Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Fajar Secara Lengkap

Niat Sholat Sunnah Fajar – Sholat fajar atau sholat subuh merupakan salah satu dari sholat wajib lima waktu yang dikerjakan pada waktu fajar dengan batas waktu sholat fajar ialah menjelang terbitnya matahari. Sholat subuh biasanya didahului dengan mengerjakan sholat sunnah fajar yang jumlah rakaatnya adalah dua rakaat. Sholat sunnah fajar juga disebut dengan sholat rawatib, yaitu sholat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah mengerjakan sholat wajib lima waktu.

Sholat rawatib ini sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu sunnah muakkad, dimana sholat sunnah ini lebih dianjurkan atau lebih diutamakan apabila dikerjakan dan sunnah ghairu muakkad merupakan sunnah yang tidak begitu diutamakan untuk dikerjakan karena tidak ada penekanan atau penjelasan yang kuat. Akan tetapi masih tetap boleh dikerjakan dan pastinya hal tersebut dapat menambah pahala bagi yang mengerjakannya, karena disetiap perintah pastinya ada tujuannya.

Sedangkan sholat sunnah fajar ini sendiri termasuk kedalam jenis sholat rawatib yang hukumnya adalah sunnah muakkad, sehingga mengerjakan sholat sunnah fajar atau sholat qobliyah subuh ini sangatlah diutamakan. Meskipun jika tidak dikerjakan juga tidak mendapatkan dosa, akan tetapi lebih baik dikerjakan agar bisa mendapatkan pahala yang lebih. Waktu sholat sunnah fajar ini sendiri ialah sebelum mengerjakan sholat fajar atau sholat subuh. Oleh karena itu disebut juga dengan Sholat Qobliyah Subuh atau sholat sebelum sholat subuh.

Adapun untuk anda yang sekiranya ingin mengerjakan sholat sunnah fajar atau sholat qobliyah subuh, akan tetapi anda masih belum mengetahui bagaimana bacaan Niat Sholat Sunnah Fajar tersebut. Maka anda dapat melhat terlebih dahulu pembahasan yang akan kami berikan untuk hari ini. Selain memberikan bacaan niat sholat fajar, kami juga akan memberikan Tata Cara Sholat Sunnah Fajar kepada anda secara lengkap sehingga anda dapat mengerjakan sholat sunnah fajar dengan benar.

Niat Sholat Sunnah Fajar dan Artinya

Niat Sholat Sunnah Fajar

Tata Cara Sholat Sunnah Fajar

Untuk tata cara sholat sunnah fajar secara umum sama dengan tata cara sholat yang lainnya, dimana kita membaca niat sholat sunnah fajar terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan takbiratul ihram dan membaca surat Al Fatihah dan suratan pendek, setelah itu dilanjutkan dengan mengerjakan rukuk, i’tidal, kemudian sujud dan duduk diantara dua sujud, lalu mengerjakan sujud kembali dan bangkit untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

Pada rakaat yang kedua juga sama dengan rakaat yang pertama, yaitu membaca surat Al Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca suratan pendek sampai dengan mengerjakan sujud yang kedua setelah duduk diantara dua sujud. Setelah mengerjakan sujud yang kedua, dilanjutkan dengan duduk taihyat akhir dan setelah selesai membaca doa tahiyat akhir maka dilanjutkan dengan melakukan salam sebanyak dua kali salam.

Bacaan Surat Pendek Sholat Sunnah Fajar

Adapun untuk bacaan surat pendek yang dianjurkan pada saat mengerjakan sholat sunnah fajar ialah surat Al Ikhlas dan Al Kafirun. Anda dapat membaca surat Al Kafirun sebagai pilihan surat pendek yang dibacakan pada saat rakaat yang pertama, kemudian membaca surat Al Ikhlas pada rakaat yang kedua. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang mengatakan “Rasulullah SAW pada saat sholat sunnah qobliyah subuh membaca surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas.” (HR. Muslim)

Selain membaca surat Al Kafirun dan Al Ikhas, anda juga membaca suratan pendek lainnya yaitu surat Al Baqarah ayat 136 dan surat Ali Imran ayat 52. Surat Al Baqarah ayat 136 dapat dibacakan sebagai suratan pendek pada rakaat yang pertama dan surat Ali Imran ayat 52 dapat dibacakan pada rakaat yang kedua. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadist yang artinya “Sesungguhnya Rasulullah SAW pada saat sholat sunnah fajar pada rakaat yang pertama membaca “”Qụlū āmannā billāhi wa mā unzila ilainā …” (Surah al-Baqarah:136) dan pada rakaat yang kedua membaca “.. āmannā billāh, wasy-had bi`annā muslimụn” (Surah Ali Imran:52).” (HR. Muslim)

Demikian itu sedikit penjelasan tentang Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Fajar yang sekiranya dapat kami berikan kepada anda pada kesempatan sekarang ini, semoga saja dari sedikit pembahasan yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan anda seputar tata cara sholat yang masih belum anda ketahui.

loading...