Pengertian, Syarat dan Sebab Sujud Syukur di Ajaran Islam

Pengertian dan Sebab Sujud Syukur – Sebelum membahas terlebih dalam tentang Syarat dan Sebab Sebab Sujud Syukur didalam Ajaran Islam, mungkin yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebagai Pembaca Muslim – Muslimah di Laman Materi Islam ialah tentang Definisi dan Apa Itu Sujud Syukur. Dan langsung saja didalam Pengertian Sujud Syukur di Ajaran Islam adalah melakukan Aktivitas (Gerakan) Tubuh Bersujud seperti Sujud ketika mengerjakan Shalat yang dibarengi dengan membaca Doa Sujud Syukur, yang mempunyai maksud untuk Berterima Kasih (Bersyukur) kepada Allah Subhanahu wa ta’ala segala Nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada Kita.

Adapun aktivitas Sujud Syukur setelah mendapatkan suatu Rezeki dan Kenikmatan dari Allah Subhanahu wa ta’ala ini merupakan termasuk kedalam Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sehingga sangat baik sekali jika dilakukan dan ditiru oleh Setiap Muslim – Muslimah. Untuk Dalil Hadits Tentang Sujud Syukur ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Bakrah bahwa Nabi Muhammad SAllah Shallallahu alaihi wasallam apabila memperoleh sesuatu yg disenangi maupun diberi kabar gemberi, maka Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam segera tunduk dan sujud sebagai tanda Bersyukur kepada Allah┬áSubhanahu wa ta’ala (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah) ”.

Selain itu bisa kalian lihat Perintah dan Keutamaan Bersyukur didalam Al Qur’an seperti didalam Surat Ibrahim Ayat 7 bahwa Allah┬áSubhanahu wa ta’ala Berfiman : ” Dan ingatlah juga, tatkala Tuhan Mu memaklumkan ; ‘ Sesungguh -nya jika km bersyukur, pasti kami akan menambah Nikmat kpd Mu, dan jika km mengingkari nikmat ku, maka sesungguhnya Azab-Ku sangat Pedih (QS. Ibrahim, Ayat : 7) ”. Lalu Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 152 berbunyi : ” Karena itu, ingatlah km kepada Ku niscaya aku akan ingat juga kepada Mu, dan Bersyukurlah kepada Ku, dan jngan lah km mengingkari nikmat -ku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 152) ”.

Syarat – Syarat Sujud Syukur di Ajaran Islam

syarat dan sebab sujud syukur dalam islam

Setelah kalian sudah cukup memahami tentang Apa Itu Sujud Syukur dan Hukum Melakukan Sujud Syukur yang Sunnah, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui apa saja yang menjadi Syarat – Syarat Sujud Syukur Menurut Ajaran Islam. Dan langsung saja bisa kalian lihat Syarat dan Ketentuan Melakukan Sujud Syukur yang antara lain :

Suci Dari Hadats dan Najis

Syarat Melakukan Sujud Syukur ini harus dipenuhi oleh kalian Umat Muslim – Muslimah yang akan melakukan Sujud Syukur karena Ibadah Sunnah Bersujud Syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala itu dilakukan seperti melakukan Sujud didalam Sholat, bukan Aktivitas Sujud Sukur biasa sehingga kalian Umat Muslim harus Suci dari Hadats Besar, Hadats Kecil dan Najis.

Menghadap Ke Arah Kiblat

Syarat Sujud Syukur Yang Kedua adalah dilakukan ke Arah Kiblat (Arah Ke Ka’bah di Mekkah) karena sekali lagi Aktivitas Ibadah Sunnah Sujud Syukur ini dilakukan seperti mengerjakan Sholat, bukanlah Aktivitas Sujud Syukur biasa sehingga jika kalian akan melakukan Sujud Syukur untuk Bersyukur atas Nikmat yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala berikan, maka menghadaplah ke Arah Kiblat (Arah Ke Ka’bah di Mekkah).

