Bacaan Niat Sholat Wajib 5 Waktu Berjamaah dan Sendiri

Niat Sholat Wajib 5 Waktu – Sebagai umat muslim yang taat dan beriman, sholat merupakan suatu kewajiban bahkan kebutuhan yang harus segera ditunaikan karena Sholat adalah salah satu cara bagi kita kaum muslim yang beriman untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun terkadang tanpa kita sadari, niat sholat wajib yang kita ucapkan salah maupun lupa, padahal mengucap niat adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh Anda sebelum memulai sholat untuk memantapkan hati bahwa kita akan melakukan shalat karena Allah Ta’ala.

Oleh karena itu mengucapkan Niat Sholat Fardhu adalah hal yang harus dilakukan dan niat sholat ini diucapkan setelah Anda menyucikan diri dengan berwudhu atau bertayamum (mensucikan diri). Baru setelah itu kalian melakukan langkah sholat yakni dengan berdiri tegak menghadap kiblat dengan pandangan mengarah pada tempat sujud atau sajadah, mengucap niat sholat apa yang akan Anda tunaikan (kerjakan) dan bertakbir karena sekali lagi Hukum Mengerjakan Sholat Fardhu adalah wajib dikerjakan bagi setiap Muslim diseluruh dunia.

Hal tersebut telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 110 yang berbunyi, ” Dan dirikanlah Sholat dan Tunaikanlah Zakat, dan kebaikan apa saja yg km usahakan bagi dirimu tentu km akan memperoleh pahala-nya pd sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa apa yg km kerjakan (QS. Al Baqarah, Ayat : 110) ”. Kemudian didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 78 juga menjelaskan tentang Perintah Allah SWT untuk mengerjakan Shalat bagi setiap Hambanya yang berbunyi, ” Dirikanlah Sholat dari sesudah Matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula Sholat Subuh. Sesungguh-nya Sholat Subuh itu disaksikan oleh Malaikat (QS. Surat Al Isra, Ayat 78) ”.

Lafadz Niat Sholat Wajib 5 Waktu Bahasa Arab dan Indonesia

bacaan niat sholat wajib 5 waktu lengkap

Dibawah ini telah saya buatkan Bacaan Niat Sholat Wajib 5 Waktu yang terdiri dari Sholat Subuh, Sholat Dhuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib dan Sholat Isya baik secara sendirian maupun dikerjakan secara berjamaah karena disetiap sholat wajib memiliki niat sholat yang sedikit berbeda antara satu dengan lainnya sehingga untuk membedakan sholat apa yang akan dikerjakan maka dibawah ini telah saya buatkan Lafal Niat Shalat Wajib 5 Waktu yang bisa kalian pahami dan hapalkan.

1. Niat Sholat Subuh Sendiri dan Berjamaah

Sholat Wajib Subuh adalah Sholat Wajib yang beban raka’at-nya paling sedikit karena dikerjakan dengan jumlah 2 Raka’at dan dilakukan di waktu subuh (Pagi Hari). Itulah mengapa sholat subuh ini banyak yang sudah untuk melakukannya karena dikerjakan di waktu subuh (Pagi Hari), sedangkan kebanyakan dari Muslim masih banyak tertidur pulas. Tetapi alasan tersebut bukanlah menjadi alasan karena Sholat Subuh juga wajib dikerjakan oleh setiap muslim dan dibawah ini telah saya buatkan Bacaan Niat Sholat Subuh secara sendiri dan berjamaah.

Lafadz Niat Sholat Subuh Sendirian

niat sholat fardhu subuh secara sendirian

Lafadz Niat Sholat Subuh Sebagai Imam

niat sholat wajib subuh sebagai imam sholat

Lafadz Niat Sholat Subuh Sebagai Makmum

niat shalat wajib subuh sebagai makmum sholat

2. Niat Sholat Dzuhur Sendiri dan Berjamaah

Selanjutnya, Sholat Wajib Dzuhur yang dilakukan pada waktu dzuhur atau siang hari pada waktu pertengahan hari di antara matahari terbit hingga tenggelam dan Sholat Wajib Dhuhur ini dilakukan dengan Jumlah 4 Raka’at. Sedang Keutamaan Sholat Dzuhur antara lain dapat menghindarkan kita dari panasnya api neraka, membantu merelaksasi tubuh manusia yang baru saja kelelahan karena beraktifitas dan tentunya akan mendapatkan Pahala yang banyak. Dibawah ini Bacaan Niat Sholat Wajib Dzuhur Secara Sendirian dan Berjamaah :

Lafal Niat Sholat Dzuhur Sendirian

niat shalat dzuhur secara sendirian lengkap

Lafal Niat Sholat Dzuhur Sebagai Imam

niat shalat dzuhur sebagai imam lengkap

Lafal Niat Sholat Dzuhur Sebagai Makmum

niat shalat dzuhur secara makmum lengkap

3. Niat Sholat Ashar Sendiri dan Berjamaah

Sholat Ashar juga merupakan salah satu dari sholat lima waktu yang harus ditunaikan. Sama seperti kedua sholat sebelumnya, Sholat Ashar pun sifatnya fardhu ‘ain atau wajib dilakukan dan jika ditinggalkan akan berdosa. Namun layaknya Sholat Subuh, Sholat Ashar pun banyak ditinggalkan karena waktunya yang bertepatan dengan jam pulang kantor bagi pegawai, jam pulang sekolah bagi pelajar atau bahkan beberapa orang masih terlelap tidur setelah menunaikan Sholat Dzuhur.

