7 Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat Menurut Hadits

Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat– Shalat Fardhu Lima Waktu didalam Ajaran Islam adalah salah satu Ibadah yang sangat penting dan telah diwajibkan untuk dikerjakan oleh tiap tiap Muslim disetiap harinya yang telah masuk kedalam Syarat dan Ketentuannya, karena Ibadah Shalat Fardhu Lima Waktu yang meliputi Shalat Subuh, Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya ini merupakan termasuk ke dalam Rukun Islam yang Kedua. Dan Hukum Mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu ialah Fardhu Ain sehingga telah diwajibkan untuk dikerjakan oleh setiap Muslim dan Muslimah disetiap harinya.

Firman Allah┬áSubhanahu Wa Ta’ala tentang Perintah Mengerjakan Sholat sendiri telah banyak diterangkan didalam Kitab Suci Al Qur’an seperti didalam Surat Al Baqarah Ayat 43 berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, Tunaikanlah Zakat dan Ruku-lah beserta Orang – Orang yang ruku (QS. Al Baqarah Ayat : 43) ”. Lalu didalam Surat Al An’am Ayat 72 berbunyi : ” Dan agar mendirikan Sholat serta bertakwa kepada nya. Dan dialah Tuhan yang kepada nya lah km akan dihimpunkan (QS. Al An’am Ayat : 72) ”. Serta didalam Surat An Nur Ayat 56 berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, Tunaikanlah Zakat dan Taatlah kepada Rasul supaya km diberikan Rahmat (QS. An Nur Ayat : 56) ”.

Selain Surat – Surat Al Qur’an diatas, tentunya masih banyak lagi Surat – Surat didalam Al Qur’an yang menjelaskan tentang Perintah Mengerjakan Sholat bagi orang – orang yang beriman (Umat Muslim) sehingga tidak ada alasan bagi kalian Umat Muslim untuk meninggalkannya karena jika kalian meninggalkan Sholat Fardhu Lima Waktu secara disengaja dan tanpa Uzur (Halangan) apapun maka kalian akan mendapatkan Dosa yang besar. Setelah kalian memahami mengenai Hukum Mengerjakan Sholat Fardhu, maka ada baiknya jika kalian memahami dan mengetahui tentang tempat yang boleh digunakan untuk shalat dan tempat yang tidak boleh digunakan untuk shalat dalam islam.

Karena salah satu dari Syarat – Syarat Sah Mengerjakan Shalat ialah Suci kebajuannya, suci badannya dan suci tempat yang digunakan untuk mengerjakan Shalat sehingga jika kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah menunaikan Shalat Wajib Lima Waktu di Tempat – Tempat Yang Dilarang Untuk Mengerjakan Shalat, maka Shalat Wajib yang dikerjakan oleh Anda tidak Sah.

7 Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat Secara Lengkap

tempat yang dilarang untuk shalat dalam islam

Terdapat Hadist Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah yang membahas mengenai Tempat – Tempat Dilarang Untuk Shalat yang berbunyi : Dari Ibnu Umar Ra mengatakan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam melarang mengerjakan shalat di tujuh tempat yang antara lain di Tempat Sampah, di Tempat Penyembelihan Hewan, di Kandang Unta, Diatas Ka’bah, di Kamar Mandi (WC) dan di Kuburan (HR. Tirmidzi no 346 dan Ibnu Majah no 746) ”.

Kemudian untuk penjelasan lebih detail mengenai Tempat – Tempat Yang Tidak Dibolehkan Untuk Mengerjakan Shalat Menurut Hadist diatas bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Di Tempat Sampah

Mengerjakan Shalat di Tempat Sampah tidak dibolehkan dikarenakan Tempat Sampah atau Tempat Pembuangan Sampah kadang terdapat banyak Najis didalamnya, baik itu terdapat Kotoran Hewan ataupun Najis – Najis yang lain. Dan jika menurut kalian Tempat Sampah itu tidak terdapat Najis dan menurut Anda Suci, maka Tempat Sampah termasuk kedalam Tempat yang menjijikkan dan Bau tidak sedap sehingga tidak layak bagi seorang Muslim untuk mengerjakan Shalat dan menghadap Allah SWT ditempat tersebut.

