6 Syarat Sah Shalat Wajib dan Penjelasannya Sesuai Hadits

Syarat Sah Shalat Wajib – Setelah dipertemuan sebelumnya telah membahas tentang Rukun Shalat Wajib dan penjelasannya lengkap, maka dikesempatan ini Penulis bergantian akan menjelaskan tentang Syarat Sah Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu yg tentunya ditulis secara lengkap pula dg Penjelasan Menurut Hadits Shahih. Hal ini dikarenakan Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih ada beberapa Pembaca Muslim yg belum begitu mengetahui tentang Syarat Sah Sholat Wajib 5 Waktu ini, opini tersebut didukung oleh fakta bahwa Mayoritas Masyarakat Indonesia adalah Muslim (Beragama Islam) sehingga sudah tentu masih ada Pembaca Muslim yg belum begitu memahami tentang Syarat Sah Shalat.

Langsung saja didalam Pengertian Syarat Sah Shalat Wajib adalah tindakan (perbuatan) yg harus dilakukan oleh Setiap Muslim saat akan mengerjakan Shalat Wajib disetiap harinya karena jika salah satu Syarat Sah itu tidak dilakukan maupun tidak dipenuhi oleh Setiap Muslim, maka Shalat Wajib Lima Waktu yang dikerjakannya tidak sah sehingga kalian harus mengulangi nya kembali. Hal ini dikarenakan Shalat Wajib merupakan Ibadah yg harus dilakukan dan dikerjakan oleh Semua Muslim karena Hukum Mengerjakan Shalat Wajib adalah Fardhu Ain, untuk itu akan mendapatkan Dosa bagi Setiap Muslim yang meninggalkan dan tidak mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu.

Sedangkan untuk Shalat Wajib Lima Waktu ini terdiri dari Shalat Subuh Dua Rakaat, Shalat Dzuhur Empat Rakaat, Shalat Ashar Empat Rakaat, Shalat Maghrib Tiga Rakaat dan Shalat Isya Empat Rakaat. Lalu Perintah Mengerjakan Shalat Wajib sdh banyak dijelaskan didalam Al Qur’an dan salah satu contohnya di Surat Al Baqarah Ayat 43 berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, tunaikanlah Zakat dan Rukulah bersama Orang-Orang Yg Ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat 43) ”. Selain itu pada Surat TaHa Ayat 14, bahwa Allah SWT Berfirman : ” Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan yg hak selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah Sholat untuk mengingat Aku (QS. Taha, Ayat 14) ”.

Dengan melihat Kedua Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 43 dan Surat TaHa Ayat 14 diatas, maka bisa disimpulkan bahwa Shalat Wajib itu harus dilakukan dan dikerjakan karena sudah menjadi Ibadah Wajib Seluruh Umat Muslim. Untuk itu kalian harus mengetahui dan memahami tentang Syarat – Syarat Sah Sholat Fardhu Lima Waktu karena sekali lagi jika kalian tidak melakukan ataupun tidak menunaikan salah satu saja Syarat Sah Shalat Fardhu ini maka Shalat Fardhu yang dilakukan oleh Kalian tidaklah Sah dan harus diulangi kembali.

syarat sah shalat wajib sesuai hadits nabi

6 Syarat Sah Shalat Wajib Menurut Hadits

Kemudian untuk Syarat – Syarat Sah Menunaikan Shalat Wajib Menurut Hadits antara lain :

1. Suci Badan, Pakaian dan Tempat Sholat Dari Najis

2. Menutup Aurat Bagi Laki – Laki dan Perempuan

3. Suci dari Hadast Kecil dan Hadast Besar

4. Menghadap Ke Kiblat (Ka’bah Mekkah)

5. Masuk Waktu Mengerjakan Shalat

6. Niat Mengerjakan Shalat

Penjelasan Syarat Sah Shalat Wajib Lengkap

1. Penjelasan Syarat Sah Melakukan Shalat Wajib Yang Pertama adalah Suci Badan, Suci Pakaian dan Suci Tempat Shalatnya dari Najis karena sebelum mengerjakan Shalat Wajib maka Kita harus selalu memastikan bahwa Tubuh (Badan) kita bersih dari Najis seperti Darah dan lain lain, selain itu Pakaian dan Tempat Shalat baik itu didalam Rumah maupun di Masjid juga harus suci dan bersih dari Najis. Madzhab Imam As Syafi’i mengetakan: ” Jika Pakaianmu terkena Najis, sementara Ia tidak menemukan Air untuk membersihkannya, maka ia Shalat dg telanjang, dan tidak perlu diulang. Dia tidak boleh Shalat dg Pakaian Najis sama sekali (Al Umm, 1/57) ”.

