Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Hajat Lengkap di Islam

Tata Cara dan Niat Sholat Hajat – Sebelum membahas secara lebih detail mengenai Cara dan Niat Sholat Sunnah Hajat, maka ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim terlebih dahulu untuk mengetahui dan memahami apa itu Sholat Sunnah Hajat di dalam Ajaran Islam. Dan langsung saja untuk Pengertian Sholat Hajat sendiri adalah Sholat Sunnah yang bisa dikerjakan dan ditunaikan oleh setiap Muslim – Muslimah yang mempunyai suatu Hajat (Urusan), sehingga jika kalian mempunyai Suatu Hajat dan Hajat tersebut ingin cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala maka disunnahkan untuk mengerjakan Sholat Sunnah Hajat.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pun telah memerintahkan untuk menunaikan Shalat Sunnah Hajat jika kita mempunyai suatu hajat, hal ini seperti diterangkan didalam Hadits Shahih Riwayat Ahmad bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Siapa yg berwudhu dan sempurna Wudhunya, dan kemudian mengerjakan Shalat Dua Raka’at (Shalat Sunnah Hajat) dan sempurna Raka’atnya maka Allah SWT akan memberikan apa yg dia minta cepat maupun lambat (Hadits Riwayat Ahmad). Selain itu didalam Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi juga menjelaskan, bahwa terdapat Seseorang yg Buta Matanya dan ia berkata kepada Nabi Muhammad SAW :

” Sesungguhnya saya mendapatkan suatu Musibah pada Mata saya (Buta), maka berdoalah kepada Allah untuk kesembuhan ku. ” Maka Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Pergilah km, lalu Berwudhu, kemudian kerjakanlah Shalat Dua Raka’at (Shalat Sunnah Hajat). Sesudah itu, berdoalah… ”. Dalam waktu yg singkat Laki – Laki Buta itu terlihat kembali seperti dia tidak pernah mengalami Buta Matanya. ” Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Jika km mempunyai suatu Hajat (Kebutuhan), maka lakukanlah seperti itu yakni Mengerjakan Shalat Sunnah Hajat (Hadits Riwayat Tirmidzi) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa jika kalian memiliki suatu Kebutuhan (Hajat) maka bisa mengerjakan Sholat Sunnah Hajat dan berdoa kepada Allah SWT supaya Hajat kalian bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu dikesempatan kali ini Penulis akan memberikan ulasan secara lebih detail mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Hajat beserta Doa Sesudah Mengerjakan Shalat Hajat, hal ini dikarenakan Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim di Indonesia yang membutuhkan informasi mengenai Sholat Sunnah Hajat secara lebih detail dan lengkap.

Bacaan Niat Sholat Hajat dan Terjemahan Arab Indonesia

tata cara dan niat sholat hajat lengkap

Dibawah ini Lafadz Niat Melaksanakan Sholat Hajat Dua Raka’at yang bisa kalian bacakan dan amalkan jika kalian sebagai seorang Muslim – Muslimah ingin menunaikan Sholat Sunnah Hajat, supaya Hajat (Urusan) kalian bisa dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

niat sholat hajat dan terjemahannya lengkap

Bacaan Niat Sholat Hajat dan Terjemahannya diatas bisa kalian bacakan secara lirih didalam mulut maupun dibacakan didalam hati ketika akan menunaikan Sholat Sunnah Hajat, karena yang mesti kalian ketahui bahwa dalam membaca atau mempunyai Niat Mengerjakan Sholat Hajat termasuk kedalam Syarat Sah Sholat. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa dari Umar Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Amal Ibadah itu tergantung dari Niatnya, dan seseorang akan mendapatkan sesuai Niatnya …. (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Jumlah Raka’at Sholat Hajat Menurut Hadits

Setelah kalian mengetahui Niat Sholat Hajat, maka sekarang kalian perlu mengetahui Berapakah Jumlah Raka’at Sholat Hajat. Dan langsung saja untuk Sholat Sunnah Hajat ini bisa dikerjakan dengan Minimal Raka’at Sebanyak 2 Raka’at dan Maksimal bisa dikerjakan sebanyak 12 Raka’at. Hanya saja di setiap 2 Raka’at terdapat 1 Salam didalamnya sehingga jika kalian mengerjakan Sholat Sunnah Hajat dengan 4 Raka’at maka dikerjakan sebanyak 2 kali, jika dikerjakan sebanyak 6 Raka’at maka dilakukan sebanyak 3 kali dan jika dilakukan sebanyak 12 Raka’at maka dikerjakan sebanyak 6 kali.