Nah waktu yang tepat untuk melakukan sholat ashar ini adalah di Sore Hari, yakni ketika bayang-bayang benda terlihat melebihi ukuran dari benda itu atau mudahnya dapat dilakukan saat matahari mulai terbenam di ufuk Barat. Berikut Bacaan Niat Sholat Wajib Ashar Secara Sendiri maupun Berjamaah

Niat Sholat Ashar Sendirian

niat shalat ashar secara sendirian lengkap

Niat Sholat Ashar Sebagai Imam

niat shalat ashar sebagai imam dalam islam

Niat Sholat Ashar Sebagai Makmum

niat shalat ashar sebagai makmum lengkap

4. Niat Sholat Maghrib Sendiri dan Berjamaah

Sholat Wajib Maghrib tentu dilakukan setelah waktu Sholat Ashar habis yakni ketika Matahari terbenam sampai masuk waktu Sholat Isya. Biasanya waktu sholat maghrib ini akan ditandai dengan warna langit yang berubah menjadi jingga kecoklatan hingga menggelap hitam. Sama seperti sholat sebelumnya, perbedaan Sholat Wajib Maghrib ini terletak pada jumlah raka’at karena sholat maghrib dikerjakan sebanyak 3 Raka’at. Dan dibawah ini adalah bacaan niat mengerjakan sholat wajib maghrib secara sendirian dan berjamaah :

Niat Sholat Maghrib Sendirian

niat shalat wajib maghrib sendirian lengkap

Niat Sholat Maghrib Sebagai Imam

niat sholat fardhu maghrib sebagai imam

Niat Sholat Maghrib Sebagai Makmum

niat sholat wajib maghrib secara makmum

5. Niat Sholat Isya Sendiri dan Berjamaah

Sholat Wajib Isya akan menjadi sholat terakhir atau penutup hari Anda sebelum tidur malam, Sholat Isya ini sama seperti Sholat Wajib Dzuhur dan Sholat Ashar yang memiliki jumlah 4 raka’at. Untuk Waktu Sholat Isya dimalam hari, tepatnya dilakukan apabila cahaya langit yang kemerahan setelah matahari terbenam menghilang di langit Barat atau dapat dilakukan pada pukul 7 malam dan diakhiri sampai batas masuk Sholat Subuh. Dibawah ini Bacaan Niat Shalat Fardhu Isya baik Sendiri maupun Berjamaah :

Niat Sholat Isya Sendirian

niat shalat isya secara sendirian

Niat Sholat Isya Sebagai Imam

niat mengerjakan sholat fardhu isya sebagai imam

Niat Sholat Isya Sebagai Makmum

niat shalat wajib isya sebagai makmum

Itulah Kumpulan Niat Sholat Wajib Lima Waktu yang bisa kalian baca dan hafalkan sebagai seorang Muslim di Indonesia, dan perlu kalian tau bahwa didalam membaca Niat Sholat Fardhu Lima Waktu ini bisa dibacakan secara lirih maupun dibacakan didalam Hati (Tanpa Bersuara) karena yang terpenting dalam melakukan Sholat Fardhu adalah mempunyai niat didalam Hati untuk mengerjakan Sholat karena Allah Ta’ala.

Dan Semoga saja ulasan tentang Sholat Wajib 5 Waktu ini bisa bermanfaat dan berguna bagi setiap Muslim dan Muslimah karena saya sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang membutuhkan informasi seperti ini, baik karena mereka belum mengetahui ataupun mereka lupa akan salah satu Niat Sholat Wajib Lima Waktu yang akan mereka kerjakan.

Incoming search terms:

  • niat sholat berjamaah
  • niat sholat fardhu berjamaah
  • niat sholat wajib berjamaah
  • niat shalat wajib 5 waktu berjamaah
  • niat shalat tidak berjamaah
  • tulis niat subuh berjamaah
  • niat shalat berjamaah
  • niat shalat 5 waktu imam
  • niat salah fardhu jika dikaukan sendiri
  • doa sholat 5 waktu sendirian
Bacaan Niat Sholat Wajib 5 Waktu Berjamaah dan Sendiri | materiislam | 4.5