Waktu Terbaik Shalat Tahajud Menurut Hadits dan Al Qur’an

Waktu Terbaik Shalat Tahajud – Shalat Tahajud adalah salah satu Shalat Sunnah Dua Raka’at yang dapat dikerjakan dan dilakukan oleh tiap tiap Umat Mukmin, yang dikerjakan di Malam Hari setelah tidur terlebih dahulu karena salah satu Syarat Mengerjakan Sholat Tahajud adalah tidur terlebih dahulu walaupun tidurnya hanya sebentar saja. Oleh karena itu jika kalian berniat untuk melaksanakan Shalat Sunnah Tahajud maka jangan sampai lupa untuk tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya sebentar saja, karena jika dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu maka itu bukan Shalat Sunnah Tahajud melainkan Shalat Sunnah biasa.

Kemudian didalam Hukum Melaksanakan Shalat Tahajud ini adalah Sunnah Muakkad, yakni Shalat Sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dilakukan dan dikerjakan bagi tiap-tiap Muslim karena didalamnya terdapat Manfaat Shalat Tahajud sangat banyak yang bisa diperoleh bagi setiap Muslim yang mengerjakannya. Di dalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 sudah menerangkan bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman yang berbunyi : ” Dan pada sebagian Malam hari Sholat Tahajud lah km sebagai suatu Ibadah tambahan bagi kamu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat mu ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra Ayat 79) ”.

Melihat Firman Allah SWT didalam Surat Al Isra Ayat 79 diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa kita semua sebagai seorang Muslim-Muslimah telah diperintahkan untuk mengerjakan Shalat Malam Tahajud sebagai Ibadah Tambahan bagi kita semua. Hanya saja sekali lagi Hukum Sholat Tahajud adalah Sunnah bukan lah Wajib sehingga tidak apa – apa dan tidak akan mendapatkan Dosa jika meninggalkan atau tidak mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud ini, hanya saja sangat disayangkan sekali jika Keutamaan Mengerjakan Shalat Tahajud yang banyak ini terlewat begitu saja tanpa kita usahakan untuk dikerjakan.

Waktu Terbaik Shalat Tahajud Menurut Hadits Shahih dan Al Qur’an

waktu terbaik shalat tahajud terlengkap

Dengan melihat Firman Allah SWT didalam Surat Al Isra Ayat 79 diatas maka sudah diperintahkan untuk mengerjakan Shalat Tahajud di Malam Hari sebagai Ibadah tambahan bagi kita semua Umat Muslim. Nah disini telah saya tuliskan Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Tahajud menurut Hadits Shahih yang bisa kalian lakukan dan terapkan sendiri dirumah ketika akan menunaikan Shalat Sunnah Tahajud.

Waktu Sepertiga Malam Pertama

Waktu Mengerjakan Shalat Tahajud Malam Hari yang baik pertama adalah di Waktu Sepertiga Malam Yang Pertama, yakni setelah masuk shalat fardhu isya dan sampai pukul 10.00 Malam. Perlu disarankan bahwa ketika kalian ingin mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud di Waktu Sepertiga Malam Pertama ini maka kalian harus tidur lebih awal dan sangat disarankan sekali jika kalian tidur setelah selesai menunaikan Shalat Fardhu Isya dan bangun sebelum jam 11.00 malam karena ingat salah satu Syarat Mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud ini adalah harus tidur terlebih dahulu.

Waktu Sepertiga Malam Kedua

Lalu Waktu Shalat Tahajud di Malam hari yang lebih baik lagi ialah dikerjakan di Waktu Sepertiga Malam Kedua yakni yang dimulai dari pukul 10.00 atau 10.30 malam sampai jam 01.00 – 02.00 dini hari (Tengah Malam). Hal tersebut dikarenakan di Jam – Jam tersebut Suasana dan Kondisi malam lebih tenang sehingga kita bisa mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud ini lebih Khusyu dan lebih Konsentrasi. Hanya saja di Waktu Sepertiga Malam Kedua ini mungkin disarankan untuk kalian mengatur Alarm untuk membangunkan kalian yang sedang tidur karena bisanya di jam-jam seperti ini sangat susah jika harus bangun ketika sudah tertidur.

Waktu Sepertiga Malam Ketiga (Terakhir)

Kemudian Waktu Terbaik Shalat Tahajud di Malam Hari yang mesti kalian ketahui adalah dikerjakan di Waktu Sepertiga Malam Ketiga atau Terakhir, yakni yang dimulai dari Jam 01.00 – 02.00 dini hari (Tengah Malam) sampai sebelum masuknya Waktu Imsak (Sebelum Waktu Shalat Fardhu Subuh). Hal ini dikarenakan di Waktu seperti ini kita sebagai Manusia sedang enak – enak nya tertidur dan biasanya sangat susah sekali untuk bangun dari Tidur sehingga jika kalian lebih memilih Bangun dan mengerjakan Shalat Sunnah Malam Tahajud maka sangatlah banyak pahala yang akan diperoleh.

Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Disetiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke Langit Dunia sampai tersisa Sepertiga Malam Terakhir. Allah┬áSubhanahu wa ta’ala berkata ” Adakah hamba ku yg meminta, pasti akan aku berikan apa yg mereka minta ?, adakah Hambaku yg berdoa, pasti akan aku kabulkan doanya ?, Adakah hambaku yg memohon ampunan (Beristighfar), maka aku akan ampuni dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Itulah Waktu – Waktu Terbaik Shalat Tahajud yang bisa kalian ambil untuk melakukan dan mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud Dua Raka’at di Malam Hari, dan kalian tentunya bisa dengan bebas memilih Waktu mana yang akan km ambil karena boleh mengerjakan Shalat Tahajud di Waktu Sepertiga Malam Pertama, Kedua maupun Ketiga. Hanya saja untuk Waktu Melaksanakan Shalat Tahajud Paling Baik dan Paling utama dikerjakan di Waktu Sepertiga Malam Terakhir, jika dibandingkan dengan waktu – waktu yang lainnya.

Incoming search terms:

  • waktu tahajut yg tepat sesuai hadits
Waktu Terbaik Shalat Tahajud Menurut Hadits dan Al Qur’an | materiislam | 4.5