Tata Cara dan Niat Sholat Subuh Sendiri dan Berjamaah

Niat Sholat Subuh – Sholat Subuh didalam Islam merupakan salah satu Sholat Fardhu yang memiliki keutamaan yang baik dan dikerjakan di waktu fajar, walaupun termasuk kedalam Sholat Wajib 5 Waktu namun banyak sekali Muslim yang melalaikan Waktu Subuh karena harus bangun di waktu pagi. Sedangkan bangun di pagi hari adalah suatu hal yang berat untuk dilakukan, tetapi yang mesti kalian ketahui bahwa Hukum Mengerjakan Sholat Subuh didalam Ajaran Islam bagi setiap Muslim adalah Wajib sehingga akan berdosa bagi tiap tiap Muslim yang melalaikan dan tidak mengerjakan Sholat Subuh disetiap harinya.

Maka dari itu kita sebagai umat muslim jangan sampai melalaikan sholat subuh karena akan mendapatkan Dosa Besar karena kita sebagai seorang Muslim telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk selalu mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu disetiap harinya dan hal tersebut telah dibuktikan didalam Ayat Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 43 yang berbunyi, ” Dan dirikanlah Sholat, Tunaikanlah Zakat dan Ruku lah bersama orang – orang yg ruku (QS. Al Baqarah, Ayat : 43) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah diatas tentang kewajiban mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu kepada seluruh Umat Muslim maka sudah sangat bijak sekali bagi kalian seorang Muslim untuk mengetahui Tata Cara dan Niat Mengerjakan Sholat Subuh secara baik dan benar karena Sholat Subuh merupakan salah satu Sholat Wajib Lima Waktu yang harus dikerjakan dan dilaksanakan bagi kalian seorang Muslim disetiap harinya.

Tata Cara Sholat Subuh Tanpa Qunut Secara Lengkap

tata cara dan niat sholat subuh secara lengkap

Pengertian Sholat Subuh Secara Sendirian adalah Sholat Subuh yang dikerjakan secara sendirian, sedangkan untuk Sholat Subuh Secara Berjamaah adalah Sholat Subuh yang dikerjakan secara bersama-sama yang dipimpin oleh seorang imam dan dikuti oleh Makmum Sholat. Didalam cara mengerjakan sholat subuh secara berjamaah ini seorang makmum sholat sepenuhnya harus mengikuti gerakan dari imam dan tidak boleh mendahului imam. Dibawah ini telah saya jelaskan secara lebih detail tentang Tata Cara Shalat Subuh dan langkah – langkahnya kepada kalian para pembaca muslim,

1. Niat Sholat Subuh Berjamaah dan Sendirian

Membaca Niat Mengerjakan Sholat Subuh merupakan salah satu Syarat Wajib ketika akan mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu sehingga kalian sebagai seorang Muslim harus mempunyai niat untuk mengerjakan Sholat Subuh jika akan mengerjakan Sholat Subuh.

Niat Sholat Subuh Sebagai Imam Sholat

niat sholat subuh sebagai imam sholat

Artinya : Saya niat sholat subuh dua rakaat, menghadap kiblat sebagai Imam karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Subuh Sebagai Makmum Sholat

niat sholat subuh sebagai makmum sholat

Artinya : Saya niat sholat subuh dua rakaat, menghadap kiblat sebagai Makmum karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Subuh Secara Sendirian

niat sholat subuh secara sendirian

Artinya : Saya niat sholat subuh dua rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

2. Takbiratul ihram dan Membaca Iftitah

Setelah membaca Niat Melakukan Sholat Subuh yang dibacakan di dalam hati maupun diucapkan dimulut secara lirih, maka dilanjutkan dengan melakukan Takbir dengan mengucap allahuakbar yang dilanjutkan dengan membaca Doa Iftitah yang telah saya berikan dibawah ini

bacaan doa iftitah dalam sholat

3. Membaca Surat Al Fatihah Dalam Sholat

Setelah kalian selesai melakukan Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan selesai membaca Doa Iftitah, maka bisa dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah (Seperti dibawah ini) dan dilanjutkan membaca Suratan Pendek seperti Suratan Al Ikhlas, An Naas dan Al Falaq di Raka’at Pertama Sholat Subuh.

