Waktu Sholat Dhuha Yang Terbaik dan Yang Dilarang

Waktu Sholat Dhuha Terbaik – Sebelum membahas secara lebih dalam mengenai Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha Yang Baik dan Mustajab, ada baiknya bagi kalian Pembaca Muslim untuk mengetahui atau memahami mengenai Sholat Sunnah Dhuha. Dan langsung saja untuk Pengertian Sholat Dhuha ini adalah Sholat Sunnah yg dapat dikerjakan oleh setiap Muslim – Muslimah ketika masuk Waktu Shalat Dhuha, yakni ketika Matahari mulai Naik kurang lebih sekitar 7 Hasta Sejak Terbitnya Matahari (Pagi Hari) dan Batas Waktu Sholat Dhuha sendiri sampai masuk nya Waktu Sholat Dhuhur.

Namun yang mesti kalian ketahui bahwa walaupun Hukum Mengerjakan Sholat Dhuha itu Sunnah dan bukan Wajib, tetapi didalam Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha ini sangatlah banyak dan salah satunya ialah dapat melapangan rezeki (Melancarkan Rezeki). Terdapat Hadits Shahih Riwayat Hakim dan Thabrani, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Allah Ta’ala berfirman : Wahai Anak Adam, jangan-lah km tinggalkan 4 Raka’at Sholat di Awal Waktu (di Waktu Shalat Dhuha). Karena dengan Sholat itu, aku akan cukupkan kebutuhan mu pada Sore Harinya (Hadits Riwayat Hakim dan Thabrani) ”.

Kemudian selain Hadits Shahih diatas, terdapat Hadits Shahih lain yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Pada Pagi Hari diharuskan bagi seluruh Persendian di Antara Kalian untuk Bersedekah. Setiap Bacaan Tasbih bisa sebagai Sedekah, Tiap Bacaan Tahmid bisa sebagai Sedekah, Setiap Bacaan Tahlil bisa sebagai Sedekah, dan disetiap Bacaan Takbir jg bisa sebagai Sedekah. Begitu Pula Amar Ma’ruh dan Nahi Mungkar juga bisa sebagai Sedekah. Namun itu semua dapat dicukupi atau diganti dengan mengerjakan Shalat Dhuha sebanyak Dua Raka’at (Hadits Riwayat Muslim Nomor 720) ”.

Waktu Sholat Dhuha Yang Mustajab dan Yang Terbaik 

waktu sholat dhuha yang terbaik dan mustajab

Melihat Kedua Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha itu sangatlah baik dan sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dikerjakan bagi kita semua (Anak Adam). Oleh sebab itu pada kesempatan ini penulis akan memberikan informasi mengenai Waktu Shalat Dhuha Yang Baik Menurut Hadits dan hal ini dikarenakan Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang membutuhkan dan mencari informasi mengenai Berapakah Waktu Sholat Sunnah Dhuha.

Langsung saja untuk Waktu Melaksanakan Sholat Dhuha ini bisa dimulai dari Ketika Matahari Mulai Naik Kurang Lebih 7 Hasta dari Sejak Terbitnya Matahari sampai masuknya Waktu Sholat Wajib Dhuhur. Menurut Syaikh Muhammad bin Shahih Al Utsaimin mengatakan bahwa Awal Waktu Sholat Sunnah Dhuha itu ketika Matahari Meninggi Tombak ketika dilihat, yakni sekitar 20 Menit setelah Matahari Terbit. Oleh karena itu jika kalian sebagai seorang Muslim ingin mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha ini secara awal maka bisa dilakukan disaat sekitar 20 Menit setelah Matahari Terbit atau lebih baik menunggu sekitar 1 jam setelah Terbitnya Matahari.

Mengapa Awal Waktu Sholat Dhuha harus menunggu Sekitar 20 Menit atau 1 Jam Setelah Matahari Terbit, karena waktu disaat Matahari Terbit itu merupakan salah satu Waktu Dilarang untuk mengerjakan Sholat Sunnah. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Kerjakanlah Sholat Subuh, dan tinggalkan Sholat hingga Matahari Terbit sampai Matahari Meninggi. Ketika Matahari Terbit, Ia (Matahari) terbit di antara 2 Tanduk Setan dan saat itu Orang-Orang Kafir sedang bersujud (Hadits Riwayat Muslim nomor 832) ”.

