Urutan 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Serta Penjelasannya

Rukun Islam dan Rukun Iman – Bagi setiap Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini tentu sudah banyak yang mengetahui tentang 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman di Ajaran Agama Islam, namun tidak sedikit pula bagi Para Pembaca Muslim – Muslimah yang belum memahami secara lebih dalam tentang Apa Itu Rukun Islam dan Rukun Iman ?. Oleh karena itu Penulis dikesempatan kali ini akan mencoba memberikan ulasan tentang Urutan Rukun Islam dan Urutan Rukun Iman yang akan ditulis secara lebih detail sehingga diharapkan dengan adanya ulasan ini maka akan semakin banyak Pembaca Muslim Indonesia yg memahami tentang Rukun Islam dan Rukun Iman ini.

Namun sebelumnya ada baiknya jika kalian lihat dulu Dalil dan Hadits tentang Rukun Islam dari Abu Abdirrahman, Abdullah bin Umar bin Al Khattab bahwasanya ia mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi : ” Islam itu dibangun dari Lima yang antara lain Persaksian bahwa tidak ada Tuhan yg berhak disembah dg benar kecuali Allah SWT dan Muhammad itu utusan Allah SWT. Mengerjakan Shalat. Menunaikan (Membayar) Zakat. Puasa di Bulan Ramadhan. Dan Berangkat Haji (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu untuk Dalil tentang Rukun Iman didalam Ajaran Islam sendiri bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah, Ayat 136 berbunyi : ” Katakanlah (hai orang2 mukmin), ‘ Kami beriman kepada Allah dan apa yg diturunkan kepada kami, dan apa yg diturunkan pd Ibrahim, Ismail, Ishaq, Yakub dan anak cucu-nya, dan apa yg diberikan pd Musa dan Isa serta apa yg diberikan pd Nabi – Nabi dari Tuhan -nya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada -nya (QS. Al-Baqarah, Ayat : 136) ”. Oleh karena itu sudah bisa disimpulkan bahwa Rukun Islam dan Rukun Iman itu sangat penting bagi Setiap Muslim – Muslimah sehingga alangkah baiknya jika kalian memahaminya secara lebih detail tentang Rukun Islam dan Iman ini.

Urutan 5 Rukun Islam dan Penjelasannya Lengkap

penjelasan 5 rukun islam lengkap

Untuk pembahasan pertama adalah tentang Rukun Islam dan langsung saja didalam Pengertian Rukun Islam di Ajaran Islam adalah Lima Pilar – Pilar atau Lima Pondasi dasar didalam Agama Islam yang wajib ada dan wajib dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah (Umat Mukmin). Dan didalam Urutan Macam Rukun Islam ini antara lain mengucapkan Kalimat Syahadat, Mendirikan Shalat Wajib, Puasa di Bulan Ramadhan, Membayar Zakat dan Berangkat Haji ke Mekkah bila mampu. Lalu untuk Penjelasan 5 Rukun Islam secara lengkapnya bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Membaca Kalimat Syahadat

Urutan Pertama Rukun Islam bagi setiap Muslim – Muslimah adalah membaca Dua Kalimat Syahadat dan Kalimat Syahadat ini dalam Terjemahan Latin : ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullah ‘ yang mempunyai maksud menyatakan bahwa ” tiada Tuhan selain Allah Subhanahu wa ta’ala, dan Muhammad itu utusan Allah Subhanahu wa ta’ala ”. Lalu perlu kalian ketahui juga bahwa Wajib Hukum nya membaca 2 Kalimat Syahadat ini bagi Setiap Manusia yang akan masuk Agama Islam, ataupun Orang Murtad yang ingin kembali masuk ke Agama Islam karena hal ini merupakan salah satu Syarat Wajib jika akan Masuk ke dalam Agama Islam.

2. Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu

Lalu Urutan Rukun Islam yang kedua bagi tiap tiap orang beriman adalah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu disetiap harinya, dan Shalat Wajib 5 Waktu ini benar – benar harus dikerjakan oleh kalian Umat Islam karena akan mendapatkan Dosa Besar jika kalian tidak mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu, tetapi akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Mengerjakan Shalat yang banyak bagi Setiap Muslim yang selalu menjaga Shalat Wajib Lima Waktu disetiap hari. Adapun untuk Shalat Wajib Lima Waktu yang harus dilakukan setiap hari oleh Umat Muslim antara lain Shalat Subuh Dua Rakaat, Shalat Dzuhur Empat Rakaat, Shalat Ashar Empat Rakaat, Shalat Maghrib Tiga Rakaat dan Shalat Isya Tiga Rakaat.