bacaan al fatihah didalam sholat wajib4. Ruku Dalam Sholat

Setelah selesai membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek, maka bisa dilanjutkan dengan melaksanakan gerakan ruku’ dengan dibarengi membaca allahuakbar dan di dalam melaksanakan gerakan ruku’, antara punggung sampai kepala lurus membentuk sudut 90 derajat yang diikuti dengan membaca doa seperti dibawah ini :

doa ruku dalam sholat wajib5. Gerakan I’tidal Dalam Sholat

Kemudian setelah gerakan sholat ruku maka diteruskan dengan melaksanakan gerakan dalam sholat i’tidal yakni dengan berdiri tegak kembali dengan menyuarakan sami’allahuliman hamidah dan dibarengi dengan membaca doa i’tidal dalam sholat seperti dibawah ini :

doa i'tidal dalam sholat

6. Gerakan Sujud Dalam Sholat

Setelah berdiri tegak langsung mengambil sujud menghadap kiblat dengan menyuarakan allahuakbar. Perlu kalian ketahui bahwa terdapat 2 kali Gerakan Sujud dalam sholat yakni Sujud Pertama setelah melakukan Gerakan I’tidal dan Sujud Kedua dilakukan setelah melakukan Gerakan Duduk Diantara Sujud, dan saat melaksanakan gerakan sholat sujud membaca doa seperti dibawah ini :

doa sujud dalam sholat

7. Duduk diantara dua sujud dan tahyat akhir

Setelah melakukan Gerakan Sujud Pertama, maka diteruskan dengan melakukan Gerakan Sholat Duduk diantara 2 sujud dan setelah itu bisa melakukan Gerakan Sujud yang kedua. Setelah itu diteruskan dengan kembali berdiri untuk melakukan Sholat Subuh Raka’at Kedua dan di Raka’at Kedua melakukan Gerakan – Gerakan Sholat yang sama seperti yang telah dijelaskan diatas, hanya saja setelah Gerakan Duduk diantara Dua Sujud (Doa nya ada dibawah) di Raka’at Kedua Sholat Subuh maka diteruskan dengan melakukan Gerakan Tahiyat Akhir Dalam Sholat.

doa duduk diantara dua sujud dalam sholat

8. Tahiyat Akhir Dalam Sholat Subuh

Gerakan Tahiyat Akhir dalam Sholat Subuh dilakukan setelah kalian sebagai seorang Muslim telah melakukan Gerakan Sholat Duduk diantara Dua Sujud di Raka’at Kedua Sholat Subuh, dalam Gerakan Tahiyat Akhir ini kalian membaca doa seperti dibawah ini :

doa tahyat akhir dalam sholat

9. Gerakan Salam Dalam Sholat

Gerakan Sholat Salam merupakan gerakan terakhir pada sholat subuh atau sholat fardhu yang lain. Pada gerakan salam, kepala di tengokan ke kanan dan kiri dengan menyuarakan assalamu’alaikum warah matullahi wabarakatuh. Perlu diingat juga dalam sholat berjamaah makmum memulai salam ketika imam sudah selesai melakukan salam. Setelah itu, makmum baru melakukan salamnya.

Itulah Tata Cara Mengerjakan Sholat Subuh secara sendirian maupun secara berjamaah dan semoga dengan adanya pembahasan secara lengkap tentang Sholat Subuh ini maka diharapkan dapat membantu kalian sebagai Pembaca Muslim yang ingin mengetahui Cara Sholat Subuh dengan baik dan benar karena selain Hukum Sholat Subuh Wajib dikerjakan, ternyata Keutamaan dan Keistimewaan Sholat Subuh juga sangat banyak.

Hal tersebut seperti telah dijelaskan didalam Hadist Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda yang berbunyi, ” Barang siapa mengerjakan sholat bardain (subuh dan ashar) maka dia masuk surga (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Keutamaan Sholat Subuh yang lainnya juga sudah dijelaskan didalam Hadist Muslim yang berbunyi, ” Barang siapa sholat subuh maka di berada dalam jaminan Allah. Maka, jangan sampai Allah menuntut sesuatu pada kalian dari jaminanNya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminanNya, maka Allah akan menemukan dan menelungkupnya di atas wajahnya di neraka jahannam (HR Muslim Nomor 656) ”.

Incoming search terms:

  • tata cara sholat subuh berjamaah
  • niat sholat subuh sendiri
  • cara sholat subuh berjamaah
  • bacaan sholat subuh berjamaah
  • cara sholat subuh sendiri tanpa qunut
  • cara shalat subuh berjamaah
  • tuntunan sholat subuh berjamaah
  • Cara melakuakan shalatsubuh berjamaah
  • niat sholat subuh berjamaah
  • bacaan sholat subuh jamaah
Tata Cara dan Niat Sholat Subuh Sendiri dan Berjamaah | materiislam | 4.5