Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Dzuhur Sendiri dan Berjamaah

Tata Cara dan Niat Sholat Dzuhur – Pembahasan mengenai Sholat Dzuhur dalam Islam adalah salah satu Sholat Fardhu Lima Waktu yang wajib dilakukan oleh tiap tiap Muslim disetiap harinya karena Hukum Mengerjakan Sholat Dzuhur bagi setiap Muslim ialah Fardhu Ain. Pengertian Hukum Sholat Dzuhur yang Fardhu Ain ini ialah suatu Ibadah Sholat yg wajib dilakukan oleh seluruh Individu umat Islam yg telah memenuhi Syarat dan Ketentuan, karena jika seorang Muslim meninggalkan Sholat Dzuhur dan Sholat Fardhu Ain lainnya maka akan mendapatkan Dosa Besar.

Selain itu didalam Al Qur’an sudah banyak menerangkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memerintahkan Orang Yang Beriman (Umat Muslim) untuk mengerjakan Sholat, seperti salah satu contohnya yang terdapat didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 110 berbunyi : ” Dan dirinkanlah Sholat dan Tunaikanlah Zakat. Dan Kebaikan apa saja yg km usaha-kan bagi diri kamu, tentu km akan memperoleh Pahala-nya pd sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat Apaapa yang km kerjakan (QS. Al Baqarah Ayat : 110) ”.

Dengan melihat Isi dari Surat Al Baqarah Ayat 110 diatas maka sudah semakin jelas bahwa kita sebagai seorang Muslim dan Muslimah sudah diwajibkan untuk mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu (Sholat Subuh, Sholat Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib dan Sholat Isya) disetiap harinya. Dan jika kita tidak menunaikan Sholat Wajib Lima Waktu, sekalipun hanya satu Sholat maka akan mendapatkan Dosa besar. Namun akan memperoleh Pahala dan mendapatkan Keutamaan Sholat Fardhu yang banyak bagi mereka yang selalu menunaikan Sholat Fardhu Lima Waktu disetiap harinya.

Oleh karena itu dikesempatan kali ini saya selaku penulis akan memberikan ulasan lengkap tentang Tata Cara Sholat Dzuhur dan Niat Sholat Dzuhur karena Sholat Dzuhur juga termasuk kedalam salah satu Sholat Fardhu Lima Waktu. Dan saya pribadi selaku penulis juga sangat meyakini bahwa diluar sana masih ada ataupun banyak Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang Sholat Fardhu Dzuhur sehingga dengan adanya pembahasan detail tentang Sholat Dhuhur ini maka diharapkan bisa berguna dan bermanfaat bagi mereka untuk belajar.

Bacaan Niat Sholat Dzuhur Sebagai Imam, Makmum dan Sendirian

tata cara dan niat sholat dzuhur secara lengkap dalam islam

Langsung saja dibawah ini telah saya berikan Lafadz Niat Sholat Dzuhur dan Terjemahan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia baik saat akan mengerjakan Sholat Dzuhur secara Berjamaah yang terdapat Imam dan Makmum Sholat, ataupun saat menunaikan Sholat Dzuhur secara Sendirian.

Bacaan Niat Sholat Dzuhur Sendirian

niat sholat dzuhur sendirian dalam islam

Bacaan Niat Sholat Dzuhur Sebagai Imam

niat sholat dzuhur sebagai imam sholat dalam islam

Bacaan Niat Sholat Dzuhur Sebagai Makmum

niat sholat dzuhur sebagai makmum dan terjemahannya

Bacaan Niat Sholat Dzuhur Sendirian dan Berjamaah (Ada Imam Sholat dan Makmum Sholat) diatas bisa kalian bacakan baik dibacakan secara lirih maupun dibacakan didalam Hati, karena yang mesti kalian ketahui bahwa memiliki niat mengerjakan sholat karna Allah Ta’alaa itu merupakan termasuk kedalam salah satu Syarat Sah nya Sholat.

Tata Cara Sholat Dzuhur Secara Lengkap

Setelah mengetahui Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Dzuhur Baik Secara Sendirian dan Berjamaah maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara Sholat Dzuhur secara lengkap, seperti Sholat Dzuhur bisa dikerjakan secara Sendirian maupun Berjamaah baik di Masjid, Musholla, di Rumah, di Tempat Kerja dan di tempat – tempat yang boleh digunakan untuk mengerjakan Sholat. Hanya saja menunaikan Sholat Dzuhur lebih baik dikerjakan secara Berjamaah karena Pahala Sholat Berjamaah akan lebih banyak, jika dibandingkan saat menunaikan Sholat Dzuhur secara Sendirian.

Lalu yang mesti kalian ketahui juga bahwa Jumlah Raka’at Sholat Dzuhur itu ditunaikan sebanyak 4 Raka’at dengan Satu Salam dan Waktu Mengerjakan Sholat Dzuhur dilakukan di Siang Hari. Waktu Sholat Dzuhur ini lebih tepatnya ketika Matahari telah tergelincir (Condong) ke Arah Barat yang berakhir ketika masuk waktu sholat ashar yakni di Sore Hari ketika Bayang – Bayang Benda telah melebihi panjang benda itu sendiri. Hanya saja disarankan bagi kalian untuk menunaikan Sholat Dzuhur di Awal Waktu dan jangan menunda – nunda mengerjakan Sholat Dzuhur sampai batas akhir waktunya.