3. Berpuasa di Bulan Ramadhan

Untuk Urutan Rukun Islam Ketiga Bagi Setiap Muslim – Muslimah adalah mengerjakan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan dalam Kalender Hijriyah. Penjelasan Berpuasa ini adalah menahan Makan, menahan Minum, menahan Hawa Nafsu dan menahan (tidak melakukan) hal hal yang dapat membatalkan Puasa Bulan Ramadhan yang dimulai dari Waktu Imsak sampai Matahari Terbenam selama di Bulan Ramadhan (Kalender Hijriyah). Adapun Dalil Mengerjakan Puasa Ramadhan ini bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 183 bahwa Allah SWT Berfirman berbunyi : ” Hai Orang2 yang beriman, diwajibkan atas km untuk berpuasa sebagaimana tlah diwajibkan atas orang2 sebelum km agar km bertakwa ”.

4. Membayar dan Menunaikan Zakat

Lalu Penjelasan Rukun Islam Keempat yang harus dilakukan oleh Setiap Umat Muslim adalah membayar Zakat, dan Zakat ini merupakan salah satu Ibadah yang wajib dilakukan oleh Umat Muslim yang berguna untuk menyucikan diri ataupun membersihkan harta dan mensucikan diri kalian. Dan dalam hal ini Zakat yang wajib dibayarkan bagi Orang – Orang Yang Masuk Kedalam Wajib Membayar Zakat itu dibagi menjadi Dua yakni Zakat Fitrah dan Zakat Mall. Terdapat Dalil Membayar Zakat didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 43 bahwa Allah Berfirman berbunyi : ” Dan tunaikanlah Shalat, bayarlah Zakat dan Rukulah bersama orang – orang yg ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”.

5. Berangkat Haji ke Baitullah Mekkah

Kemudian didalam Urutan Rukun Islam Kelima atau yang terakhir adalah Berangkat Haji ke Baitullah Mekkah (Arab Saudi). Dan Ibadah Berhaji ini diwajibkan atas Setiap Muslim – Muslimah yang mampu, baik itu mampu dlm Aspek Finansial (Uang) untuk berangkat Haji dan mampu dlm aspek Kesehatan Jasmani dan Kesehatan Rohani nya. Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berbunyi : ” Sembahlah Allah, kerjakanlah Sholat Lima kali sehari, Berpuasa di Bulan Ramadhan, Tunaikanlah Zakat dan harta kekayaan km, dan kerjakanlah Ibadah Haji sekiranya (jika) mampu ”.

Urutan 6 Rukun Iman dan Penjelasannya Lengkap

penjelasan 6 rukun iman secara lengkap

Setelah kalian mengetahui Penjelasan Rukun Islam secara lebih detail diatas, maka sekarang tiba saatnya jika kalian mengetahui Penjelasan Rukun Iman didalam Ajaran Islam, karena tidak bisa dipungkiri bahwa antara Rukun Islam dan Rukun Iman itu tidak bisa dipisahkan. Dan langsung saja untuk Pengertian 6 Rukun Iman di Ajaran Islam adalah Enam Pilar – Pilar Keimanan (kepercayaan) yang harus ada dan dimiliki oleh Setiap Muslim, dan Enam Pilar Rukun Iman ini antara lain Iman terhadap Allah SWT, Iman terhadap Malaikat-nya Allah, Iman terhadap Kitab-nya Allah, Iman terhadap Rasul-nya Allah, Iman terhadap Hari Akhir dan Iman terhadap Qadha dan Qadar. Lalu Penjelasan 6 Rukun Iman ini bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Iman Terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala

Penjelasan Urutan Rukun Iman Yang Pertama adalah Iman dan Percaya terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala, bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Subhanahu wa ta’aladan satu satunya Tuhan yang disembah itu Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat sekali lagi didalam Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berbunyi : ” Sembahlah Allah, kerjakanlah Sholat Lima kali sehari, Berpuasa di Bulan Ramadhan, Tunaikanlah Zakat dan harta kekayaan km, dan kerjakanlah Ibadah Haji sekiranya (jika) mampu ”.

