Bacaan Niat Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya

Bacaan Niat Shalat Fardhu Lima Waktu – Pembahasan mengenai Shalat Fardhu Lima Waktu didalam Islam itu terdiri dari Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya, dan Shalat Fardhu ini wajib sekali bagi tiap – tiap Muslim untuk dikerjakan setiap harinya karena didalam Hukum Mengerjakan Shalat Fardhu ialah Fardhu Ain, yakni diwajibkan untuk dikerjakan oleh setiap Muslim yang telah masuk kedalam Syarat dan Ketentuan dalam Mengerjakan Shalat Fardhu sehingga akan mendapatkan Dosa Besar bagi setiap Muslim yang dengan sengaja meninggalkan atau tidak mengerjakan Shalat Fardhu tanpa Uzur (Halangan) apapun.

Tetapi akan memperoleh Pahala yang banyak dan akan mendapatkan Keutamaan Mengerjakan Shalat Fardhu Lima Waktu jika kalian selalu mengerjakan dan menunaikan Shalat Fardhu disetiap harinya. Hal ini disebabkan kita sebagai seorang Umat Muslim telah menjalankan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT, Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 110: ” Dan kerjakanlah Shalat dan Tunaikan-lah Zakat. Dan kebaikan apa saja yg telah km usahakan bagi diri km, tentu km akan mendapatkan Pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa2 yg km kerjakan (QS. Al Baqarah Ayat : 110) ”.

Selain Surat Al Baqarah Ayat 110 diatas tentunya masih banyak lagi Firman – Firman Allah SWT didalam Al Qur’an yang membahas tentang perintah mengerjakan Shalat. Maka dari itu sudah bisa disimpulkan bahwa kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah harus selalu mengerjakan Shalat Fardhu Lima Waktu (Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya) baik dikerjakan secara sendirian maupun secara berjamaah (Makmum) karena hal ini merupakan salah satu kewajiban kita sebagai seorang Muslim dan akan mendapatkan Dosa Besar jika kita meninggalkan salah satu saja Shalat Fardhu Lima Waktu tersebut disetiap harinya.

Oleh karena itu dikesempatan kali ini saya sebagai penulis dan pengurus laman Website Materi Islam akan memberikan ulasan secara lebih detail mengenai Bacaan Niat Shalat Wajib Lima Waktu karena tidak bisa dipungkiri bahwa dalam membaca Niat Mengerjakan Shalat Wajib itu termasuk kedalam Syarat Sah Shalat dan Mayoritas Masyarakat Indonesia kebanyakan beragama Islam, tentunya masih banyak Pembaca Muslim diluar sana yang belum begitu memahami mengenai Bacaan Niat Melaksanakan Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya baik itu Niat Shalat yang dikerjakan secara Sendirian maupun secara Berjamaah (Makmum).

niat shalat fardhu lima waktu lengkap

Bacaan Niat Shalat Subuh Sendiri dan Berjamaah

bacaan niat shalat subuh secara sendirian dan makmum lengkap

Bacaan Niat Shalat Dzuhur Sendirian dan Berjamaah

niat melakukan shalat dzuhur sendirian dan berjamaah

Bacaan Niat Shalat Asyar Sendirian dan Berjamaah

niat mengerjakan sholat ashar sendirian dan makmum lengkap

Bacaan Niat Shalat Maghrib Sendirian dan Berjamaah

niat menunaikan sholat maghrib sendirian dan makmum

Bacaan Niat Sholat Isya Sendirian dan Berjamaah

niat melaksanakan shalat isya sendirian dan berjamaah

Demikianlah Bacaan Niat Menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya yang bisa kalian bacakan ketika akan mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu disetiap harinya, baik dikerjakan secara Sendirian maupun secara Berjamaah (Ada Imam dan Makmum Sholat) di Masjid, di Rumah, di Kantor, di Apertemen dan tempat yang dibolehkan untuk mengerjakan Shalat lainnya.

Adapun sebagai tambahan informasi saja bahwa Keutamaan Mengerjakan Shalat Wajib Secara Berjamaah itu lebih banyak, jika dibandingkan mengerjakan shalat wajib secara sendirian. Hal ini seperti dijelaskan didalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang berbunyi : ” Shalat dengan Berjamaah (Makmum), itu Dua Puluh Tujuh Kali lebih baik daripada Shalat secara Sendirian (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Selain itu dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Shalatnya seorang Lelaki Muslim secara Berjamaah itu melebihi Shalat nya secara Sendirian di Rumah maupun di Pasar sebanyak 25 kali, yang demikian dikarenakan bila dia Berwudhu dengan sempurna, lalu pergi ke Masjid dengan tiada tujuan lain selain untuk mengerjakan Shalat secara Berjamaah semata – mata. Maka tiadalah dia melangkah kecuali diangkat kedudukannya 1 derajat dan dihapuskan 1 dosanya.

Dan jika dia melakukan Shalat maka para Malaikat memohonkan untuknya Rahmat selama dia masih berada di Tempat Shalat itu dlm keadaan tidak berhadast. Para Malaikat itu berdoa kepada Allah, ” Ya Allah, berilah Rahmat kepada Orang ini dan sayangilah dia ”. Dan orang tersebut masih selalu dianggap sd menunaikan Shalat, selama ia menantikan datangnya Waktu Shalat yang lain (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Incoming search terms:

  • niat sholat 5 waktu sendirian
  • niat sholat isyah subuh magrib duhur
Bacaan Niat Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya | materiislam | 4.5