Untuk Cara Mengerjakan Sholat Dzuhur Empat Raka’at dan Langkah – Langkahnya antara lain diawali dengan membaca Niat Sholat Dzuhur, diteruskan Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan membaca Doa Iftitah, diteruskan dengan membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek atau Panjang di Raka’at Pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Sholat Ruku dan membaca Doa Ruku, dilanjut I’tidal dan membaca Doanya, dilanjut Gerakan Sujud Pertama dan Doanya, dilanjut Duduk Diantara Dua Sujud dan membaca Doanya, dilanjut lagi dengan Gerakan Sujud Kedua dan membaca Doanya dan setelah itu kembali berdiri untuk Sholat Dzuhur Raka’at Kedua.

Kemudian Langkah – Langkah Sholat Dzuhur di Raka’at Kedua ini nyaris sama seperti Raka’at Pertama, hanya saja di Raka’at Kedua ini tidak perlu melakukan Gerakan Takbiratul Ikhram dan membaca Doa Iftitah, tetapi langsung membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek atau Panjang, yang dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Sholat dan membaca Doa Gerakan Sholat Ruku, I’tidal, Sujud Pertama, Duduk Diantara Dua Sujud dan Sujud Kedua. Dan di Raka’at Kedua setelah melakukan Gerakan Sujud Kedua itu dilanjut Gerakan Sholat Tahiyat Awal dan membaca Doa Tahiyat Awal, sebelum berdiri kembali untuk melakukan Raka’at Ketiga Sholat Dzuhur.

Dan Langkah – Langkah Sholat Dzuhur pada Raka’at Ketiga dan Raka’at Keempat masih sama seperti mengerjakan Sholat Dzuhur pada Raka’at Pertama dan Kedua, hanya saja di Raka’at Keempat itu Gerakan Sholat Tahiyat Awal dan doa nya diganti dengan Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan membaca Doa Tahiyat Akhir, setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir di Raka’at Keempat maka dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Salam Kanan Kiri sebagai tanda telah selesai mengerjakan Sholat Dzuhur.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dzuhur Lengkap

Kemudian setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Dzuhur Empat Raka’at maka dianjurkan sekali untuk membaca Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dzuhur karena perlu kalian tau bahwa salah satu Waktu Mustajab dan Terkabul nya suatu Doa (Permintaan) kepada Allah SWT itu setelah selesai menunaikan Sholat Fardhu Lima Waktu. Adapun untuk Bacaan Dzikir Setelah Sholat Dzuhur yang bisa kalian amalkan dan bacakan antara lain Dzikir Istighfar, Dzikir Takbir, Dzikir Tasbih, Dzikir Tahmid, Dzikir Tahlil, Dzikir Syahadat dan Dzikir Shalawat Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Dzikir – Dzikir Setelah Sholat Fardhu Dzuhur tersebut bisa kalian amalkan dan bacakan sebanyak kemampuan dan keikhlasan kalian karena boleh dibacakan sebanyak 7 kali, 11 kali, 21 kali, 33 kali, 100 kali dan sebanyak – banyaknya pun boleh. Setelah itu bisa kalian lanjutkan dengan membaca Doa Sesudah Sholat Dzuhur seperti berdoa untuk meminta Ampunan kepada Allah SWT, berdoa meminta dimudahkan rezeki, dimudahkan jodoh maupun dimudahkan segala urusan dan membaca doa yang lainnya menurut hajat kalian masing – masing, karena sekali lagi salah satu Waktu Terbaik memanjatkan doa ialah setelah selesai Sholat Fardhu Lima Waktu.

Demikianlah pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Dzuhur yang telah ditulis secara lebih detail dan lengkap, semoga ulasan ini berguna dan bermanfaat bagi kalian semua pembaca Muslim Indonesia. Dan sebagai himbauan kepada kalian para Muslim bahwa dianjurkan dalam mengerjakan Sholat Dzuhur ataupun Sholat Fardhu Lima Waktu lainnya itu dilakukan secara Khusyu dan tidak terburu – buru, karena kita dalam melakukan Sholat itu sebagai sarana mendekatkan diri dan sarana berkomunikasi dengan Allah SWT sehingga sebaiknya dilakukan secara Khusyu dan Tuma’ninah.

Incoming search terms:

  • tata cara sholat dzuhur
  • cara sholat dzuhur
  • tata cara sholat zuhur
  • tata cara shokat z
  • tata cara juh
  • sholat dhuhur lengkap
  • doa saat solat duhur
  • doa atahiat awal di shalat dzuhur
  • cara solat duhur
  • cara sholat nd
Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Dzuhur Sendiri dan Berjamaah | materiislam | 4.5