2. Iman Terhadap Malaikat – Malaikat

Urutan Rukun Iman Yang Kedua adalah Iman terhadap Malaikat – Malaikatnya Allah Subhanahu wa ta’ala dan percaya adanya Malaikat sebagai Makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa ta’ala yang diciptakan dari Cahaya yang telah diberikan tugasnya masing – masing oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Adapun Umat Islam wajib untuk percaya dan mengimani 10 Malaikat – Malaikatnya Allah SWT yang antara lain Malaikat Jibril, Malaikat Rakib, Malaikat Atib, Malaikat Mikail, Malaikat Mungkar, Malaikat Nangkir, Malaikat Israil, Malaikat Malik, Malaikat Ridwan dan Malaikat Israfil.

3. Iman Terhadap Kitab – Kitab

Urutan Rukun Iman Ketiga adalah mengimani Kitab – Kitab nya Allah Subhanahu wa ta’ala dan harus percaya bahwa Seluruh Kitab Allah itu Ucapan yang merupakan Sifat Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan Umat Islam wajib mengimani 4 Kitab – Kitab yang telah diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala yang antara lain Kitab Suci Taurat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Musa, Kitab Suci Zabur yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Daud, Kitab Suci Injil yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Isa dan Kitab Suci Al Qur’an yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

4. Iman Terhadap Rasul – Rasul

Lalu Urutan Rukun Iman Keempat adalah mengimani dan percaya terhadap Rasul – Rasul (Nabi – Nabi) nya Allah Subhanahu wa ta’ala, dan Nabi (Rasul) yang terakhir adalah Nabi Muhammad SAW sehingga tidak ada lagi Nabi lagi setelah Nabi Muhammad SAW Wafat. Selain itu Seorang Muslim – Muslimah harus mempercayai bahwa Nabi itu ada dan Nabi (Rasul) itu dari Kalangan Manusia Laki – Laki yang dipilih oleh Allah Subhanahu wa ta’ala sebagai Perantara antara Allah dengan Para Makhluknya, akan tetapi mereka semua itu (Nabi) tetaplah Manusia Biasa yg sama sekali tidak memiliki Sifat – Sifat dan Hak – Hak Ketuhanan karena sekali lagi tidak ada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah Subhanahu wa ta’ala.

5. Iman Terhadap Hari Kiamat (Hari Akhir)

Untuk Urutan Rukun Iman Kelima adalah mengimani dan percaya bahwa Hari Kiamat (Hari Akhir) itu ada dan akan datang. Selain itu Seorang Muslim harus percaya bahwa hidup di dunia ini hanya sementara, karena nanti semua akan berakhir dan akan kembali di Padang Mahsyar untuk mempertanggung jawabkan segala amalan dan perbuatan yang telah diperbuat selama hidup di Dunia, hingga nanti berakhir di Surga ataupun Neraka.

6. Iman Terhadap Qada dan Qadar

Urutan Rukun Iman Keenam adalah Percaya terhadap Qada dan Qadar. Adapun didalam Pengertian Qada menurut istilah di ajaran islam adalah ketentuan maupun ketetapan Allah SWT tentang segala sesuatu yg berkenaan dg Makhluk nya sesuai dg kehendak nya, meliputi hidup dan mati, baik dan buruk dan seterusnya. Sedangkan didalam Pengertian Qadhar menurut Istilah di ajaran Islam adalah perwujudan ketetapan terhadap segala sesuatu yg berkenaan dg Makhluk nya yg sdh ada sejak Jaman Azali sesuai dg Iradahnya, dan Qadar ini bisa disebut juga dengan Takdir Allah SWT yg berlaku bagi Semua Makhluk Hidup baik yg sudah, sedang dan akan terjadi.

Demikianlah pembahasan tentang Rukun Islam dan Rukun Iman didalam Ajaran Islam yang telah dijelaskan secara lebih detail dan dalam bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam. Dan semoga ulasan Rukun Islam dan Rukun Iman ini bisa berguna bagi Para Pembaca Muslim yang membutuhkannya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana tentu masih banyak Masyarakat Muslim – Muslimah yang belum begitu memahami tentang Penjelasan Rukun Islam dan Rukun Iman didalam Ajaran Islam ini.

Incoming search terms:

  • apa saja urutan yang benar rukun iman dan rukun islam
  • urutan yang benar rukun iman
  • Urutan rukun iman dan
  • urutan rukun iman dalam islam
  • urutan rukun iman
  • urutan iman kepada nabi dan rasul dalam rukun iman
  • sebutkan urutan rukun iman dan islam
  • mengetahui urutan rukun iman
  • materi rukun iman
  • urutan yang benar rukun iman dan rukun islam
Urutan 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Serta Penjelasannya | materiislam | 4.5