Waktu Terbaik Sholat Dhuha Menurut Hadits

Sedangkan untuk Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Dhuha ini adalah ketika keadaan Matahari yang sudah semakin Panas (Matahari sudah Mulai Meninggi). Terdapat Hadits Shahih Riwayat Muslim yang menerangkan bahwa Zaid bin Arqom melihat sekelompok orang yang mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha, lantas ia berkata: ” Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain Waktu yg mereka kerjakan tersebut, ada yg lebih utama. Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Waktu Terbaik untuk Sholat Awwabin (Sholat Dhuha) adalah ketika Anak Unta sudah bangun karena merasakan Terik Matahari (Hadits Shahih Riwayat Muslim nomor 748) ”.

Penjelasan tentang Anak – Anak Unta sudah bangun karena merasakan Panas Matahari, itu diqiyaskan pada saat Pagi Hari sekitar Jam 08.00 – Jam 09.00 Pagi karena sebelum Jam tersebut itu dianggap belum ada Matahari yg sinarnya dapat membangunkan Anak Unta. Imam Nawani mengatakan bahwa : ” Inilah Waktu Utama Sholat Dhuha. Begitu Pula Ulama Imam Syafi’ah mengatakan bahwa ini merupakan Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha. Walaupun boleh mengerjakan Sholat Dhuha diantara awal waktu sampai akhir waktu (Syarh Shahih Muslim. 6:28) ”.

Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha Yang Dilarang

Sedangkan untuk Waktu Haram Sholat Dhuha Yang Pertama adalah ketika Matahari Terbit sampai Matahari Meninggi karena di Waktu Matahari Terbit merupakan salah satu Waktu Dilarang Untuk Menunaikan Sholat Sunnah. Di dalam Hadits Shahih Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda: ”Kerjakanlah Sholat Subuh, dan tinggalkan Sholat hingga Matahari Terbit sampai Matahari Meninggi. Ketika Matahari Terbit, Ia (Matahari) terbit di antara 2 Tanduk Setan dan saat itu Orang-Orang Kafir sedang bersujud (HR. Muslim, No : 832) ”.

Dan untuk Waktu Sholat Dhuha Yang Dilarang Kedua adalah ketika Hampir Masuk Waktu Sholat Dzuhur atau kurang lebih sekitar Jam 11.30 – 12.00 Siang. Hadits Shahih Riwayat Nasa’i bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Matahari Terbit dg Di ikuti Setan. Pd Waktu Mulai Terbit, Matahari berada dekat dg Setan, dan disaat sdh mulai Meninggi Matahari berpisah darinya (Setan). Pada Waktu Matahari berada tepat di Tengah – Tengah Langit, Matahari kembali dekat dg Setan, dan Ketika Telah Zawal atau Condong ke Arah Barat, maka Ia berpisah darinya. Pada Waktu Matahari Hampir Tenggelam, Matahari dekat dg Setan dan Setelah Matahari Terbenam, ia Berpisah lagi dari Setan (HR. Nasa’i) ”

Demikianlah penjelasan mengenai Waktu Shalat Dhuha Yang Baik Menurut Hadits Shahih dan kesimpulannya adalah Sholat Dhuha dapat dikerjakan disaat Awal Waktu sampai Akhir Waktu Sholat Dhuha, dan bisa dikerjakan di Tengah – Tengahnya karena yang terpenting jangan sampai mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha ini di Waktu – Waktu Yang Dilarang Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah seperti yang telah di jelaskan didalam Hadits Shahih diatas. Sebagai tambahan informasi saja bahwa informasi mengenai Waktu Sholat Hajat yang baik dan pembahasan mengenai Niat Sholat Dhuha yang benar menurut hadits shahih, juga termasuk informasi yg penting untuk kalian pahami.

Incoming search terms:

  • apakah shalat dhuha boleh dikerjakan jam 11 30 pagi
  • waktu shalat dhuha yang diharamkan dan yang mustajab
Waktu Sholat Dhuha Yang Terbaik dan Yang Dilarang | materiislam | 4.5