Waktu Sholat Taubat Yang Baik dan Yang Dilarang Lengkap

Waktu Sholat Taubat – Mungkin sebelum membahas secara lebih detail mengenai Waktu Mengerjakan Sholat Taubat Yang Baik dan Benar, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu untuk memahami tentang Sholat Sunnah Taubat itu sendiri. Dan langsung saja untuk Pengertian Sholat Taubat didalam Ajaran Islam adalah salah satu Sholat Sunnah yang dapat dikerjakan dan dilakukan bagi kalian sebagai Umat Mukmin, dengan tujuan untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala Dosa – Dosa (Kesalahan) yang telah diperbuat baik itu Dosa yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Dan perlu kalian ketahui bahwa untuk Bertaubat dan memohon Ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala telah diperintahkan oleh Allah SWT, dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT dlm Kitab Suci Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 135 yang berbunyi : ” dan juga Orang2 yg apabila melakukan perbuatan Keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap Dosa2 mereka dan siapa lagi yg dpt mengampuni Dosa selain dari pd Allah ?. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sd mereka mengetahui (QS. Ali Imran Ayat 135) ”. Selain itu Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat An Nisa ayat 17 yang berbunyi :

Sesungguhnya Taubat disisi Allah hanyalah Taubat bagi Orang2 yg melakukan Kejahatan lantaran Kejahilan, yg kemudian mereka Bertaubat dg segera, maka mereka itulah yg diterima Allah taubat-nya, dan Allah Maha Mengetahui lg Maha Bijaksana (QS. An Nisa, Ayat : 17) ”. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sendiri telah bersabda yg diriwayatkan oleh Hadist Shahih Abu Daud dan Tirmidzi berbunyi : ” Apabila ada Orang yg melakukan suatu Perbuatan Dosa, lalu dia Berwudhu dg Sempurna, lalu ia mengerjakan Sholat Dua Raka’at, dan selanjutnya ia Beristighfar memohon Ampun kpd Allah, maka Allah pasti mengampuninya (Hadits Riwayat Abu Daud, Ahmad dan Tirmidzi) ”.

Waktu Sholat Taubat Yang Baik dan Yang Dilarang Menurut Hadits

waktu sholat taubat yang baik dan dilarang lengkap

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas maka bisa disimpulkan bahwa kalian sebagai seorang Muslim – Muslimah disunnahkan untuk menunaikan Shalat Taubat Dua Raka’at jika sdh melakukan suatu Perbuatan Dosa, dan ingin memohon Ampunan kepada Allah SWT atas dosa – dosa yg telah dilakukan oleh kalian tersebut. Oleh karena itu dengan melihat Keistimewaan Sholat Taubat yang begitu banyak (untuk memohon ampunan), maka kalian perlu mengetahui Waktu Sholat Sunnah Taubat Yang Baik Menurut Hadits Shahih.

Dan Waktu Melaksanakan Sholat Taubat Yang baik ini bisa kalian lakukan di Malam Hari, yang lebih tepatnya dilakukan ketika kalian telah mengerjakan Sholat Wajib Isya karena perlu kalian ketahui bahwa Waktu Shalat Taubat bisa dilakukan kapan saja yakni dapat dilakukan di Pagi Hari, Siang Hari dan Malam Hari karena yang terpenting jangan mengerjakan Sholat Sunnah Taubat di waktu – waktu yang dilarang untuk mengerjakan Sholat Taubat. Dan untuk ulasan Waktu Sholat Taubat Terbaik di Malam Hari bisa kalian lihat dibawah ini :

Waktu Malam Sepertiga Pertama

Waktu Yang Baik Mengerjakan Sholat Taubat di Malam Hari Pertama adalah ketika masuk di Waktu Sepertiga Malam Pertama, yakni dimulai ketika masuk waktu sholat isya sampai sekitar jam 11.00 malam, dan tentunya dilakukan setelah kalian mengerjakan Sholat Wajib Isya terlebih dahulu. Lalu mengapa waktu ini baik untuk mengerjakan Shalat Taubat maupun Sholat Sunnah Malam lainnya, dikarenakan diwaktu ini kalian belum begitu merasakan Kantuk (Mengantuk) sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini secara lebih fokus dan bisa membaca Dzikir sebanyak – banyaknya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Waktu Malam Sepertiga Kedua 

Lalu Waktu Terbaik Shalat Taubat selanjutnya bisa dilakukan ketika memasuki Waktu Malam Sepertiga Kedua yakni yang dimulai dari jam 11.00 malam sampai jam 01.00 tengah malam (dini hari). Mengapa waktu malam ini terbaik untuk mengerjakan Sholat Sunnah Taubat, dikarenakan di waktu sepertiga malam kedua ini suasana malam lebih tenang karena kebanyakan Orang di jam – jam segini sudah tertidur, oleh karena itu kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini bisa lebih tenang, lebih fokus, lebih khusyu dan lebih konsentrasi. Hanya saja disarankan kepada kalian bahwa ada baiknya jika kalian tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakan Sholat Taubat di Waktu Malam Sepertiga Kedua, supaya kalian tidak merasakan Kantuk (Mengantuk) dan jika kalian tidur terlebih dahulu maka kalian bisa menambahkan dengan melakukan Sholat Sunnah Tahajud di Malam tersebut.

Waktu Malam Sepertiga Terakhir (Ketiga)

Kemudian Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Taubat selanjutnya ada di Waktu Malam Sepertiga Ketiga (Terakhir), yakni dimulai dari waktu 01.00 dini hari (tengah malam) sampai sebelum masuknya waktu sholat wajib subuh. Dan waktu disepertiga malam terakhir ini merupakan waktu yang paling baik untuk mengerjakan sholat sunnah, daripada waktu malam yang lainnya karena selain diwaktu ini kondisi (Suasana) malamnya lebih tenang, di waktu tersebut kebanyakan orang sudah terlelap tidur sehingga jika kalian lebih memilih untuk mengerjakan Sholat Sunnah Malam, daripada tidur maka Allah SWT akan lebih menyukainya.

Didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dlm Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 berbunyi : ” Dan pada sebagian Malam hari bersembahyang Tahajud-lah km sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah2an Tuhan km mengangkat mu ketempat yg terpuji (QS. Al Isra, Ayat : 79). Dengan melihat Firman Allah SWT diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud maupun Sholat Sunnah Malam yang lain disebagian malam, sebagai suatu tambahan ibadah bagi mu supaya Tuhan mu mengangkat km ketempat yg terpuji.

Demikianlah pembahasan mengenai Waktu – Waktu Sholat Taubat Yang Baik dan Yang Dilarang Menurut Hadits Shahih, dan semoga saja ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian – kalian para Pembaca Muslim di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Sunnah Taubat ini merupakan salah satu Sholat Sunnah Malam yang sering dan banyak dilakukan oleh Masyarakat Muslim Indonesia selain Sholat Sunnah Hajat, Niat Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Istikharah dan Sholat Sunnah Witir. Selain itu tidak dipungkiri juga bahwa Mayoritas Masyarakat Indonesia kebanyakan Beragama Islam sehingga tentunya masih banyak Pembaca Muslim yang membutuhkan informasi mengenai Waktu Mengerjakan Sholat Taubat yang baik, informasi mengenai Niat Sholat Sunnah Tahajud dan Niat Sholat Sunnah Taubat yang benar sesuai Hadits Shahih.

Incoming search terms:

  • jam waktu shalat toubat
  • waktu yang haram untuk sholat taubat
  • waktu yg dilarang sholat taubat
Waktu Sholat Taubat Yang Baik dan Yang Dilarang Lengkap | materiislam | 4.5