13 Rukun – Rukun Shalat Wajib dan Penjelasan Lengkap

Rukun Shalat Wajib Lima Waktu – Sebelum membahas tentang Rukun di dalam Shalat Fardhu, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu untuk memahami tentang Apa Itu Rukun Sholat ?, dan langsung saja didalam Pengertian Rukun Shalat Wajib adalah setiap perbuatan atau perkataan yang harus dilakukan dan harus ada di saat Kalian mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu karena jika salah satu Rukun Sholat Wajib ini tidak ada ataupun tidak dilakukan oleh Kalian baik secara sengaja maupun tidak disengaja maka Sholat Wajib yang dikerjakan oleh Kalian (Umat Muslim) tidaklah sah dan batal, serta dalam hal ini tidak bisa diganti dengan melakukan Sujud Sahwi.

Dalil Hadits Batalnya Shalat disebabkan karena meninggalkan Rukun Shalat bisa kalian lihat di Hadits Shahih Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam memerintahkan pada Seseorang untuk mengulangi Shalatnya karena ia menunaikan Shalat dg Buruk. Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam masuk ke dlm Masjid, lalu Seorang Pria masuk ke dlm Masjid dan melakukan Sholat. Lalu dia datang dan mengucapkan Salam pada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjawab salamnya, lalu Bersabda: ” Kembalilah, dan Sholatlah karena sesungguhnya km belum Sholat (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Oleh sebab itu sangat ditekankan kepada kalian Para Muslim – Muslimah untuk memperhatikan Macam Rukun Sholat Fardhu ini karena jika salah satu saja Rukun Shalat Fardhu tidak dilakukan baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja maka Sholat Fardhu yang dikerjakan oleh kalian Tidak Sah dan Batal sehingga kalian harus mengulanginya lagi. Padahal Sholat Fardhu merupakan ibadah yg harus dan wajib dilakukan oleh Setiap Muslim sehingga akan mendapatkan Doa Besar jika Setiap Muslim tidak menunaikan Sholat Wajib Lima Waktu di Setiap Harinya karena Perintah Mengerjakan Sholat Wajib itu sudah jelas dan bisa kalian lihat didalam Al Qur’an.

Seperti contohnya didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 110, Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ” Dan dirikanlah Sholat dan tunaikanlah Zakat. Dan kebaikan apa saja yg km usahakan bagi diri km, tentu km akan memperoleh pahala nya di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa – apa yg km kerjakan (QS. Al-Baqarah, Ayat : 110) ”. Ada lagi didalam Surat An-Nisa Ayat 103, Firman Allah SWT: ” Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat mu, ingatlah Allah diwaktu Berdiri, diwaktu duduk dan diwaktu berbaring. Kemudian apabila km sdh merasa aman, maka dirikanlah Sholat itu sebagai mana biasa. Sesungguh-nya Sholat itu adalah Fardhu yg ditentukan waktu-nya atas orang2 yg beriman (QS. An-nisa, Ayat : 103) ”.

13 Rukun – Rukun Shalat Wajib Lima Waktu Menurut Hadits

rukun - rukun shalat wajib lima waktu menurut hadits

Langsung saja Tiga Belas Rukun – Rukun Mengerjakan Shalat Wajib Menurut Hadits yang antara lain (1) Niat Shalat, (2) Berdiri Bagi Yg mampu, (3) Takbiratul Ikhram dibarengi membaca Allahu Akbar, (4) Membaca Suratan Al Fatihah, (5) Gerakan Shalat Ruku Secara Thuma’ninah, (6) Gerakan Shalat I’tidal Secara Thuma’ninah, (7) Gerakan Shalat Sujud Dua Kali Secara Thuma’ninah, (8) Gerakan Shalat Duduk diantara Dua Sujud Secara Thuma’ninah, (9) Gerakan Shalat Tahiyat Akhir, (10) Membaca Doa Tasyahud di Tahiyat Akhir, (11) Membaca Shalawat sesudah Bacaan Tasyahud Akhir, (12) Gerakan Shalat Salam dan (13) Tertib Dilakukan Secara Berurutan.

Penjelasan Rukun Shalat Wajib Lengkap

1. Penjelasan Rukun Shalat Fardhu Yang Pertama adalah mempunyai Niat Mengerjakan Shalat Wajib, baik itu dibacakan secara lirih didalam mulut maupun dibacakan didalam hati. Dan dalam hal ini dikarenakan setiap amalan ibadah itu tergantung dari niatnya, terdapat Hadits Shahih Umar RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Amal Ibadah itu tergantung niatnya dan seseorang hanya akan memperoleh sesuai niatnya …. (Hadits Riwayat Bukhari, Muslim dan Empat Imam Ahli Hadits) ”.

2. Penjelasan Rukun Sholat Fardhu Yang Kedua adalah Berdiri bagi yang mampu (Sehat), dan dalam hal ini berlaku juga untuk Sholat Sunnah. Rukun Shalat ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Sholatlah dalam keadaan berdiri, jika tidak mampu maka kerjakanlah dlm keadaan duduk, dan jika tidak mampu lagi maka lakukanlah dg tidur menyamping (Hadits Riwayat Bukhari, Nomor. 1117) ”.

