Tata Cara dan Niat Sholat Jamak Takhir dan Takdim Lengkap

Niat Sholat Jamak – Pengertian sholat jamak ialah sholat yang dikerjakan dengan cara mengumpulkan dua sholat wajib dalam satu waktu khusus bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan atau sedang dalam perjalanan, seperti contohnya adalah sholat Dzuhur dengan sholat Ashar dan Sholat Maghrib dengan sholat Isya. Adapun untuk sholat wajib yang dapat dijamak ialah sholat Dzuhur dengan sholat Ashar atau sholat Maghrib dengan sholat Isya, selain itu tidak dapat dijamak.

Sholat jamak juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu sholat jamak takdim dan sholat jamak takhir. Jamak taqdim merupakan menggabungkan dua waktu sholat dalam satu waktu yang dikerjakan dengan cara memajukan waktu sholat yang belum masuk waktunya ke dalam sholat yang sudah masuk waktunya. Seperti contohnya ialah mengerjakan sholat Ashar dengan sholat Dzuhur yang dikerjakan pada waktu sholat Dzuhur atau mengerjakan sholat Isya dengan sholat Maghrib yang dikerjakan pada waktu sholat Maghrib.

Sedangkan Jamak Ta’khir merupakan menggabungkan dua waktu sholat dalam satu waktu yang dikerjakan dengan cara memundurkan waktu sholat yang telah masuk waktunya ke dalam waktu sholat yang berikutnya. Seperti contohnya adalah menggabungkan sholat Dzuhur dengan sholat Ashar yang dikerjakan pada waktu sholat Ashar atau mengerjakan sholat Maghrib dengan sholat Isya yang dikerjakan pada waktu sholat Isya.

Sedangkan untuk syarat sholat jamak takhir dan takdim adalah dikerjakan secara tertib khusus untuk sholat jamak takdim, dimana sholat yang harsu dikerjakan terlebih dahulu adalah sholat yang telah masuk waktu untuk sholat. Contohnya seseorang akan mengerjakan sholat jamak takdim Maghrib dan Isya, maka sholat yang harus dikerjakan terlebih dahulu adalah sholat Maghrib. Apabila yang dikerjakan adalah sholat Isya terlebih dahulu, maka sholat jamaknya tidaklah sah.

Syarat yang kedua ialah membaca niat sholat jamak pada waktu sholat yang pertama, seperti contohnya seseorang ingin mengerjakan sholat jamak Dzuhur dan Ashar, maka alangkah baiknya membaca niat sholat jamak terlebih dahulu pada waktu mengerjakan sholat Dzuhur, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan sholat Ashar. Syarat yang ketiga ialah bersegera, waktu pengerjaan sholat yang pertama dan kedua alangkah baiknya tidak memiliki senggang waktu yang cukup jauh, seperti misalnya kita mengerjakan sholat sunnah rawtib.

Sedangkan syarat yang terakhir adalah masih berstatus musafir pada saat mengerjakan sholat jamak, baik itu jamak takdim atau takhir. Apabila seseorang akan mengerjakan jamak takdim, maka orang tersebut masih harus berstatus musafir sampai selesainya waktu sholat yang kedua. Contohnya, seseorang akan mengerjakan jamak takdim Dzuhur dan Ashar, maka orang tersebut harus masih berstatus musafir sampai habisnya waktu sholat Ashar begitu juga untuk jamak takhir.

Tata Cara dan Niat Sholat Jamak Takhir dan Takdim

Niat Sholat Jamak Takhir dan Takdim Secara Lengkap

1. Niat Sholat Jamak Takdim Dzuhur dan Ashar

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِأربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع العَصْرِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ للهِ تَعَالى

“Ushollii fardhodl dhuhri arba’a roka’aatin majmuu’an ma’al ashri jam’a taqdiimi lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: Aku niat sholat fardhu dhuhur empat rakaat digabung dengan sholat ashar jamak takdim karena Allah Ta’aala.

2. Niat Sholat Jamak Takdim Maghrib dan Isya

اُصَلِّى فَرْضَ اْلمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا مَعَ اْلعِشَاءِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ لِلّهِ تَعَالَى

“Ushollii fardhodl maghribi tsalaatsa roka’aatin majmuu’an ma’al isya’i jam’a taqdiimi lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: Aku niat sholat fardhu maghrib tiga rakaat digabung dengan sholat isyak jamak takdim karena Allah Ta’aala.

3. Niat Sholat Jamak Takhir Ashar dan Dzuhur

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكْعَا تٍ مَجْمُوْعًا مَعَ العَصْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ لِلهِ تَعَالَى

“Ushollii fardhodl dhuhri arba’a roka’aatin majmuu’an ma’al ashri jam’a takhiir lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: Aku niat sholat fardhu dhuhur empat rakaat digabung dengan sholat ashar jamak takhiri karena Allah Ta’aala.

4. Niat Sholat Jamak Takhir Isya dan Maghrib

اُصَلِّى فَرْضَ اْلعِشَاءِ أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع اْلمَغْرِبِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ لِلّهِ تَعَالَى

“Ushollii fardhodl isya’i arba’a roka’aatin majmuu’an ma’al maghribi jam’a takhiiri lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku niat sholat fardhu isya empat rakaat digabung dengan sholat maghrib jamak takhir karena Allah Ta’aala.”

Tata Cara Sholat Jamak Takhir dan Takdim

Adapun untuk tata cara sholat jamak sama persis seperti tata cara sholat pada umumnya dan jumlah rakaatnya pun sama dengan jumlah rakaat yang telah ditentukan hanya saja untuk waktu pelaksanaannya yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, seperti contohnya sholat Dzuhur dan Ashar yang berjumlah 4 rakaat, maka jumlah rakaat yang dikerjakan tetap empat. Terkecuali kita mengerjakan Sholat Qasar, maka jumlah rakaatnya dikurangi menjadi 2 rakaat.

Kami rasa cukup sekian dulu untuk pembahasan tentang Tata Cara dan Niat Sholat Jamak Takhir dan Takdim yang sekiranya kami dapat berikan untuk anda, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan dapat memberikan banyak manfaat untuk anda. Adapun untuk anda yang merasa ingin mengetahui kembali beberapa informasi lainnya yang masih berhubungan dengan agama Islam, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat Niat Sholat Subuh Dengan Qunut.

Barang kali saja ada diantara anda-anda sekalian yang sedang mencari pembahasan tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali melihat pembahasan yang telah kami berikan beberapa waktu lalu. Atau untuk anda yang sekiranya sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka anda masih dapat melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya lagi yang sudah pernah kami berikan juga sebelumnya. Siapa tahu saja salah satu diantara pembahasan tersebut ada yang sesuai dengan yang anda cari.