan Shalat Witir 2 Raka’at terlebih dahulu, baru kemudian dilanjut dg mengerjakan Shalat Witir 1 Raka’at sehingga total semuanya menjadi 3 Raka’at. Adapun untuk Tata Cara Mengerjakan Shalat Witir 2 Raka’at masih sama seperti Langkah dan Tata Cara Sholat Witir 1 Raka’at diatas, hanya saja ketika setelah Gerakan Sujud Kedua di Raka’at Pertama maka kalian berdiri kembali untuk melakukan Shalat Witir di Raka’at Kedua dan langsung membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an, setelah itu diteruskan dg Gerakan Shalat sampai Gerakan Shalat Salam di Raka’at Kedua.

Bacaan Doa Setelah Shalat Witir Lengkap

doa sesudah shalat witir dan terjemahan

Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Shalat Sunnah Witir diatas bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian selesai menunaikan Shalat Sunnah Witir ini, karena doa tersebut merupakan bacaan doa yg pernah dibacakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam setelah Beliau selesai menunaikan Shalat Sunnah Witir. Dalam hal ini menurut Hadits Shahih Riwayat An Nasa’i mengatakan, dari Ubay bin Ka’ab berkata : ” Jika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sudah selesai dari Shalat Sunnah Witir, lantas Beliau membaca Subhaanal Malikil Qudduus sebanyak Tiga kali, dan Beliau memanjangkan di Akhirnya (HR. An Nasa’i) ”.

Selain itu, tentunya kalian bisa menambahkan dengan membaca Bacaan Doa – Doa lainnya sesuai Hajat dan Kebutuhan kalian karena yg mesti ditekankan disini bahwa tidak ada doa khusus yang harus dibacakan setelah mengerjakan Shalat Sunnah Witir sehingga kalian bisa bebas membaca doa sesuai dg Kebutuhan kalian. Namun sangat dianjurkan sekali bahwa kalian sebagai Umat Muslim, untuk selalu membaca Dzikir Setelah Shalat baik itu setelah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah Malam karena selain memiliki Keutamaan Banyak, Berdzikir itu sudah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan.

Waktu Mengerjakan Shalat Witir Yang Baik

Kemudian setelah kalian mengetahui Tata Cara Shalat Sunnah Witir Yang Benar Menurut Hadits, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Pembaca Muslim untuk mengetahui Waktu Shalat Sunnah Witir Yang Baik. Dan sejatinya Waktu Shalat Witir ini dapat dilakukan di Malam Hari yakni dimulai dari setelah melakukan Shalat Wajib Isya sampai terbitnya Fajar dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dibawah ini.

Hadits Riwayat Kharijah bin Hudzafah Al Adwi menceritakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pernah keluar dan menemui kami, lalu Rasul SAW bersabda: ” Sesungguh-nya Allah Ta’ala sdh menambahkan kalian dg Satu Shalat, yg Shalat itu lebih baik untuk diri km daripada Unta yg Merah, yakni Shalat Witir. Waktu mengerjakannya Allah berikan kepada km dari Sehabis Shalat Isya sampai terbitnya Fajar ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Waktu Shalat Witir ini dilakukan di Sepanjang Malam yg dimulai setelah menunaikan Shalat Wajib Isya sampai terbitnya Fajar di Pagi Hari (Sebelum masuk Waktu Shalat Subuh). Namun perlu diketahui bahwa Waktu Terbaik Shalat Witir ini dilakukan di Waktu Sepertiga Malam Terakhir (Tengah Malam, Dini Hari sampai sebelum masuk Waktu Shalat Subuh) karena diwaktu tersebut merupakan waktu terbaik mengerjakan Shalat Sunnah Malam.

Keutamaan Shalat Witir Menurut Hadits

Kemudian untuk Keutamaan – Keutamaan Shalat Sunnah Witir yang dapat kalian dapatkan ketika mengerjakannya antara lain Yang Pertama akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg banyak karena sekali lagi Shalat Sunnah Witir ini sudah di Sunnahkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dikerjakan oleh Umat Muslim – Muslimah, selain itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga mengerjakan Shalat Sunnah Witir ini semasa Beliau masih Hidup sehingga sudah sangat baik sekali jika kalian juga mengerjakan Shalat Sunnah Malam Witir ini.

Lalu Keistimewaan Shalat Witir Yang Kedua adalah sebagai Tambahan Shalat selain Shalat Wajib Lima Waktu dan Allah Subhanahu wa ta’ala menyukai Shalat Witir (Ganjil). Dalam hal ini bisa kalian lihat dan baca Hadits Shahih yang berbunyi : ” Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta’ala telah memberikan kepada Kalian tambahan Shalat, yakni Shalat Witir. Maka Shalat Witirlah Km antara Waktu Shalat Isya sampai Terbitnya Fajar (HR. Ahmad) ”. Dan Hadist Shahih berikut ini : ” Sesungguhnya Allah itu Ganjil, dan menyukai Orang2 yg mengerjakan Shalat Witir, maka Shalat Witir-lah Wahai para Ahli Al-Qur’an ”.

Demikianlah pembahasan tentang Tata Cara dan Niat Shalat Witir yg telah ditulis secara lebih detail dan dalam. Semoga saja ulasan tentang Shalat Sunnah Malam Witir ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim karena Shalat Witir ini termasuk Shalat Sunnah Malam yg sering dilakukan sebagai Penutup Shalat Sunnah Malam seperti Niat Shalat Sunnah Istikharah, Shalat Sunnah Malam Tahajud, Shalat Sunnah Malam Taubat dan Shalat Sunnah Hajat. Oleh karena itu dengan adanya ulasan lengkap dan dalam tentang Shalat Sunnah Witir, maka penulis sangat berharap bahwa apa yang telah dijelaskan disini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yg ada di Indonesia.

Incoming search terms:

  • sholat witir 1 rakaat
  • tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya
  • niat shalat witir 3 rakaat
  • niat shalat witir 1 rakaat
  • niat shalat witir
  • mengerjakan solat witir 1 rakaat
  • gerakan witir 1 rakaat
  • cr sholat witir 3rakaat
  • tata cara witir 1 rakaat
  • cara shalat witir 1 rakaat
Tata Cara dan Niat Shalat Witir 1 Rakaat dan 3 Rakaat Lengkap | materiislam | 4.5