2. Penjelasan Syarat Sah Mengerjakan Sholat Wajib Yang Kedua adalah Menutup Aurat bagi Laki – Laki Muslim dan Perempuan Muslimah. Adapun untuk Aurat Laki – Laki Muslim itu antara Pusar dan Lututnya, sebagaimana hadits dari Amr bin Syu’aib Ra dari Ayahnya dan dari ayahnya bahwa : ” Antara Pusar dan Lutut itu adalah Aurat ”. Sedangkan didalam Aurat Perempuan Muslimah adalah Suluruh Tubuhnya kecuali Wajah dan Kedua Telapak Tangannya dlm Shalat, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Allah tidak menerima Sholat Wanita yg sudah Baligh kecuali dg mengenakan kain penutup (HR. Ibnu Majah dan Abu Dawud) ”.

3. Penjelasan Syarat Sah Melaksanakan Shalat Wajib Yang Ketiga adalah Suci dari Hadats Kecil dan Hadats Besar. Dalam hal ini didalam Hadats Kecil dapat disucikan dengan Berwudhu dan didalam Hadats Besar dapat disucikan dengan Mandi Besar (Junub), bisa kalian lihat Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Ma’idah Ayat 6 berbunyi: ” Hai orang-orang yg beriman, apabila km hendak menunaikan Sholat, maka basuhlah muka mu dn tangan mu sampai dg siku, dan sapulah kepala mu dan basuh kaki mu sampai dg kedua mata kaki, dan jika km junub maka mandilah …. (QS. Al-Ma’idah, Ayat : 6) ”.

4. Penjelasan Syarat Sah Sholat Wajib Yang Keempat adalah menghadap ke Arah Kiblat (Ka’bah di Mekkah). Dalam hal ini bisa kalian lihat Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 150 berbunyi : ” Dan dari mana saja km (keluar), maka palingkanlah wajah mu ke Arah Masjidil Haram. Dan dimana saja km sekalian berada, maka palingkan lah wajah mu ke Arahnya …. (QS. Al-Baqarah, Ayat : 150) ”. Selain itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Jika Km akan Sholat, maka Berwudhu lah dg sempurna. Kemudian menghadaplah ke Arah Kiblat…. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

5. Penjelasan Syarat Sah Dalam Sholat Wajib Yang Kelima adalah telah masuk waktu mengerjakan shalat, sehingga tidak lah Sah Shalat nya yang dikerjakan sebelum masuk waktunya maupun setelah lewat waktu shalatnya. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat An Nissa Ayat 103, bahwa Allah SWT Berfirman : ” Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat mu, ingatlah Allah diwaktu berdiri, diwaktu duduk dan diwaktu berbaring. Kemudian apabila km sdh merasa aman, maka tunaikan Sholat itu sebagaimana biasa. Sesungguhnya Sholat itu adalah Fardhu yg ditentukan Waktunya atas orang2 yg beriman (QS. An-Nisa, Ayat : 103) ”.

6. Penjelasan Syarat Sah Shalat Wajib 5 Waktu Yang Keenam adalah mempunyai Niat mengerjakan Shalat Wajib, baik itu dibacakan didalam mulut secara lirih maupun dibacakan didalam hati. Hal ini dikarenakan mempunyai Niat saat akan mengerjakan Ibadah apapun itu penting, sebab Pahala Amalan Ibadah itu akan diberikan sesuai niatnya. Terdapat Hadits Shahih dari Umar RA, bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Amal itu tergantung dari Niatnya, dan seseorang hanya akan mendapatkan sesuai niatnya … (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Demikianlah pembahasan detail tentang Syarat – Syarat Sah Shalat Wajib dan Penjelasannya lengkap, dan semoga pembahasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yang akan mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu, sebab Syarat Sah Shalat ini sangatlah penting bagi kalian Setiap Muslim – Muslimah karena jika salah satu Syarat Sah Dalam Shalat Wajib tidak dilakukan maka Shalat Wajib yang dikerjakan oleh kalian akan batal dan tidak sah. Sebagai tambahan informasi saja bahwa Penulis juga telah menuliskan tentang Rukun dan Syarat Sah Wudhu secara detail dan lengkap sehingga jika kalian ingin memahami tentang Wudhu maka bisa kalian lihat sendiri di tautan artikel tersebut.

Incoming search terms:

  • syarat wajib sesudah shalat
  • syarat wajib sholat 6
6 Syarat Sah Shalat Wajib dan Penjelasannya Sesuai Hadits | materiislam | 4.5