Waktu Sholat Witir Yang Baik dan Yang Dilarang Lengkap

Waktu Sholat Witir – Pembahasan mengenai Sholat Witir dalam Islam adalah salah satu Sholat Sunnah didalam Ajaran Islam yg dapat dikerjakan oleh setiap Muslim – Muslimah, dan Sholat Sunnah Witir ini dikerjakan dengan Jumlah Raka’at Ganjil seperti dikerjakan dengan Jumlah Raka’at Satu, Tiga, Lima, Tujuh, Sembilan dan Sebelas Raka’at. Hal tersebut dikarenakan Sholat Sunnah Witir memiliki maksud sebagai Sholat Sunnah yang dilakukan untuk mengganjili dan menutup Sholat – Sholat Malam, seperti sebagai penutup Sholat Wajib Isya, Sholat Sunnah Tahajud dan Sholat Sunnah yang lain.

Adapun untuk Hukum Menunaikan Sholat Witir ini adalah Sunnah Muakkad, yakni Sholat Sunnah yg dianjurkan untuk dikerjakan dan dilakukan karena didalamnya terdapat Keutamaan Sholat Witir yg banyak. Tetapi tidak apa – apa dan tidak berdosa jika kalian sebagai Seorang Muslim tidak mengerjakan Sholat Sunnah Witir ini, hanya saja sangat disayangkan sekali jika kalian meninggalkan Sholat Sunnah Witir karena Sholat Sunnah Malam ini juga dikerjakan oleh Nabi Muhamad Shallallahu alaihi wasallam. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim, yang berbunyi :

Dari Aisyah Ra menerangkan tentang Sholatnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam di Bulan Ramadhan, ” Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tidak pernah Sholat Malam lebih dari 11 Raka’at, baik di Bulan Ramadhan ataupun di Luar Bulan Ramadhan. Yakni Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Sholat Empat Raka’at, maka kalian jangan tanya tentang Bagus dan Lama Sholat-nya, lalu Rasul Sholat Empat Raka’at lagi, maka jangan km tanya tentang bagus dan lama Sholat-nya, lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Sholat Witir Tiga Raka’at (Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Selain itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga telah memerintahkan kita sebagai Orang Yang Beriman (Orang Muslim) untuk mengerjakan Sholat Sunnah Malam Witir ini dan hal ini seperti dijelaskan didalam Hadits Shahih yang menjelaskan bahwa, dari Ali bin Abi Thalib Ra menceritakan bahwa: ” Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pernah Berwitir (Sholat Witir), lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Wahai Ahli Al Qur’an kerjakanlah Sholat Witir, sesungguhnya Allah itu (Ganjil) dan Allah menyukai sesuatu yang Ganjil ”.

Waktu Sholat Witir Yang Baik Menurut Hadits Lengkap

waktu sholat witir yang baik dan yang dilarang

Kemudian setelah kalian cukup memahami tentang Sholat Sunnah Witir, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Waktu Mengerjakan Sholat Witir Yang Baik Menurut Hadits. Namun perlu diberitahukan disini terlebih dahulu, bahwa pada dasarnya Waktu Sholat Sunnah Witir ini dilakukan di Malam Hari yakni dimulai ketika masuknya Waktu Sholat Wajib Isya sampai sebelum masuk Waktu Sholat Wajib Subuh. Hal ini seperti diterangkan didalam Hadits Shahih Khajirah bin Hudzafah Al Adwi bahwa ia menceritakan ketika Nabi Muhammad SAW keluar untuk menemui kami, Rasul Bersabda berbunyi :

” Sesungguhnya Allah SWT sudah menambahkan kepada kalian dengan Satu Sholat, yang Sholat itu lebih baik untuk diri kamu daripada Unta yg Merah dan Sholat itu adalah Sholat Witir. Waktu Mengerjakannya, Allah SWT berikan kepada km dari setelah Sholat Isya sampai terbitnya Fajar ”. Dengan melihat Hadits Shahih tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa Waktu Sholat Witir ini dilakukan di Malam Hari, tetapi terdapat Waktu Malam yang baik dan terbaik untuk mengerjakan Sholat Sunnah Malam termasuk Sholat Sunnah Witir ini. Dan penjelasannya bisa kalian lihat dibawah ini :

Waktu Sepertiga Malam Pertama

Waktu Menunaikan Sholat Witir di Malam Hari Yang Baik pertama bisa kalian lakukan di Waktu Sepertiga Malam Yang Pertama, yakni dimulai ketika memasuki Waktu Sholat Fardhu Isya sampai Jam 10.00 Malam. Di waktu tersebut tentunya kalian belum mengalami kantuk (Belum Mengantuk) sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Witir ini dengan Fokus (Khusyu), lalu Boleh Mengerjakan Sholat Sunnah Witir Setelah Selesai Mengerjakan Sholat Isya dan boleh juga mengerjakan Sholat Sunnah Witir tanpa tidur terlebih dahulu.

Waktu Sepertiga Malam Kedua

Lalu Waktu Melaksanakan Sholat Witir di Malam Hari Yang Baik Kedua adalah di Waktu Sepertiga Malam Kedua, yakni dimulai ketika memasuki Jam 10.30 Malam sampai Jam 01.00 Tengah Malam (Dini Hari). Hal ini dikarenakan di waktu tersebut Suasana Malam lebih Tenang dan lebih Sepi sehingga kalian bisa lebih Fokus dan Khusyu ketika mengerjakan Sholat Witir di Waktu Sepertiga Malam Kedua tersebut, dan diwaktu ini merupakan waktu yang lebih baik daripada Waktu Sepertiga Malam Pertama karena Waktu Sepertiga Malam Kedua terjadi lebih malam dan godaannya lebih berat karena sudah merasakan mengantuk dan malas.

Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Untuk Waktu Sepertiga Malam Terakhir sendiri dimulai dari Jam 01.30 Malam (Dini Hari) sampai sebelum masuknya Waktu Sholat Wajib Subuh, dan di waktu ini merupakan Waktu Terbaik Sholat Witir karena terjadi di Tengah Hari yang suasananya lebih Sepi dan Tenang sehingga kalian bisa dengan lebih Fokus dan Khusyu dalam mengerjakan Sholat Sunnah Malam. Namun sangat disarankan bahwa kalian tidur terlebih dahulu jika ingin mengerjakan Sholat Witir di Sepertiga Malam Terakhir ini, supaya kalian tidak mengantuk dan dapat mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud yang nantinya di akhiri dg Sholat Sunnah Witir.

Dan sebagai tambahan saja bahwa Waktu – Waktu Dilarang Sholat Witir adalah di Pagi Hari sampai Sore Hari, hal ini dikarenakan Sholat Sunnah Witir ini dilakukan hanya ketika masuk Waktu Sholat Wajib Isya sampai ketika masuk waktu sholat wajib subuh. Demikianlah pembahasan tentang Waktu Sholat Witir dan semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian para Pembaca Muslim karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Sunnah Witir merupakan salah satu Sholat Sunnah yang sering dilakukan oleh Umat Muslim selain Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Taubat dan  Sholat Sunnah Dhuha.

Incoming search terms:

  • waktu shalat witir yang baik
Waktu Sholat Witir Yang Baik dan Yang Dilarang Lengkap | materiislam | 4.5