Oleh karena itu kalian sebagai Muslim dan Muslimah bisa menunaikan Sholat Sunnah Hajat ini Minimal 2 Raka’at dan Maksimal 12 Raka’at sesuai dengan kerelaan dan keikhlasan kalian dalam mengerjakannya karena jika kalian mengerjakan Sholat Sunnah Hajat dengan Jumlah Raka’at Maksimal tetapi tidak ikhlas atau tidak secara khusyu maka akan kurang baik, namun jika kalian mengerjakan Sholat Sunnah Hajat ini sebanyak 2 Raka’at tetapi dikerjakan secara Fokus, Ikhlas dan Khusyu maka itu sangat lebih baik sekali.

Tata Cara Sholat Hajat Dua Raka’at Lengkap

Kemudian untuk Tata Cara Mengerjakan Sholat Hajat Dua Raka’at didalam Ajaran Islam sendiri sangatlah gampang dan mudah karena masih sama seperti mengerjakan Sholat Sunnah Dua Raka’at lainnya yakni dengan diawali dengan membaca Niat Sholat Hajat dan diakhiri dengan Gerakan Salam di Raka’at Kedua. Adapun didalam Langkah – Langkah Mengerjakan Sholat Sunnah Hajat Dua Raka’at secara lebih detail antara lain diawali dengan membaca Niat Shalat Hajat dan diteruskan dengan Gerakan Takbiratul Ikhram yang bebarengan dengan membaca Takbir (Allahu Akbar).

Setelah melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram di Raka’at Pertama maka diteruskan dg membaca Doa Iftitah, dilanjutkan membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an baik Suratan Pendek maupun Suratan Panjang. Setelah selesai membaca Suratan Al Qur’an maka diteruskan melakukan Gerakan Sholat Ruku dg membaca Tasbih sebanyak 3 kali, dilanjut dg Gerakan I’tidal dan membaca Doa I’tidalnya, dilanjut dg Gerakan Sujud Pertama dan membaca Tasbih sebanyak 3 kali, dilanjut dg Gerakan Duduk di Antara Dua Sujud dan membaca Doa nya, dilanjut dg Gerakan Sujud Kedua dan membaca Tasbih sebanyak 3 kali dan setelah itu berdiri lagi di Raka’at Kedua.

Untuk Tata Cara Sholat Sunnah Hajat di Raka’at Kedua langsung membaca Surat Al Fatihah dan diteruskan dengan membaca Suratan Al Qur’an baik Pendek maupun Panjang. Setelah selesai membaca Suratan Al Qur’an maka diteruskan melakukan Gerakan Sholat Ruku dg membaca Tasbih 3 kali, dilanjut dg Gerakan I’tidal dan membaca Doa I’tidalnya, dilanjut dg Gerakan Sujud Pertama dan membaca Tasbih 3 kali, dilanjut dg Gerakan Duduk di Antara Dua Sujud dan membaca Doa nya, dilanjut dg Gerakan Sujud Kedua dan Tasbih 3 kali, dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dengan membaca Doa Tahiyat Akhir dan diteruskan Gerakan Sholat Salam, setelah Gerakan Sholat Salam maka Sholat Sunnah Hajat Dua Raka’at sudah selesai dikerjakan.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Hajat

dzikir pendek setelah mengerjakan sholat hajat

Setelah selesai mengerjakan Sholat Sunnah Hajat Dua Raka’at dan sebelum membaca Doa Sesudah Sholat Hajat, maka sangat dianjurkan sekali bagi kalian untuk membaca Dzikir – Dzikir Sesudah Mengerjakan Sholat Hajat baik itu Dzikir Panjang maupun Dzikir Pendek, dan diatas merupakan contoh Dzikir Pendek yang bisa kalian bacakan setelah selesai mengerjakan Sholat Sunnah Hajat.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 41 – 42 yang berbunyi : ” Hai Orang-Orang yg beriman, Berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, Dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepadanya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Al Ahzab Ayat 41 dan Ayat 42) ”. Dengan melihat Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab di atas maka sudah sangat baik sekali jika kalian memperbanyak membaca Dzikir setelah mengerjakan shalat hajat karena sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap

