Waktu Sholat Hajat Yang Terbaik dan Yang Dilarang Lengkap

Waktu Sholat Hajat Yang Terbaik – Pengertian mengenai Sholat Sunnah Hajat didalam Ajaran Islam adalah salah satu Sholat Sunnah Dua Raka’at yang dapat dikerjakan dan ditunaikan oleh setiap Muslim-Muslimah ketika mempunyai suatu Hajat, Urusan dan Kebutuhan yang ingin dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu jika kalian sebagai seorang Muslim mempunyai suatu Kebutuhan (Hajat) dan Hajat nya ingin dikabulkan oleh Allah SWT maka kalian bisa mengerjakan Shalat Hajat, karena Sholat Sunnah ini telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan jika kalian mempunyai suatu Hajat.

Diriwayatkan didalam Hadits Shahih Tirmidzi bahwa ada seseorang yg Buta Matanya dan menemui Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, dan dia mengatakan kepada Nabi : ” Sesungguhnya saya mendapatkan Musibah pada Mata Saya (Buta), maka berdoalah kepada Allah SWT untuk kesembuhan saya ”. Maka Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Pergilah, lalu Berwudhu, dan kerjakanlah Sholat Dua Raka’at (Sholat Sunnah Hajat). Setelah itu, Berdoalah…. ”. Dalam waktu yang singkat, Seseorang yang Buta tersebut terlihat kembali seperti dia tidak pernah Buta Matanya. Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Jika km mempunyai suatu Kebutuhan (Hajat) maka kerjakanlah seperti itu (Sholat Hajat) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa jika kalian mempunyai suatu Kebutuhan (Hajat) maka ambilah Wudhu dan kerjakanlah Sholat Sunnah Hajat, dan berdoalah kepada Allah SWT supaya Kebutuhan kalian dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Namun yang mesti ditekankan disini bahwa didalam Hukum Mengerjakan Sholat Hajat ini adalah Sunnah, Bukanlah Wajib sehingga kalian tidak akan mendapatkan Dosa jika tidak mengerjakan dan meninggalkan Sholat Sunnah Hajat ini. Tetapi akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Sunnah Hajat yg banyak bagi setiap Muslim yg mengerjakannya.

Waktu Sholat Hajat Yang Mustajab dan Yang Dilarang

Waktu Sholat Hajat Terbaik dan Mustajab

Sedangkan untuk Waktu Mengerjakan Sholat Hajat Dua Raka’at ini dapat ditunaikan kapan pun karena Sholat Sunnah Hajat boleh dikerjakan di Malam Hari maupun di Siang Hari, hanya saja tidak boleh dikerjakan dan ditunaikan ketika masuk Waktu – Waktu Dilarang Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Subuh sampai Matahari Meninggi dan Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Ashar sampai Matahari Tenggelam (Hadits Riwayat Bukhari nomor 586 dan Muslim nomor 827) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih diatas maka Waktu Shalat Hajat Yang Dilarang dilakukan adalah ketika setelah Sholat Subuh sampai Matahari Meninggi (Terbit) dan sesudah Sholat Ashar sampai Matahari Tenggelam. Namun untuk Waktu Sholat Sunnah Hajat Yang Baik adalah dikerjakan di Malam Hari yakni setelah Masuk Waktu Sholat Wajib Isya sampai Masuk Waktu Sholat Wajib Subuh. Dan untuk penjelasan lengkap nya bisa kalian lihat dibawah ini :

Waktu Sepertiga Malam Pertama

Untuk Waktu Melaksanakan Sholat Hajat Yang Baik Pertama bisa kalian lakukan di Waktu Sepertiga Malam Pertama yakni yang dimulai setelah Masuk Waktu Sholat Wajib Isya hingga Pukul Jam 10.00 Malam. Hal tersebut dikarenakan, di waktu malam Suasana nya lebih tenang daripada Siang Hari dan di Jam tersebut kalian belum merasa mengantuk sehingga bisa mengerjakan Sholat Sunnah Hajat ini secara lebih Fokus dan Konsentrasi.

Waktu Sepertiga Malam Kedua

Lalu Waktu Menunaikan Sholat Hajat Yang Baik kedua bisa kalian lakukan di Waktu Sepertiga Malam Yang Pertama yakni yang dimulai dari Jam 10.00 Malam sampai Jam 01.00 Dini Hari (Tengah Malam). Hal tersebut dikarenakan, di Jam – Jam tersebut Suasana Malam nya lebih Tenang dari Waktu Sepertiga Malam Pertama sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Hajat Dua Raka’at ini bisa lebih Fokus dan Khusyu.

Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Kemudian di Waktu Sepertiga Malam Terakhir yang dimulai dari Jam 01.00 Dini Hari sampai Masuk Waktu Sholat Wajib Subuh adalah Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Hajat. Hal tersebut dikarenakan di Jam – Jam Sepertiga Malam Terakhir merupakan Waktu dimana Kebanyakan Seseorang tertidur pulas, dan jika diwaktu tersebut kalian mengerjakan Shalat Sunnah Hajat maupun Sholat Sunnah Yang Lainnya maka waktu tersebut sangatlah baik dan utama sekali jika dibandingkan dengan Waktu – Waktu Sepertiga Malam yang lain.

Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Disetiap Malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa Sepertiga Malam Yang Terakhir. Dan Allah SWT pun berkata : ” Adakah hambaku yg meminta kepada ku sehingga pasti aku akan berikan apa yg dia minta ?, Adakah Hambaku yg berdoa kepada ku, sehingga pasti aku akan kabulkan Doa nya ?, Adakah Hambaku yg memohon Ampunan kepada Ku sehingga Aku akan Ampuni Dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim diatas, maka bisa disimpulkan bahwa Waktu Terbaik Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah ialah di Waktu Malam atau lebih tepatnya di Waktu Sepertiga Malam Terakhir. Oleh sebab itu sangat dianjurkan sekali bagi kalian sebagai seorang Muslim-Muslimah untuk mengerjakan Sholat Sunnah Hajat, ataupun mengerjakan Sholat Sunnah Yang Lainnya dan Meminta serta Berdoa kepada Allah SWT di Waktu Sepertiga Malam Terakhir tersebut, karena diwaktu tersebut Insa Allah akan dikabulkan Hajat, Ampunan dan Doa oleh Allah SWT seperti yang telah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad SAW diatas.

Demikianlah pembahasan mengenai Waktu Sholat Hajat Yang Terbaik dan Yang Mustajab yang bisa kalian baca dan pahami. Semoga saja pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim, khususnya Pembaca yang ingin mengerjakan Sholat Sunnah Hajat ini karena tidak bisa dipungkiri bahwa Shalat Hajat merupakan salah satu Sholat Sunnah yang sering dan banyak dikerjakan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia, selain Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Dhuha dan Sholat Sunnah Taubat.

Incoming search terms:

  • waktu sholat hajat
  • waktu sholat hajat yang baik
  • waktu sholat hajat siang hari
  • waktu sholat hajat itu jam berapa
  • solat hajad dilakukan di jam berapa
  • sholat hajat waktu yang baik
  • sholat hajat siang hari jam berapa
  • salat hajat waktu jam
  • cara dan waktu yg tepat melaksakan solat hajat
  • bolehkan waktu sholat hajat subuh
Waktu Sholat Hajat Yang Terbaik dan Yang Dilarang Lengkap | materiislam | 4.5