3. Penjelasan Rukun Shalat Wajib Yang Ketiga adalah Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram dan dibarengi dengan membaca Takbir (Allahu Akbar). Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Pembuka Sholat adalah bersuci. Yang mengharamkan dari hal2 diluar Sholat adalah Ucapan Takbir. Lalu yg menghalalkan-nya kembali adalah Ucapan Salam (HR. Abu Daud, No. 618) ”. Perlu kalian ketahui bahwa Bacaan Takbir (Allahu Akbar) di Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram tidak bisa diganti dengan ucapan atau kata – kata lainnya, walaupun kalimat itu semakna.

4. Penjelasan Rukun Sholat Wajib Yang Keempat adalah membaca Suratan Al Fatihah disetiap Rakaat Shalat Wajib 5 Waktu, baik saat dikerjakan Secara Sendirian maupun Secara Berjamaah (Makmum). Terdapat Hadits Shahih dari Ubadah bin Ash Shomit bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Tidak ada Sholat (artinya tidak sah) orang yg tidak membaca Al-Fatihah (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

5. Penjelasan Rukun Mengerjakan Shalat Wajib Yang Kelima adalah melakukan Gerakan Shalat Ruku secara Thuma’ninah. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Kemudian Rukulah dan Thuma’ninah lah ketika Ruku (Hadits Riwayat Bukhari, No. 793 dan Muslim, No. 397) ”. Adapun Pengertian Gerakan Shalat Ruku adalah Gerakan Shalat membungkuk kan badan dan tangan berada di Lutut, lalu yang dimaksud Thuma’ninah adalah keadaan tenang, tidak terburu – buru dlm melakukan Ruku.

6. Penjelasan Rukun Melakukan Shalat Wajib Yang Keenam adalah melakukan Gerakan Shalat I’tidal secara Thuma’ninah. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Kemudian Tegak kanlah badan (I’tidal) dan secara Thuma’ninah ”.

7. Penjelasan Rukun Melaksanakan Shalat Wajib Yang Ketujuh adalah melakukan Gerakan Shalat Dua Sujud (Sujud Pertama dan Sujud Kedua) secara Thuma’ninah. Dalam hal ini Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang bebunyi : ” Kemudian Sujud lah, dan Thuma’ninah lah ketika Sujud ”.

8. Penjelasan Rukun Menunaikan Shalat Wajib Yang Kedelapan adalah melakukan Gerakan Shalat Duduk diantara Dua Sujud Secara Thuma’ninah (dengan tenang dan jangan terburu – buru). Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Kemudian Sujud lah secara Thuma’ninah saat Sujud. Lalu bangkitlah dari Sujud dan Thuma’nina lah saat Duduk. Kemudian Sujudlah lagi secara Thuma’ninah ketika Sujud ”.

9. Penjelasan Rukun Mengerjakan Sholat Wajib Yang Kesembilan adalah melakukan Gerakan Shalat Tasyahud Akhir (Tahiyat Akhir) dan Duduk Tasyahud. Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Jika salah seorang diantara kalian Duduk (Tasyahud) dalam Sholat, maka ucapkanlah At Tahiyatu Lillah …. (HR. Bukhari, No. 831 dan Muslim, No. 402) ”.

10. Penjelasan Rukun Shalat Wajib 5 Waktu Yang Kesepuluh adalah membaca Doa Tasyahud ketika Gerakan Shalat Duduk Tasyahud Awal (Tahiyat Awal) dan Duduk Tasyahud Akhir (Tahiyat Akhir). Dalam hal ini lihatlah Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Jika salah seorang diantara kalian Duduk (Tasyahud) dalam Sholat, maka ucapkanlah At Tahiyatu Lillah …. (HR. Bukhari, No. 831 dan Muslim, No. 402) ”.

11. Penjelasan tentang Rukun Shalat Fardhu 5 Waktu Yang Kesebelas adalah membaca Shalawat Nabi sesudah membaca Doa Tasyahud Akhir. Dalil dan Hadits dari Fudholah bin Ubaid Al Anshoriy bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata : ” Jika salah seorang diantara kalian hendak Sholat, maka mulai lah dg menyanjung dan memuji Allah, lalu Bershalawat lah kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, setelah itu berdoa semau kalian ”.

12. Penjelasan Rukun Sholat Wajib Yang Keduabelas adalah melakukan Gerakan Sholat Salam (Salam ke Kanan dan ke Kiri). Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Pembuka Sholat adalah bersuci. Yang mengharamkan dari hal2 diluar Sholat adalah Ucapan Takbir. Lalu yg menghalalkan-nya kembali adalah Ucapan Salam (HR. Abu Daud, No. 618) ”.

13. Penjelasan Rukun Shalat Wajib Yang Ketigabelas adalah Tertib (Berurutan), maksudnya adalah saat melakukan Rukun – Rukun Dalam Shalat Wajib ini dilakukan secara Tertib dan Berurutan, tidak boleh loncat – loncat maupun meninggalkan salah satu rukun shalat nya.

Demikianlah ulasan tentang Rukun – Rukun Shalat Wajib dan Penjelasannya yang telah ditulis secara lebih detail, semoga saja pembahasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Para Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang Rukun Sholat karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana tentu masih ada Masyarakat Muslim di Indonesia yg belum begitu memahami tentang masalah ini sehingga dengan adanya pembahasan ini semoga bisa berguna bagi mereka yg membutuhkan. Kemudian sebagai tambahan informasi saja bahwa kalian juga bisa membaca ulasan Bacaan Niat Shalat Wajib 5 Waktu karena disitu telah dibahas dan ditulis secara lengkap pula tentang Shalat Wajib Lima Waktu.

loading...

loading...