Setelah kalian selesai membaca Dzikir Pendek seperti diatas, maka bisa diteruskan dengan membaca Doa Sholat Sunnah Hajat seperti dibawah ini :

bacaan doa setelah sholat sunnah hajat lengkap doa sholat sunnah hajat terjemahan bahasa indonesia

Namun perlu diberitahukan kepada kalian para pembaca Muslim bahwa selain membaca Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat diatas, tentunya kalian bisa membaca Doa – Doa yang lainnya menurut dengan Hajat (Kebutuhan) yang sedang kalian inginkan, baik itu dibacakan dengan Bahasa Arab maupun dengan Bahasa Indonesia karena harus selalu kalian ingat bahwa Allah SWT itu Maha Besar, Maha Melihat, Maha Mendengar dan Maha Mengetahui sehingga Allah Subhanahu wa ta’ala bisa mendengar dan mengetahui setiap doa – doa yang dipanjatkan oleh Hamba – Hambanya.

Waktu Mengerjakan Sholat Hajat Terbaik

Setelah kalian mengetahui tentang Tata Cara dan Niat Sholat Hajat beserta dengan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat, mungkin kalian perlu mengetahui Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengerjakan Shalat Hajat ini. Pada dasarnya Waktu Sholat Hajat bisa dilakukan dan dikerjakan kapan pun karena boleh dikerjakan di Siang Hari maupun di Malam Hari, hanya saja tidak boleh dikerjakan di Waktu – Waktu yang telah dilarang untuk mengerjakan Sholat.

Adapun untuk Waktu Sholat Sunnah Hajat Yang Baik adalah di kerjakan di Malam hari setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Fardhu Isya dan untuk Waktu Terbaik Sholat Hajat ini ada di Waktu Sepertiga Malam Terakhir. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Di setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa Sepertiga Malam Yg Terakhir. Dan Allah SWT berkata, ” Adakah hambaku yg meminta sehingga pasti aku akan berikan apa yg dia minta ?, Adakah Hambaku yg berdoa hingga pasti akan ku kabulkan doanya ?, Adakah hambaku yg memohon ampunan kepadaku, maka akan aku ampuni dosanya (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Hukum Mengerjakan Sholat Hajat

Kemudian untuk Hukum Melaksanakan Sholat Hajat ini sudah tentu Sunnah, bukan Wajib sehingga akan mendapatkan Pahala dan Memperoleh Keutamaan Sholat Hajat bagi mereka yang mengerjakan Sholat Sunnah Hajat, tetapi tidak apa – apa dan tidak berdosa bagi setiap Muslim-Muslimah yang meninggalkan dan tidak mengerjakan Sholat Sunnah Hajat ini. Namun perlu ditekankan disini bahwa walaupun Hukum Shalat Hajat itu Sunnah, tetapi sangatlah perlu dikerjakan jika kalian benar – benar mempunyai suatu Urusan atau Kebutuhan (Hajat) yang sangat penting dan ingin cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Malahan jika Urusan dan Kebutuhan (Hajat) kalian itu benar – benar sangat penting dan ingin sekali dikabulkan oleh Allah SWT maka bisa kalian padukan dengan mengerjakan Sholat Sunnah Hajat dan bisa diteruskan dengan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud. Jika kalian dengan sungguh – sungguh meminta dan berdoa kepada Allah SWT, Insa Allah Urusan dan Kebutuhan kalian akan dikabulkan oleh Allah SWT baik itu secara Cepat maupun Lambat karena yang paling penting adalah kita selalu Ber’ikhtiar (Berusaha) dan meminta hanya kepada Allah SWT.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Hajat yang telah dituliskan secara lebih Detail dan Dalam. Semoga saja pembahasan mengenai Sholat Sunnah Hajat ini bisa berguna dan bermanfaat bagi para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena sekali lagi Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang membutuhkan informasi mengenai Sholat Sunnah Hajat secara lebih dalam dan detail. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan memohon maaf jika terdapat Kata – Kata dan Kalimat – Kalimat yang penulisannya salah atau kurang berkenan di hati para pembaca sekalian.

loading...

loading...