Menurut Aurat Bagi Laki – Laki dan Perempuan

Syarat Ibadah Sujud Syukur Yang Ketiga adalah Menurut Aurat, dan dalam konteks ini Menutup Aurat seperti saat mengerjakan Sholat. Oleh karean itu jika Seorang Laki – Laki Muslim akan melakukan Ibadah Sunnah Sujud Syukur maka diharuskan berpakaian yang bersih dan sopan, jika Seorang Muslimah Perempuan harus memakai Jilbab (Kerudung) dan seperti akan melakukan Sholat.

Rukun Sujud Syukur di Ajaran Islam

Selain Syarat Sujud Syukur, kalian harus mengetahui Rukun – Rukun Sujud Syukur karena didalam Ibadah Sunnah Sujud Syukur ini. Dan untuk Rukun – Rukun Melakukan Sujud Syukur antara lain :

Niat

Takbiratul Ikhram

Sujud

Salam

Terbit (Berurutan)

Sebab – Sebab Sujud Syukur Dalam Islam

Kemudian setelah kalian mengetahui tentang Syarat dan Rukun Ibadah Sujud Syukur yang Sunnah tersebut, maka kalian harus mengetahui tentang Sebab – Sebab Melakukan Sujud Syukur. Dan bisa langsung lihat ulasan tentang Alasan Melakukan Sujud Syukur dibawah ini :

Mendapatkan Kenikmatan dari Allah SWT

Sebab Sujud Syukur Yang Pertama adalah mendapatkan Kenikmatan dari Allah Subhanahu wa ta’ala dan dalam hal ini Kenikmatan yang seperti Diberikan Jodoh, Masuk ke Agama Islam, Mendapatkan Hidayah, Mendapatkan Rezeki yang benar – benar dibutuhkan dan lain lain karena Allah Subhanahu wa ta’ala banyak sekali (Tak Terbatas) dlm memberikan Kenikmatan kepada Para Hambanya.

Mendapatkan Berita Gembira

Alasan Sujud Syukur Yang Kedua adalah mendapatkan Kabar Yang Gembira seperti mempunyai Anak, Lahirnya Anak Dg Sehat, Lolos Seleksi Masuk Sekolah, Masuk Universitas, Masuk Pekerjaan dan Kabar Gembira lainnya yang benar – benar membuat Kalian Bahagia dan membuat Bangga Keluarga kalian, karena itu semua termasuk kedalam Nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala kepada kalian.

Terhindar Bahaya maupun Bencana

Lalu Sebab Mengerjakan Sujud Syukur Yang Ketiga adalah terhindar dari bencana dan musibah seperti selamat dari Musibah dan Bencana Gemba Bumi, Tenggelam nya Kapal, Kecelakaan Pesawat, Selamat dari Pembunuhan dan Bencana atau Musibah yang lainnya karena hal tersebut berarti kalian masih dilindungi dan diselamatkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala bukan karena takdir maupun keberuntungan, tetapi karena Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sebagai tambahan saja bahwa Tidak Di Sunnahkan Untuk Melakukan Ibadah Sujud Syukur untuk segala Nikmat yang sifatnya Kontinyu (Terus Menerus) seperti Nikmat Nafas, Nikmat Umur Panjang, Nikmat Hidup, Nikmat Diberikan Rezeki dan Nikmat Lainnya yang diberikan oleh Allah. Dalam hal ini Ulama Syafi’i dan Ulama Hambali berpendapat : ” Tidak di Sunnahkan untuk melakukan Sujud Syukur karena memperoleh Nikmat yg sifatnya terus menerus yg tidak pernah terputus ”.

Demikianlah pembahasan tentang Syarat dan Sebab Sujud Syukur di Ajaran Islam, semoga saja ulasan ini bermanfaat bagi Pembaca Muslim yang membutuhkannya. Kemudian jika kalian ingin mengetahui dan memahami secara lebih dalam tentang Syarat Sah Shalat Wajib didalam Ajaran Islam, maka bisa kalian langsung menuju tautan tersebut karena Penulis Laman Website Materi Islam telah membahas secara lebih dalam dan detail tentang Syarat Sah Shalat Menurut Hadits – Hadits Shahih.

Pengertian, Syarat dan Sebab Sujud Syukur di Ajaran Islam | materiislam | 4.5