2. Tempat Penyembelihan Hewan

Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat selanjutnya adalah Tempat Penyembelihan Hewan karena Tempat Penyembelihan Hewan terdapat banyak Najis – Najis didalamnya seperti Darah Hewan dan Kotoran – Kotoran Hewan sehingga jika kalian mengerjakan Shalat di Tempat Penyembelihan tersebut maka tidaklah Sah Shalatnya, karena salah satu Syarat Sah Mengerjakan Shalat ialah dikerjakan di Tempat yang suci dari berbagai Macam Najis.

3. Di Kandang Unta

Lalu Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat selanjutnya ialah di Kandang Unta karena selain terdapat Najis dan Kotoran Hewan Unta tersebut, Kandang Unta ternyata sebagai tempat tinggal para Setan dan jika di Kandang Unta tersebut masih terdapat Hewan Untanya maka dapat mengganggu dan menghalangi ke Khusyu’an orang yang akan mengerjakan Shalat karena mereka khawatir akan gangguan dari Unta – Unta tersebut.

4. Di Atas Bangunan Ka’bah

Mengerjakan Shalat di Atas Bangunan Ka’bah juga dilarang dan hal ini dikarenakan Shalatnya tidak menghadap ke Arah Kiblat, namun hanya menghadap kebagiannya saja karena sebagian Ka’bah nya berada di Belakang Punggungnya. Terlepas dari itu semua bahwa untuk sekarang ini pun untuk mengerjakan Shalat di Atas Ka’bah Mekkah sangatlah sulit, malahan sangat tidak mungkin dilakukan karena pengamanan Ka’bah yang sangat ketat.

5. Di Tengah – Tengah Jalan

Lalu Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat selanjutnya adalah Shalat di Tengah – Tengah Jalan yang dilalui oleh Orang, namun jika mengerjakan Shalat di Jalanan yang tidak dipakai atau tidak dilalui oleh Orang Lain masih dibolehkan. Hal tersebut dikarenakan Shalat di Tengah – Tengah Jalan yang dilalui oleh Orang Lain akan mengganggu dan menghalangi Orang – Orang yang akan melalui Jalan tersebut, lagi pula hal ini akan mengakibatkan menjadi tidak Khusyu dalam mengerjakan Shalat jika dilakukan di tengah jalan yang banyak dilalui oleh Orang.

6. Di Kamar Mandi (WC)

Mengerjakan Shalat di Tempat Kamar Mandi atau WC sangatlah tidak boleh dilakukan karena Kamar Mandi merupakan tempat yang digunakan untuk membuang Kotoran – Kotoran Manusia (Najis) seperti Buang Air Kecil dan Buang Air Besar, dan Kamar Mandi juga merupakan Tempat Tinggal Setan, sehingga sudah sangat jelas bahwa Kamar Mandi tidak boleh digunakan untuk mengerjakan Shalat karena sekali lagi salah satu Syarat Sah Shalat ialah mengerjakan Shalat di Tempat yang Suci dari Hadast dan Najis.

7. Di Kuburan

Lalu Tempat Yang Dilarang Untuk Shalat selanjutnya adalah melakukan Shalat di Tempat Kuburan dan dalam hal ini dikarenakan supaya terhindar dari penyembahan terhadap Kuburan ataupun terhindar dari seperti orang yang menyembah ke Kuburan dan Orang – Orang yang telah meninggal ditempat kuburan tersebut. Terdapat Hadist Riwayat Ibnu Majah dan Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Tanah semuanya adalah Masjid, melainkan Kamar Mandi (WC) dan Kuburan (HR. Tirmidzi no 317 dan Ibnu Majah no 745) ”.

Itulah pembahasan mengenai Tempat Yang Tidak Boleh Untuk Shalat baik itu Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah. Semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena sudah tugas kita sebagai sesama Muslim untuk saling memberikan Informasi dan Ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

loading...

loading...