Rukun, Sunnah dan Syarat Sah Wudhu di Ajaran Islam

Rukun dan Syarat Sah Wudhu – Pembahasan mengenai Wudhu didalam Ajaran Islam sendiri merupakan salah satu cara untuk mensucikan anggota tubuh menggunakan Air yang suci lagi mensucikan dan Wudhu ini wajib dilakukan oleh seorang Muslim ketika mereka hendak akan melakukan Ibadah Sholat Wajib, Ibadah Sholat Sunnah, Ibadah Thawaf di Ka’bah dan ketika akan membaca Al Qur’an karena hal tersebut telah dijelaskan didalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang ada didalam Al Qur’an.

Seperti didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 yang berbunyi, ” Hai orang – orang yg beriman, apabila kalian hendak mengerjakan Shalat maka basuhlah muka kamu dan tangan kamu sampai dengan siku, dan sapulah kepala kamu dan basuh lah kaki kamu sampai dg kedua mata kaki (QS. Surat Al Maidah Ayat 6) ”. Dan didalam Surat Al Waqi’ah Ayat 77 – 79 yang berbunyi, ” Sesungguhnya Al Qur’an ini adalah bacaan yg sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuh-nya kecuali orang – orang yg disucikan (QS. Al Waqi’ah, Ayat : 77 – 79) ”.

Melihat Kedua Surat didalam Al Qur’an tersebut (Surat Al Maidah Ayat 6 dan Surat Al Wa’qiah Ayat 77 – 79) diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Hukum Berwudhu sebelum Sholat dan sebelum membaca Al Qur’an adalah wajib dilakukan bagi tiap – tiap Muslim. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sendiri telah bersabda yang telah ditulis didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim berbunyi, ” Tidak akan diterima Sholat seorang Muslim diantara kalian jika ia berhadats hingga dia berwudhu (HR. Bukhari no 135 dan Muslim no 225) ”.

Rukun, Sunnah dan Syarat Sah Wudhu Dalam Islam

rukun dan syarat sah wudhu lengkap

Oleh karena itu dengan melihat fakta bahwa Berwudhu sangatlah penting dan merupakan termasuk kedalam salah satu Syarat Sah Sholat maka saya sebagai penulis dari laman materi islam akan memberikan pembahasan ilmu tentang Rukun dan Syarat Sah Dalam Berwudhu karena saya sendiri selaku penulis meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang belum mengetahui ataupun lupa akan Rukun, Sunnah – Sunnah dan Syarat Sah Berwudhu.

Rukun – Rukun Wudhu Dalam Islam

Langsung saja untuk Rukun Berwudhu didalam Ajaran Islam yang telah disepakati antara lain :

Niat Wudhu

Mencuci Wajah

Mencuci Kedua Tangan hingga Siku

Mengusap Rambut Kepala

Mencuci Kedua Kaki hingga Mata Kaki

Tertib (Ber’urutan).

Sunnah – Sunnah Wudhu Dalam Islam

Sedangkan untuk Sunnah Berwudhu didalam Ajaran Islam yang harus kalian ketahui antara lain :

Bersiwak

Membaca Doa Setelah Wudhu

Menyela Rambut Jenggot yang tebal

Menggunakan Air Wudhu dengan Hemat (Irit)

Mencuci sebanyak 3 kali di tiap tiap anggota tubuh saat Wudhu

Membersihkan Sela Sela Jari Jari pada Tangan dan Kaki saat Wudhu

Mendahulukan Berwudhu Tangan dan Kaki sebelah Kanan terlebih dahulu, baru bagian Kiri

Mencuci Kedua Tangan sampai pergelangan tangan terlebih dahulu sebelum berwudhu

Syarat Sah Wudhu Dalam Islam

Beragama Islam

Tamyiz (Berakal) yakni dapat membedakan sesuatu mana yang baik dan mana yang buruk.

Suci dari Hadats Besar karena jika seorang Muslim yang Berhadats Besar harus disucikan terlebih dahulu dengan Junub (Mandi Wajib), dan untuk Berwudhu dilakukan untuk menghilangkan Hadats Kecil.

Syarat Sah Wudhu Yang Keempat adalah Berwudhu dengan Air Suci Yang Mensucikan seperti menggunakan Air Sumur, Air dari lelehan Salju (Es Batu), Air dari Tangki Besar (Kolam), Air Hujan, Air Terjun, Air Laut dan Air Sungai.

Syarat Sah Dalam Wudhu Kelima adalah tidak ada sesuatu yang dapat menghalangi Air ke Anggota Tubuh kalian saat Wudhu. Seperti contohnya jika didalam Tangan kalian terdapat Lem atau Getah yang dapat menghalangi Air masuk ke Pori – Pori tangan anda, maka Lem atau Getah tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu, alasan itulah yang membuat Tatto dilarang oleh Agama Islam karena Tinta Tatto bisa menutup Pori – Pori didalam Kulit dan Tinta Tatto tersebut tidak bisa dihilangkan.

Syarat Wajib Wudhu Yang Keenam adalah harus mengetahui mana yang menjadi Rukun (Wajib) dalam Berwudhu dan mana yang menjadi Sunnah dalam Wudhu.

Demikianlah ulasan tentang Rukun, Sunnah dan Syarat Sah Dalam Wudhu yang bisa saya berikan kepada kalian selaku pembaca Muslim yang ada di Indonesia, dan jika kalian ingin mengetahui tentang Tata Cara dan Niat Wudhu yang baik dan benar maka bisa kalian baca dan pahami sendiri ulasan tersebut karena telah saya bahas dipertemuan sebelumnya. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini dan semoga ulasan tentang Rukun dan Syarat Wajib Berwudhu ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian semua karena sudah menjadi kewajiban kita sesama Muslim untuk berbagi dan memberikan ilmu yang bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rukun dan syaraet wudhu
  • ada berapa syarat sah wudhu
  • hukum sah berwudhu
  • saray sah wudu
  • syarat sah berwudhu
  • syarat sah rukun sunat berwudu
  • syarat sah wudhu
  • syarat sah wudhu com
  • syarat wajib wudhu
Rukun, Sunnah dan Syarat Sah Wudhu di Ajaran Islam | materiislam | 4.5