Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah Yang Terbaik

Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah – Sebelum membahas secara lebih dalam mengenai Waktu Sholat Istikharah Yang Terbaik, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu memahami mengenai Sholat Istikharah didalam Agama Islam, dan langsung saja untuk Pengertian Sholat Istikharah adalah salah satu Sholat Sunnah Dua Raka’at yang bisa dikerjakan dan ditunaikan oleh kalian sebagai seorang Muslim saat kalian sedang mengalami keragu – raguan dalam memilih sesuatu dan ingin meminta Petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk atas apa yang harus dipilih oleh kalian.

Seperti contohnya ketika kalian sedang bingung atau ragu – ragu dalam memilih Pekerjaan mana yang akan diambil, atau ketika bingung harus melanjutkan Studi Kuliah dan Sekolah dimana atau ketika bingung maupun Ragu – Ragu dalam memilih Jodoh yang akan dinikahi. Maka jika kalian sebagai seorang Muslim mengalami Keragu-Raguan dalam memilih suatu Urusan (Perkara) maka kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah, dengan maksud untuk meminta Pertolongan dan Petunjuk kepada Allah SWT karena segala sesuatu dan segala urusan itu hanya Allah SWT yang mengatur dan mengetahuinya.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 109 berbunyi : ” Kepunyaan Allah lah segala yg ada di Langit dan di Bumi, dan kpd Allah-lah dikembalikan segala urusan (QS. Ali Imran Ayat 109) ”. Dan Firman Allah SWT yang lain didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 216 yang berbunyi : ” Diwajibkan atas km berperang, padahal berperang itu merupakan sesuatu yg km benci. Boleh jd km membenci sesuatu, padahal dia amat baik bagi mu, dan boleh jadi juga km menyukai sesuatu, padahal dia amat buruk bagi mu. Allah mengetahui, sedangkan km tidak mengetahui (QS. Al Baqarah Ayat : 216) ”.

Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah Yang Baik dan Benar

waktu mengerjakan sholat istikharah terbaik

Kemudian didalam Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah Dua Raka’at ini boleh dilaksanakan dan dikerjakan oleh kalian semua Umat Muslim kapan pun, bisa di kerjakan di Siang Hari maupun di Malam Hari. Hanya saja sangat dianjurkan sekali Sholat Sunnah Istikharah ini dilakukan di Malam Hari selepas kalian mengerjakan Sholat Fardhu Isya karena di Malam Hari suasana dan kondisinya lebih tenang sehingga kita bisa mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah bisa lebih Khusyu. Dan dibawah ini telah saya berikan Waktu – Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Istikharah di Malam Hari yang bisa kalian terapkan sendiri di rumah :

Waktu Sepertiga Malam Yang Pertama

Salah satu Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah adalah di Waktu Sepertiga Malam Pertama yakni ketika masuk Waktu Sholat Isya sampai Jam 10.00 Malam. Hal tersebut dikarenakan di Waktu Sepertiga Malam Yang Pertama, biasanya Mata Anda masih terjaga dan belum mengantuk karena belum terlalu Malam sehingga Anda bisa menunaikan Sholat Sunnah Istikharah dengan Fokus dan Konsentrasi, selain itu Anda juga bisa diteruskan dengan memperbanyak membaca Dzikir Setelah Sholat Istikharah ketika Anda belum mengantuk.

Waktu Sepertiga Malam Yang Kedua

Untuk Waktu Terbaik Sholat Istikharah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah ketika masuknya Waktu Sepertiga Malam Kedua yakni yang dimulai dari Jam 10.00 Malam sampai Jam 01.00 Dini Hari karena di waktu tersebut Suasana Malam lebih tenang sehingga kita bisa mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah dengan lebih Khusyu dan lebih konsentrasi. Jika kalian mempunyai niat untuk mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah di Waktu Sepertiga Malam Kedua, namun tidak yakin bahwa bisa menahan Kantuk (Mengantuk) maka dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu dan bangun ketika Dini Hari supaya saat kalian mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah tidak terganggu akan kantuk.

Waktu Sepertiga Malam Yang Ketiga

Lalu Untuk Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah di Malam Hari selanjutnya ialah ketika masuk Waktu Sepertiga Malam Yang Ketiga, yakni dimulai dari Jam 01.00 dini hari dan berakhir sebelum masuk waktu sholat subuh. Dan yang mesti kalian ketahui bahwa Waktu Paling Baik Mengerjakan Sholat Istikharah dan Sholat Sunnah Malam lainnya ialah di waktu ini (Sepertiga Malam Yang Ketiga atau Terakhir). Hal ini seperti telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Imam Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi :

” Disetiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit Dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia (Allah SWT) pun berkata bahwa : ” Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti aku akan berikan apa yg dia minta ?, Adakah hambaku yg berdoa hingga pasti akan aku kabulkan doanya ?, Adakah hambaku yg beristighfar (memohon ampunan) hingga aku akan ampuni dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim diatas maka bisa dipastikan bahwa Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah Terbaik dan Paling Utama dikerjakan di Waktu Sepertiga Malam Terakhir. Dan jika kalian tidak bisa Bergadang untuk menunggu datangnya Waktu Malam tersebut, maka dianjurkan tidur terlebih dahulu dan bangun supaya anda tidak merasa mengantuk dan bisa mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah, yang dilanjutkan dengan menunaikan Sholat Sunnah Tahajud karena Syarat dan Ketentuan Sholat Tahajud ialah harus tidur terlebih dahulu.

Demikianlah pembahasan mengenai Waktu Sholat Istikharah Terbaik dan Paling Utama yang bisa kalian lakukan dalam mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah dan semoga saja pembahasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi para Pembaca Muslim karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Sunnah Istikharah merupakan salah satu Sholat Sunnah yang banyak dikerjakan dan dilakukan oleh Masyarakat Muslim yang ada di Indonesia, sehingga sudah tentu informasi seperti ini sangat dibutuhkan bagi para pembaca muslim yang akan menunaikan Sholat Sunnah Istikharah ini.

Incoming search terms:

  • shalat istikharah jam berapa
  • Pada waktu kapan sajakah sholat istikharah
  • solat istikharah siang hari apa bolih
  • apakah sholat istikharah harus tidur dulu
  • apakah shalat istikharah harus tidur dulu
  • apakah sholat istikharah harus tidur terlebih dahulu
  • waktu² terbaik untuk sholat istikhoroh
  • apakah harus tidur dulu baru shlt istikhara
  • apakah boleh solat istikharah jan 4?
  • apa shalat istikharah bisa siang
Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah Yang Terbaik | materiislam | 4.5